Pengaruh Permainan Treasure Hunt Terhadap Kecerdasan Interpersonal Anak Usia 5-6 Tahun di Kelas B TK Islam Mumtaz Simpang Terusan Muara Bulian
DOI:
https://doi.org/10.31537/jecie.v7i2.1351Keywords:
Permainan Treasure Hunt ; Kecerdasan InterpersonalAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh permainan Treasure hunt terhadap kecerdasan interpersonal anak usia dini. Jenis penelitian ini menggunakan desain penelitian Pre-Eksperimental Design (nondesign) dengan jenis One Grup Pretest- Posttest Desain. Jenis penelitian One Grup Pretest- Posttest Desain yaitu desain penelitian yang terdapat pretest sebelum diberi perlakuan dan posttest setelah diberikan perlakukan. Subjek penelitian adalah 30 siswa di kelas B TK Al Mumtaz. Teknik sampling yang digunakan yaitu Non Probability Sampling. Sedangkan cara pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini yaitu teknik Purposive Sample. Teknik pengumpulan data observasi yang akan menggunakan bentuk instrumen cheklist dengan kategori meningkatkan kemampuan berbicara anak. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan bantuan aplikasi SPSS 26. Berdasarkan hasil penelitian dan pemaparan yang telah dilakukan terjadi peningkatan peningkatan kecerdasan interpersonal pada anak, bisa dikatakan bahwa pada penelitian ini metode bermain treasure hunt memberikan pengaruh terhadap kecerdasan interpersonal anak pada anak Kelas B TK Islam Mumtaz. Hal ini dikarenakan nilai sig,< lebih kecil 0,05 (0,000 < 0,05), sehingga yang dapat disimpulkan bahwa permainan treasure hunt berpengaruh positif terhadap kecerdasan interpersonal pada anak usia dini di Kelas B TK Islam Mumtaz.Hasil kemampuan pemecahan masalah siswa saat pretest 29% (kurang baik) dan saat posttest 85% (sangat baik).
References
Arikunto, S. 2019. Prosedur Penelitian. Jakarta: Rineka cipta
Armstrong, Thomas. 2013. Kecerdasan Multipel di Dalam Kelas. Jakarta : Indeks
Azwar S. 2013. Sikap Manusia: Teori dan Pengukurannya. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Bellanca, James. 2011. 200+ Strategi Dan Proyek Pembelajaran Aktif Untuk Melibatkan Kecerdasan Siswa Edisi Kedua. Jakarta: PT. Indeks.
Cahyani, R.Y., Triyanasari,D., & Tri, P.A. 2019. Pengaruh Teknik Treasure Hunt Game Berbasis Model think pair share terhadap pengaruh hasil belajar matematika siswa kelas III. Jurnal Riset Pendidikan dan Inovasi Pembelajaran Matematika (JRPIPM),3 (1), 1-7
Fadillah. 2019. Bermain Dan Permainan Anak Usia Dini. Jakarta: PT Fajar Interpratama Mandiri.
Jamil S. 2013. Strategi Pembelajaran, Teori, dan Aplikasi. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.
Jamaris, Martini . 2017. Pengukuran Kecerdasan Jamak, Bogor: Ghalia Indonesia
Hamid, Moh. Sholeh. 2014. Metode Edutaiment, Yogyakarta : DIVA Press
Kholifah, Risa. 2019. Pengaruh Permainan Treasure Hunt Terhadap Kecerdasan Interpersonal Anak Usia Dini Di Ra Al-Amanah Bandar Lampung. Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung
Kurniasih, Siti. 2021. Kecerdasan Interpersonal Anak Usia Dini. Bogor: Guepedia.
Lie, Anita. 2013. 101 Cara Menumbuhkan Rasa Percaya Diri Anak. (Jakarta : PT Elek Media Kumpulan Do Gramedia)
Muazzomi, Nyimas. (2017). Pengembangan Alat Permainan Edukatif Pendidikan Anak Usia Dini Melalui Aplikasi Microsoft Powerpoint. Jurnal Ilmiah Universitas Batanghari Jambi Vol.17 No.1, 133-142
Mujib, Fathul & Nailur Rahmawati, 2013. Metode Permainan-permainan Edukatif Dalam Belajar Bahasa Arab, Yogyakarta : DIVA Press
Mulyasa. 2014. Pengembangan dan Implementasi Kurikulum 2013. Bandung : Remaja Rosdakarya.
Nurdiani, G. 2020. Research & Learning in Primary Education Analisis Keterampilan Interpersonal Anak Usia 4-5 Tahun Di Sentra Bermain Peran RA Baiturrahman. Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 2
Permatasari, T. Hapidin. Karnadi. 2020. Pengaruh Permainan Kooperatif dan Kecerdasan Interpersonal terhadap Regulasi Emosi Anak. Indonesian Journal of Educational Counseling, 2020, Vol. 4 No. 1, Page: 31-40
Prani, Astaga. 2015. Peningkatan Kecerdasan Interpersonal Menggunakan Metode Diskusi Kelompok Dalam Pembelajaran Ips Pada Siswa Kelas IV SD Negeri Kenaran 2 Prambanan. S1 Thesis, PGSD
Putri, P.P. Sumardi, Mulyadi. 2020. Pengaruh Permainan Treasure Hunt Terhadap Kecerdasan Interpersonal Anak Usia 5-6 Tahun. Jurnal PAUD Agapedia, Vol.4 No. 1 J
Risaldy, Sabil. (2014). Bermain, Bercerita dan Bernyanyi. Jakarta : PT. Luxima Metro Media
Rofiah, Nuzulul. 2017. Upaya Meningkatkan Kerjasama dan Prestasi Belajar Siswa Mata Pelajaran IPS Materi Perkembangan Teknologi Produksi, Komunikasi dan Transportasi Melalui Metode Permainan Treasure Hunt. (Tesis). Universitas Muhammadiyah Purwokerto
Sani, Ridwan Abdullah. 2013. Inovasi Pembelajaran, Jakarta : PT. Bumi Aksara
Santrock, J.W. 2012. Life-Span Development (Perkembangan Masa Hidup Edisi 13 Jilid 1, Penerjemah: Widyasinta,B). Jakarta: Erlangga.
Shiralkar w Shreekant, 2016. IT Through Experiential Learning : Learn, Deploy and Adopt IT Through Gamification (India : Apres)
Siswanto, Igrea. Lestari, 2013. Pembelajaran Atrakrif Dan 100 Permainan Kreatif, Yogyakarta: Andi
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung : Alfabeta
Sujarweni, V. Wiratna. 2014. Metode Penelitian: Lengkap, Praktis, dan Mudah Dipahami. Yogyakarta: Pustaka Baru Press.
Sukmadinata. 2010. Metode penenelitian pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Sutja. 2017. Panduan Penulisan Skripsi. Program Ekstensi Bimbingan dan Konseling Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Jambi.
Suyadi, 2011. Psikologi Belajar PAUD, (Yogyakarta : PT. Bintang Pustaka Abadi)
Tadjuddin, Nilawati. 2014. Optimalisasi Kecerdasan Jamak, Bandar Lampung Lembaga Penelitian Dan Pengabdian Kepada Masyarakat IAIN Raden Intan Lampung
Wijana, Widarmi D, dkk, 2012, Kurikulum Pendidikan Anak Usia Dini, Jakarta: Universitas Terbuka.
Yaumi dan Ibrahim. 2015. Pembelajaran Berbasis Kecerdasan Jamak. Jakarta: Prenadamedia Group Ahmad MUHLISIN.
Yus, Anita. 2012. Model Pendidikan Anak U,sia Dini. Jakarta.Prenada Media Group
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 JECIE (Journal of Early Childhood and Inclusive Education)

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.