Pengaruh Bermain Kooperatif Terhadap Kecerdasan Interpersonal Anak Usia Dini 5-6 Tahun di TK Islam Mumtaz Desa Simpang Terusan Kabupaten Batanghari
DOI:
https://doi.org/10.31537/jecie.v7i2.1353Keywords:
Kata kunci: Bermain kooperatif ; Kecerdasan InterpersonalAbstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh hasil pengamatan peneliti dilapangan yang menunjukkan bahwa kecerdasan interpersonal anak usia 5-6 tahun di TK Islam Mumtaz Simpang Terusan yang masih belum berkembang. hal ini dibuktikan dari temuan awal yaitu didapatkan bahwa dari 29 anak, 7 diantara nya belum, pada saat bermain kooperatif masih terdapat beberapa anak kemampuan sosial Sensivitas Sosial, Pemahaman Sosial, Komunikasi sosial nya yang belum mampu. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh bermain kooperatif terhadap kecerdasan interpersonal anak usia 5-6 tahun . Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode eksperimen. Desain yang dipakai adalah Pre-Eksperimental Design dengan bentuk One Group Pretest Posttest Design. Populasi dalam penelitian ini di TK Islam Mumtaz Simpang Terusan 59 anak. Teknik pengambilan sampel yang digunakan Sampling Purposive, 29 anak. Instrumen yang digunakan lembar observasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji normalitas, uji homogenitas dan uji hipotesis. Hasil penelitian membuktikan bahwa t hitung > t tabel yaitu 18.965 > 2.052 pada taraf signifikan ? = 0,05 hal ini berarti ada pengaruh yang signifikan dari penerapan bermain kooperatif terhadap kecerdasan interpersonal anak usia 5-6 tahun di TK Islam Mumtaz Simpang Terusan yaitu berada pada interpretasi kuat dengan nilai 1,19 yang berada pada rentang > 1,00 dengan interpretasi kuat (Strong Effect). Dengan demikian bermain kooperatif dapat digunakan dalam pembelajaran anak usia dini di sekolah dalam meningkatkan kecerdasan interpersonal anak.
References
Achmad Ali Fikri, Syamsul Arifin, M. F. F. (2022). Interpersonal. 2(8.5.2017), 2003–2005.
Affiza. (2022). Gambaran Kecerdasan Interpersonal Anak Usia 5-6tahun Di Paud Cinta Kasih Desa Aeknauli Ikabupaten Humbang Hasundutan. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(8.5.2017), 2003–2005.
Agustin, M., Inten, D. N., Permatasari, A. N., & Mulyani, D. (2021). Strategi Guru PAUD dalam Mengembangkan Kecerdasan Interpersonal Anak Usia Dini di Saat Belajar dari Rumah. Jurnal Obsesi?: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 1997–2007. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i2.1055
Annisa, N., Padilah, N., Rulita, R., & Yuniar, R. (2022). Dampak Gadget Terhadap Perkembangan Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Indonesia, 3(9), 837–849. https://doi.org/10.36418/japendi.v3i9.1159
Ardiyanto, A. (2017). Bermain Sebagai Sarana Pengembangan Kreativitas Anak Usia Dini. Jendela Olahraga, 2(2), 230–238. https://doi.org/10.26877/jo.v2i2.1700
Dai, K., & Utina, S. S. (2020). Meningkatkan Keterampilan Kerja Sama Anak Usia Dini melalui Metode Bermain Kooperatif di kelompok B TK Mekar Sari Desa Potanga Kecamatan Boliyohuto Kabupaten Gorontalo. Early Childhood Islamic Education Journal, 1(2), 153–165. https://doi.org/10.58176/eciejournal.v1i2.200
Dewi. (2022). Pengertian Pendidikan. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(6), 1707–1715.
Fatimah. (2018). Pascasarjana universitas islam negeri (uin) sumatera utara medan 2018 m / 1439 h.
filipe. (2020). Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe team accelerated instruction untuk meningkatkan hasil belajar bahasa Indonesia. Indonesian Journal of Educational Development, 1, 199–209. https://doi.org/10.5281/zenodo.4003871
Ginting, D., & Linarsih, A. (2022). Teacher Professional Development in the Perspective of Technology Pedagogical Content Knowledge Theoretical Framework. Jurnal Visi Ilmu Pendidikan, 14(1), 1. https://doi.org/10.26418/jvip.v14i1.49334
Hasibuan, N. H., & Basri, M. (2023). Permainan Balok untuk Meningkatkan Kemampuan Kerjasama Anak Usia 4-5 Tahun. 6(1). https://doi.org/10.31004/aulad.v6i1.461
Indriani, S. (2023). Kemampuan Komunikasi Guru Terhadap Kecerdasan Interpersonal Anak Usia Dini Sri IndianiHarianja,M.Pd Universitas Jambi Abstrak Pendahuluan Kajian Teori. 2(1), 253–258.
Kaffah, S. (2022). Upaya Meningkatkan Kemampuan Sosial Emosional Anak Melalui Permainan Kooperatif Ular Tangga Usia 4-5 Tahun Di Tk Aisyiyah Pucangan 1. Braz Dent J., 33(1), 1–12.
KHAERAH, R. (2023). Pengaruh Bermain Finger Painting Terhadap Kreativitas Anak Pada Kelompok B Di Taman Kanak-Kanak Sandhy Putra Telkom Makassar. Paper Knowledge . Toward a Media History of Documents, 12–26.
Kudus, K., Mursyida, L., Kustina, R., & Nasution, W. (2023). Jurnal Ilmiah Mahasiswa Volume 4 , Nomor 1 , Maret 2023 ANALISIS NILAI-NILAI DALAM KUMPULAN CERPEN PILIHAN KOMPAS. 4(1), 1–15.
Meilandari. (2023). Perkembangan Kecerdasan Intrapersonal Dan Interpersonal Anak Kelompok B Di Kb Mentari Gomong Kecamatan Selaparang Kota Mataram.
Murtiningsih, D., & Pd, M. (n.d.). Penerapan Model Pembelajaran Talking Stick Pada Mata Pelajaran Ips Di Sekolah Dasar.
Novia, A. P., & Mahyuddin, N. (2020). Pembelajaran Sentra dalam Mengembangkan Kecerdasan Interpersonal Anak. Jurnal Pendidikan Tambusai, 4(2), 1247–1255.
Nugraha, F., & Praramdana, G. K. (2022). Abdimas Siliwangi. Abdimas Siliwangi, 03(01), 363–370.
Paudia, J. P. (2015). Upaya meningkatkan kecerdasan interpersonal melalui metode. 191–206.
Prabandari, I. R., & Fidesrinur, F. (2021). Meningkatkan Kemampuan Bekerjasama Anak Usia 5-6 Tahun Melalui Metode Bermain Kooperatif. Jurnal Anak Usia Dini Holistik Integratif (AUDHI), 1(2), 96. https://doi.org/10.36722/jaudhi.v1i2.572
Putri. (2019). Perkembangan Kecerdasan Interpersonal Anak Melalui Metode Main Peran Di Paud Nurul Iman Banda Aceh. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Guru Anak Usia Dini, 4(4), 11–15.
Putri, P. P., Sumardi, S., & Mulyadi, S. (2020). Pengaruh Permainan Treasure Hunt Terhadap Kecerdasan Interpersonal Anak Usia 5-6 Tahun. Jurnal Paud Agapedia, 4(1), 118–130. https://doi.org/10.17509/jpa.v4i1.27203
Qowiyah, S. H. (2020). Analisis Kecerdasan Interpersonal Anak Kelompok B. Cakrawala Dini: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 11(2), 96–101. https://doi.org/10.17509/cd.v11i2.26239
Saputra, A. (2018). Pendidikan Anak Pada Usia Dini. At-Ta’Dib: Jurnal Ilmiah Prodi Pendidikan Agama Islam, 10(2), 192–209. https://www.ejournal.staindirundeng.ac.id/index.php/tadib/article/view/176
Shabrina, M., & Marantha, J. R. (2021). Efektivitas Kemandirian Anak Usia Dini Melalui Metode Pembiasaan. 2, 1–8.
Shalehah, A., Hidayatullah, M. S., Rachmah, D. N., Psikologi, P. S., Kedokteran, F., Mangkurat, U. L., & Yani, J. L. A. (2018). Penerapan Cooperative Play Dalam Bentuk Permainan Konstruktif Untuk Meningkatkan Keterampilan Sosial Pada Anak Usia Dini. Jurnal Kognisia, 1(2), 83–94.
Sugiyono. (2022). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. ALFABETA, CV.
Sukatmi, S. (2017). Pembelajaran Kooperatif Dalam Menunjang Kecerdasan Interpersonal Anak Usia Dini. BMC Public Health, 5(1), 1–8. https://ejournal.poltektegal.ac.id/index.php/siklus/article/view/298%0Ahttp://repositorio.unan.edu.ni/2986/1/5624.pdf%0Ahttp://dx.doi.org/10.1016/j.jana.2015.10.005%0Ahttp://www.biomedcentral.com/1471-2458/12/58%0Ahttp://ovidsp.ovid.com/ovidweb.cgi?T=JS&P
Syamsuryadin, S., & Wahyuniati, C. F. S. (2017). Tingkat Pengetahuan Pelatih Bola Voli Tentang Program Latihan Mental Di Kabupaten Sleman Yogyakarta. Jorpres (Jurnal Olahraga Prestasi), 13(1), 53–59. https://doi.org/10.21831/jorpres.v13i1.12884
Wahyuni, A., & Sari, N. F. (2022). Peningkatan Keterampilan Sosial melalui Metode Bermain Kooperatif Tipe Make A Match pada Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi?: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(6), 6961–6969. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i6.2300
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 JECIE (Journal of Early Childhood and Inclusive Education)

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.