Keterampilan Motorik Halus Anak Usia 3-4 Tahun Melalui Media Paper Clay
DOI:
https://doi.org/10.31537/jecie.v8i1.1339Keywords:
motorik halus, media paper clay, anak usia 3-4 tahun, keterampilanAbstract
Dunia anak merupakan dunia bermain, sepanjang hari, setiap waktu dan setiap saat, hidup anak dipenuhi dengan keceriaan bermain. Bagi anak, bermain secara sendiri maupun berkelompok bersama teman sebaya ataupun dengan orang tua sangatlah menyenangkan. Keterampilan motorik halus (fine motor skil) membentuk keterampilan yang membutuhkan kemampuan untuk mengendalikan otot-otot kecil atau halus untuk memperoleh aktualisasi keterampilan yang berhasil. Penelitian ini menggunakan metode literatur review yang mengambil data dari penelitian dahulu yang pembahasannya tentang peningkatan keterampilan motorik halus anak usia 3-4 tahun melalui media paper clay. Pengambilan data diambil dari 5 (lima) jurnal terkait bersumber dari Google Scholar. Setelah data didapat kemudian dilanjutkan dengan analisis data untuk mengetahui hasil dari 5 (lima) jurnal terkait, kemudian diambil kesimpulan apakah media paper clay cocok untuk peningkatan keterampilan motorik halus anak usia 3-4 tahun. Hasil penelitian menjelaskan bahwa pertama sebagai peningkatan keterampilan motorik halus anak melalui media paper clay dengan menjabarkan media paper clay yang efektif dari beberapa penelitian terkait secara runtut agat dapat dijadikan sebagai sebuah acuan keterampilan motorik halus anak. Kedua, media pembelajaran paper clay dapat meningkatkan keterampilan motorik halus anak usia 3-4 tahun. Ketiga, selain media paper clay juga terdapat media lain yang dapat meningkatkan keterampilan motorik halus anak usia 3-4 tahun melalui media paper clay.
References
Amelia, N., Rahman, A., & Putra, M. M. (2022). Strategi Guru Dalam Menggembangkan Nilai-Nilai Agama Islam Pada Anak Usia Dini Di Tk Kasih Bunda Lubuk Mas Kecamatan Ulu Rawas Kabupaten Musi Rawas Utara (Doctoral dissertation, IAIN Curup).
Aulina, C. N. (2017). Buku Ajar Metodologi Pengembangan Motorik Halus Anak Usia Dini. Umsida Press, 1-186.
Arminawati, A., Subhananto, A., & Salmiati, S. (2021). Analisis Perkembangan Motorik Halus Anak Selama Belajar dirumah di TK Kelompok B Al-Washliyah Banda Aceh. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan, 2(1). Usia Dini. Cipta Media Nusantara.
Dewi, R. V. K., Mustaring, D. I., & Sunarsi, D. (2021). Metode Stimulasi Multiple Intellegences Bagi Anak Usia Dini. Cipta Media Nusantara.
Hakim, S. N., Sopha, M., Febriana, S., Rachmat, M., & Dewi, I. P. (2022). Peningkatan kemampuan motorik halus anak usia 5-6 tahun dengan teknik meremas. Aksara: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal, 8(3), 1957-1966.
Hasibuan, R. (2022). Analisis Pengaruh Media Clay Terhadap Kemampuan Motorik Halus Pada Anak Usia Dini. Indonesian Journal of Instructional Technology, 22-27.Marinda, L. (2020). Teori kognitif Jean Piaget dan problematikanya pada anak usia sekolah dasar. An-Nisa': Journal of Gender Studies, 13(1), 116-152.
Husna, N. A. A. (2022). Penerapan Permainan Papper Clay dalam Mengembangkan Kemampuan Fisik Motorik Halus Anak Usia 4-5 Tahun di TK Islam An-Nahl Cemani Tahun Pelajaran 2022/2023. Jurnal Pemikiran dan Ilmu Keislaman, 5(1), 181-189.
Kurnia, A., & Mustika, I. (2022, May). Upaya Meningkatkan Kemampuan Motorik Halus Anak Melalui Penggunaan Media Paper Clay. In Gunung Djati Conference Series (Vol. 13, pp. 134-147).
Marsuki, U., Damayanti, E., & Kusyairy, U. (2022). PENINGKATAN PERKEMBANGAN MOTORIK HALUS MELALUI PERMAINAN PAPER CLAY PADA ANAK USIA 4-5 TAHUN. PELANGI: Jurnal Pemikiran dan Penelitian Islam Anak Usia Dini, 4(1), 85-102.
Maryati, S., & Nurlaela, W. (2021). Permainan Tradisional Sebagai Sarana Mengembangkan Kemampuan Fisik Motorik Anak Usia Dini. PAUD Lectura: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(02), 49-61.
NOVELIA, M. (2020). ASUHAN KEBIDANAN TUMBUH KEMBANG DENGAN KETERLAMBATAN BICARA (SPEECH DELAY) DI RS AZZAHRA DI DESA KALIREJO LAMPUNG TENGAH (Doctoral dissertation, Poltekkes Tanjungkarang).
Rusdianah, R. (2022). Meningkatkan Kemampuan Motorik Halus Anak Melalui Permainan Paper Cup Pada Usia 4-5 Tahun Di TK Qurrota A’yun 01 Aisyiyah Kota Pekalongan Tahun Ajaran 2020/2021. AUDIENSI: Jurnal Pendidikan dan Perkembangan Anak, 1(2), 113-123.
Saripudin, A. (2019). Analisis Tumbuh Kembang Anak Ditinjau Dari Aspek Perkembangan Motorik Kasar Anak Usia Dini. Equalita: Jurnal Studi Gender dan Anak, 1(1), 114-130.
Sudirjo, E., & Alif, M. N. (2018). Pertumbuhan dan Perkembangan Motorik: Konsep Perkembangan dan Pertumbuhan Fisik dan Gerak Manusia. UPI Sumedang Press.
SUWARNI, R. (2020). : Upaya Meningkatkan Kemampuan Motorik Kasar Melempar Bola Secara Terarah Melalui Permainan Bowling Sederhana Pada Anak Usia 5-6 Tahun Kelompok B di Raudhatul Athfal Arrohmah Purwoasri Gumukmas Jember (Doctoral dissertation, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Program Studi Pendidikan Islam Anak Usia Dini).
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 JECIE (Journal of Early Childhood and Inclusive Education)

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.