Makna Metode Bercakap-cakap Bagi Guru PAUD Kelompok A di TK Al Hikmah Gumelar Balung Jember
DOI:
https://doi.org/10.31537/jecie.v7i1.1336Keywords:
Makna, Metode Bercakap-cakap, Guru PaudAbstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui makna metode bercakap-cakap di Tk Al Hikmah Gumelar Balung Jember. Lokasi penelitian ini terletak di lembaga Tk Al hikmah desa Gumelar Kecamatan Balung Kabupaten Jember. Metode penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan analisa menggunakan pendekatan kualitatif yaitu metode penelitian yang menghasilkan data deskriptif serta menggunakan kata-kata tertulis atau lisan dari orang-orang dan peserta didik yang diamati. Pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara mendalam dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini ialah analisa diskriptif kualitatif, yaitu diawali dengan melakukan penyusunan kategori-kategori yang sesuai dengan kualifikasi yang ada, setelah kategori tersusun kemudian dihubungkan antara satu dengan yang lainnya sehingga membangun preposisi yaitu hubungan antara dua kategori atau lebih, kemudian preposisi tersebut dihubungkan antara satu dengan yang lainnya sehingga membentuk tipologi yang berhubungan dengan pemikiran yang diteliti. Data yang digunakan berbentuk laporan dan uraian deskriptif, kemudian di analisis. Dalam analisis data ini data-data yang sudah diperoleh akan di analisis secara berurutan yang terdiri dari: Reduksi data, penyajian data dan verifikasi. Hasil dari penelitian ini adalah makna metode bercakap-cakap bagi guru adalah: (a). Bercakap-bercakap mendekatkan diri dengan anak, (b). Bercakap-cakap membantu mengetahui keinginan anak, (c). Bercakap-cakap membantu mengetahui Bahasa anak, (d). Bercakap-cakap membantu mengetahui dunia fantasi anak.
References
DAN, S. S. A. D. K (2022). Sekolah Sosialisasi Anak dan Keluarga. Disusun Oleh: Mutiara Muthia Afifah.
Driyarkara, N. (1962). Percikan Filsafat. Jakarta: PT. Pembangunan
Fauzia, W., & Hajar, R. T. (2022). Perkembangan Bahasa AUD dan Praktek Permainan Bahasa Anak. AT-THUFULY: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 2(2), 98-103.
Haerudin, D. A. (2022). Anak PAUD Berkarakter Menurut Teori Ki Hajar Dewantara. Jurnal Pelita PAUD, 7(1), 78-83.
Indah Isnani, Siti Nur (2019). Pelaksanaan Metode Bercakap – cakap dalam Pengembangan Keterampilan Bicara Anak Kelompok B: Semarang: Universitas Islam Negeri Walisongo
KARISA, N. N. (2022). Peran Orangtua dalam Menanamkan Rasa Percaya Diri Pada Anak Usia Dini Melalui Metode Bercakap – cakap di Masa Pandemi Covid 19 (Studi Kasus Desa Sukaraja Kecamatan Tetap Kabupaten Kaur Provinsi Bengkulu) (Doctoral dissertation, UIN Fatmawati Sukarno).
Khotimah, K., & Agustini, A. (2023). Implementasi Teori Perkembangan Kognitif Jean Piaget Pada Anak Usia Dini. Al Tahdzib: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 2(1), 11-20.
Lubis, Akhyar Yusuf (2004). Metodologi Posmodernis. Bogor: Akademia
Mangkuwibawa, H., Yulianingsih, Y., & Juliani, A. R. (2022, December). Relevansi Aktivitas Bermain Kartu Huruf Terhadap Minat Baca Anak Usia Dini. In Gunung Djati Conference Series (Vol. 13, pp. 1-13)
Metasari, Emma Arfida. (2016). Peningkatan Keterampilan Berbicara Anak Melalui Metode Bercakap – cakap Berbantu Media Gambar pada Anak Kelompok A di TK Indralaya: Indralaya: Universitas Sriwijaya
Moeslichaton (2004). Metode Pengajaran di Taman Kanak – Kanak. Jakarta: PT. Rineka Cipta
Murdiyanto (2020). Penelitian Kualitatif. Yogyakarta. Lembaga Penelitian Dan Pengabdian pada Masyarakat UPN “Veteran” Yogyakarta Press
Nismah. (2017). Meningkatkan Keterampilan Berbicara Anak Usia Dini Melalui Metode Bercakap – cakap dengan Media Gambar: Teluk Nibang: Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
NISSA, C. (2020) Upaya Meningkatkan Kemampuan Berbahasa Indonesia Anak Melalui Metode Bercerita di Padang Bintungan Kota Baru Dharmasraya.
Novitalista, Syata (2012). Makna Cantik Dikalangan Mahasiswa dalam Perspektif Fenomenologi. Makassar: Universitas Hasanudin
Nur, N. (2022). Meningkatkan Kemampuan Bahasa Ekspresif Anak Melalui Metode Bercakap-cakap di Taman Kanak-kanak Pertiwi i watan soppeng.
Permendikbud Nomor 137 Tahun 2014 Tentang Standar Nasional Pendidikan Anak Usia Dini
Pertiwi, Eky Prasetya (2021). Model Permainan Ular Tangga Terhadap Nilai Sosial Masyarakat Melalui Interaksi Sosial Dalam Masa Pandemi Covid 19. Jember. Universitas Pgri Argopuro Jember
Sinaga, Rahayu, Bheby Putri (2021). Analisis Kemampuan Berbicara Melalui Metode Bercakap – cakap Usia 5 – 6 Tahun di TK Happy Holy Kids Setia Budi Medan TA 2020/2021.
Thobi, Muhammad (2021). Pengetahuan Guru Pendidikan Anak Usia Dini Tentang Metode Bercakap – cakap pada Pembelajaran di Paud. Bandar Lampung: Universitas Lampung
Umi, N. H. (2023). Efektivitas Bimbingan Kelompok Dengan Metode Bercerita Untuk Meningkatkkan Keterampilan Berkomunikasi Pada Anak Usia Di Tk Nurul Ilmi Sukamaju Abung Semuli Kabupaten Lampung Utara Tahun Ajaran 2020/2021 (Doctoral dissertation, UIN Raden Intan Lampung)
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 JECIE (Journal of Early Childhood and Inclusive Education)

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.