Pengaruh Teknik Scaffolding Terhadap Kemandirian Anak Usia 4-5 Tahun di TK PKK Bunga Tanjung
DOI:
https://doi.org/10.31537/jecie.v7i2.1355Keywords:
Kata kunci: Teknik Scaffolding ; Kemandirian.Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi dengan hasil observasi awal yang peneliti lakukan di lapangan yang menunjukkan bahwa kemandirian pada anak usia 4-5 tahun di TK PKK Bunga Tanjung belum berkembang dengan baik atau belum optimal. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh Teknik Scaffolding Terhadap Kemandirian Anak Usia 4-5 Tahun di TK PKK Bunga Tanjung. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif eksperimen dengan menggunakan desain nonequivalent control group desain. Populasi dalam penelitian ini sebanyak 92 anak dan sampel dalam penelitan ini adalah anak kelompok A di TK PKK Bunga Tanjung, selanjutnya pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan purpose sampling yaitu kelompok A1 dengan jumlah anak 40 anak dimana kelompok A1 menjadi kelas eksperimen dan A2 menjadi kelas kontrol. Instrument dalam penelitian ini menggunakan lembar observasi yang telah sesuai dengan panduan observasi. Adapaun Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan 3 uji yaitu uji normalitas, uji homogenitas dan uji hipotesis. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa rata-rata kemandirian pada anak usia 4-5 tahun di kelompok A1 sebagai kelas eksperimen sebelum diberi perlakuan (pretest) sebesar 36,8, sedangkan rata-rata pada kelas kontrol sebelum diberi perlakuan (pretest) sebesar 37,85. Dan setelah diberi perlakuan (posttest) pada kelas eksperimen yaitu A1 memperoleh nilai rata- rata 77,8 yang artinya mengalami peningkatan, sedangkan pada kontrol memperoleh nilai rata-rata 66. Hasil uji t menunjukkan pengambilan keputusan nilai, yaitu sebesar 38.525 dan untuk t tabel, yaitu 2.024 yang artinya t hitung lebih besar > dari t tabel, maka H0 ditolak dan H1 diterima, sehingga dapat disimpulkan bahwa adanya pengaruh teknik scaffolding terhadap kemandirian anak usia 4-5 tahun di tk pkk bunga tanjung.
References
Amanda, P. C., Atikah, C., & Yuniarti, T. E. (2019). Peran Guru Dalam Mengoptimalkan Kemandirian Anak Usia 4-5 Tahun Di TK Islam Nusantara. Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan Anak Usia Dini, 6 (2), 173-181.
Evitasari., Khosiah, S., Sayekti, T. (2021). Pengaruh Pola Asuh Permisif Terhadap Kemandirian Anak Usia 4-5 Tahun. Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan Anak Usia Dini 8 (1), 15-24.
Fitriani, U. (2020). Pengaruh Pembelajaran Scaffolding Menggunakan Bahan Ajar Gamifikasi Terhadap Peningkatan Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Ditinjau Dari Gaya Kognitif Peserta Didik. Skripsi. Fakultas Tarbiyah Dan Keguruan. Universitas Negeri Islam Raden Intan Lampung.
Jumani, & Brantasari, M. (2016). Peningkatan Kemandirian Anak Usia 4-5 Tahun Melalui Metode Mendongeng Dengan Media Boneka Jari Di Tk Pelangi Tenggarong Seberang Tahun Pelajaran 2016/2017. Jurnal Warna: Pendidikan Dan Pembelajaran Anak Usia Dini, 1 (2), 1-14.
Mamin, R. (2013). Penerapan Metode Pembelajaran Scaffolding Pada Pokok Bahasan Sistem Periodik Unsur. Chemica, 10 (2), 55-60.
Pareira, M. I. RD., & Atal, N. H. (2019). Peningkatan Kemandirian Anak Usia 4-5 Tahun Melalui Bercerita. Jurnal PG-PAUD Trunojoyo: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Anak Usia Dini, 6 (1), 35-42.
Putri, R. A. (2019). Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Scaffolding Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Dotinjau Dari Pengetahuan Awal Siswa Sekolah Menengah Atas. Skripsi. Fakultas Tarbiyah Dan Keguruan Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Pekanbaru.
Padilah, & Novtria, R. (2023). Hubungan Pembelajaran Scaffolding Dengan Keterampilan Sosial Anak Usia 5-6 Tahun Di Tk Dharma Tunas Kekar Banyuasin. Journal On Education, 5 (2), 5247-5257
Raynadi, W. (2006). Scaffolding As A Teaching Strategy To Enhance Mathematic Learning. Journal Of Mathematics Teacher Education, 4 (6), 247-251.
Rawanti, S., dkk. (2023). Pengaruh Metode Bercerita Dan Metode Pembelajaran Scaffolding Terhadap Perilaku Moral Anak. Aksara: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonfornal, 9 (1), 687-704.
Sa'ida, N. (2016). Kemandirian Anak Kelompok A Taman Kanak-Kanak Mandiri Desa Sumber Asri Kecamatan Nglegok Kabupaten Blitar . Jurnal Pedagogi, 2 (3), 88-95.
Sugiyono, (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, Dan R&D. Bandung: Alfabeta
Sa'diyah, R. (2017). Pentingnya Melatih Kemandirian Anak. Jurnal Komunikasi Anatar Perguruan Tinggi Agama Islam, 16 (1), 31-46.
Susanto, A. (2017). Pendidikan Anak Usia Dini (Konsep dan Teori). Jakarta: Pt Bumi Aksara
Sofyan, H. (2018). Perkembangan Anak Usia Dini dan Cara Praktis Peningkatannya. Jakarta: Cv Infomedika
Sari, D. R., & Rosyidah, A. Z. (2019). Peran Orang Tua Pada Kemandirian Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan : Early Childhood, 3 (1), 1-12.
Suprihatin, E., & Rosita, D. (2020). Penarapan Teknik Scaffolding Sebagai Upaya Meningkatan Kemandirian Belajar Anak Usia 5-6 Tahun Di TK Kristen Kadasituru Terpadu. Jorunal Of Christian Education And Leadrship, 1 (1), 34-55.
Vidiyanti, D. (2020). Pengaruh Strategi Pembalajan Scaffolding Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Tematik Siswa Kelas IV Di Sekolah Dasar Negeri Merjosari 5 Malang. Skripsi. Fakultas Ilmu Tarbiyah Dan Keguruan (FITK). Universitas Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang.
Wiyani, N. A. (2013). Bina Karakter Anak Usia Dini. Jogjakarta: Ar-Ruzz Media
Widianti, D., Purwadi., Khasanah, I. (2019). Nilai-Nilai Kemandirian Anak Melalui Scaffolding Pada Usia 3-4 Tahun Kemandirian Bermain Paud. Jurnal Peneltian Dalam Bidang Pendidikan Anak Usia Dini, 8 (1), 128-136.
Wati, Y. S. (2021). Implementasi Merdeka Belajar Di PAUD. Yogyakarta: Penerbit Gava Media
Yunita, E. (2022). Implikasi Bantuan Orang Tua (Scaffolding) Dalam Kemandirian Anak Usia Dini Di Kecamatan Pancoran. Skripsi. Fakultas Ilmu Tarbiyah Dan Keguruan. Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 JECIE (Journal of Early Childhood and Inclusive Education)

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.