Penerapan Permainan Look Make and Fix Menggunakan Media Tangram untuk Meningkatkan Kecerdasan Visual-Spasial Anak
DOI:
https://doi.org/10.31537/jecie.v8i1.1334Keywords:
Look make and fix game; Tangram; Visual spatial intelligence; GeometryAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan peningkatan kecerdasan visual anak sebelum memperoleh perlakuan berupa permainan look, make and fix menggunakan media tangram dan setelah memperoleh perlakuan. Penelitian ini adalah penelitian pre-eksperimental dengan variabel terikat berupa kecerdasan visual spasial serta variabel bebasnya adalah permainan look, make and fix menggunakan meida tangram. Desain penelitian yang digunakan adalah One Group Pretest Postes. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas B RA Miftahul Khoer Khoer Tahun Ajaran 2023/2024 dengan menggunakan teknik sampling purposive. Perolehan data pretes dan postes kemudian dijadikan syarat untuk medapatkan data Ngain yang kemudian akan dianalisis. Untuk melihat adanya perbedaan dilakukan uji Paired Sample T-test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan peningkatan kecerdasan visual spasial anak sebelum memperoleh perlakuan berupa permainan look, make and fix menggunakan media tangram dan setelah memperoleh perlakuan.
References
Achroni, K. (2012). Mengoptimalkan tumbuh kembang anak melalui permainan tradisiona (Javalitera. (ed.)).
Ahmad, W. (2021). Modul Belajar Mandiri Calon Guru. In Angewandte Chemie International Edition, 6(11), 951–952.
Copley, J. V. (2000). Geometry and Spatial Sense in the Early Childhood Curriculum. The Young Child and Mathematics, 105 – 124.
Gardner, H. (2011). Author of Multiple Intelligences Frames of Mind. https://www.academia.edu/36707975/Frames_of_mind_the_theory_of_multiple_inteligences
Husnaini, N., & Qadafi, M. (2020). PROBLEMATIKA PENGGUNAAN ALAT PERMAINAN EDUKATIF PADA PEMBELAJARAN DI PAUD AL-JIHADUL DAN PAUD AN-NUR KABUPATEN LOMBOK TIMUR. Raudhatul Athfal?: Jurnal Pendidikan Islam Anak Uisa Dini, 3(1), 52–62.
Indriawan, I., & Wijiyo, H. (2020). Pendidikan Anak Pra Sekolah. Jakarta:Rineka. In Https://Medium.Com/ (Issue June). https://medium.com/@arifwicaksanaa/pengertian-use-case-a7e576e1b6bf
Jasmine, J. (2016). Metode Mengajar Multiple Intelligences (A. Salim (ed.); iv). Penerbit Nuansa.
Mulyasa. (2017). Strategi Pembelajaran PAUD. PT. Remaja Rosdakarya.
Munadi, M., & Rahayu, W. (2019). Inculcation Religiosity in Preschoolers Local content curriculum. JPUD - Jurnal Pendidikan Usia Dini, 13(2), 201–216. https://doi.org/10.21009/JPUD.132.01
Musbikin, I. (2010). Buku Pintar PAUD (dalam Perspektif Islam). Laksana.
Musfiroh, Tadkiroatun. “Bermain Sambil Belajar Dan Mengasah Kecerdasan.” Jakarta: Depdiknas (2005).
NAEYC&NCTM. (2010). Early childhood standards: Promoting good beginnings. The National Coun-Cil of Teachers of Mathematics …, 1–21. http://scholar.google.com/scholar?hl=en&btnG=Search&q=intitle:Early+Childhood+Mathematics+:+Promoting+Good+Beginnings#4
NCTM. (n.d.). Principles and Standards for School Mathematics. 2000.
Nikmah, S. M., & Iswantiningtyas, V. (2020). Permainan Kopi ( Kotak Pintar ) Untuk Multiple Intelligence Anak Setiap anak manusia dilahirkan dengan membawa sejumlah potensi yang diwariskan dari generasi sebelumnya , potensi yang dimilikinya pun tidaklah sama walaupun mereka terlahir kembar . Anak me. 1, 228–239.
Rosdiani, D. (2012). Model pembelajaran langsung dalam pendidikan jasmani dan kesehatan. Alfabeta.
Saleha, L., Baharun, H., & Utami, W. T. (2022). Implementation of Digital Literacy in Indonesia Early Childhood Education. Indonesian Journal of Early Childhood Educational Research, 1(1), 12–22. https://doi.org/10.31958/ijecer.v1i1.5834
Saroinsong, W. P., Imara, F. U., Simatupang, N. D., & Maulidiyah, E. C. (2021).
Sugiyono. (2015). Statistika Untuk Penelitian. Bandung. Alfabeta.
Sugiyono. (2012). Metode Penelitian Kuantitatif, Kulaitatif, R & D. Bandung. Alfabeta.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 JECIE (Journal of Early Childhood and Inclusive Education)

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.