Peran Guru dalam Mengoptimalkan Interaksi Sosial Anak Usia Dini
DOI:
https://doi.org/10.31537/jecie.v8i1.1329Keywords:
Interaksi Sosial, Anak Usia Dini, Peran GuruAbstract
Interaksi sosial penting untuk dikembangkan pada anak sejak usia dini. Interaksi sosial pada anak usia dini berlangsung secara beriringan dengan perkembangan sosialnya. Interaksi sosial dapat menjadi dasar anak untuk dapat diterima di lingkungan sosial. Apabila anak dapat berbaur bersama lingkungan sosialnya, disitulah anak diakui keberadaan dirinya. Ketika anak di sekolah lingkup sosial yang dimiliki menjadi lebih luas. Maka guru hendaknya dapat mengoptimalkan interaksi sosial anak dengan pembelajaran yang menarik dan menyenangkan. Guru mendorong anak untuk mandiri dan berhubungan dengan teman sebaya agar dapat berbaur dan diterima lingkungan sosialnya. Guru mendampingi dan memantau anak saat belajar dan membantu anak ketika menghadapi masalah. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan upaya guru dalam mengoptimalkan interaksi sosial anak usia dini. Metode yang digunakan adalah studi literatur dengan mengumpulkan informasi dari sumber-sumber yang relevan dengan topik penelitian. Hasil kajian dinyakan bahwa keterampilan sosial guru menjadi dasar yang perlu dimiliki guru dalam mengoptimalkan interaksi sosial anak usia dini.
References
Aciyaningsih, A., & Husain, I. A. (2022). Upaya Guru Untuk Meningkatkan Interaksi Sosial Siswa Usia Dini. Jurnal RIEN Cakrawala Ilmiah Mahasiswa, 2(2), 115–120. https://doi.org/10.30998/ocim.v2i2.8125
Agustiyani, S., Rohaety, E. E., & Westhisi, S. M. (2019). Penerapan Metode Jigsaw Dalam Meningkatkan Kemampuan Interaksi Sosial Anak Usia Dini Pada Kelompok B. Jurnal Ceria, 2(4), 154–165.
Aprily, N. M., Rosidah, A. K., & Hani, H. (2023). Maaf, Terima Kasih, Tolong dan Permisi: Empat Kata Ajaib Dalam Pembentukan Karakter Sosial Anak. Jurnal As-Sibyan, 8(1), 124–132.
Bakri, A. R., & Nasucha, J. A. (2021). Pengaruh Bermain Peran Terhadap Interaksi Sosial Anak Usia Dini. Jurnal Tafkir, 2(1), 58–79.
Ginanjar, D., Saleh, A., Studi, P., Pembangunan, K., & Manusia, E. (2020). Pengaruh Intensitas Menonton Film Animasi “Adit Sopo Jarwo” Terhadap Interaksi Sosial Anak Sekolah Dasar Intensity of Watching Animated Film “Adit Sopo Jarwo” and its Effect on Social Interaction among Elementary Students. Jurnal Komunikasi Pembangunan, 18(01), 43–54. https://doi.org/10.225000/18202028110
H, A. W., & Rukiyat. (2022). Studi literatur: Permainan tradisional sebagai media alternatif stimulasi perkembangan anak usia dini. Jurnal Pendidikan Anak, 11(2), 109–120.
Hanita, & Luis, V. (2022). Interaksi Sosial Pada Anak Usia Dini Ditinjau Dari Peran Orang Tua Selama Pandemi Covid 19. Jurnal Edukasi AUD, 7(2), 93–105. https://doi.org/10.18592/jea.v7i2.5971
Indriawati, P., Prasetya, K. H., Sinambela, S. M., Taufan, I. S., Balikpapan, U., & Sosial, K. (2022). Peran Guru dalam Mengembangkan Kompetensi Sosial pada Anak Usia Dini di TK Cempaka Balikpapan. Jurnal Edu Cendikia, 2(3), 521–527. https://doi.org/10.47709/educendikia.v2i3.1917
Junindra, A., Fitri, H., Putri, A. R., Nasti, B., & Erita, Y. (2021). Mendesain Pembelajaran IPS dan PKn Berbasis Literasi ICT (Information and Communication Technology) pada Tingkat Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(6), 6264–6270. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i6.1827
Latifah, U., & Sagala, A. C. D. (2015). Upaya Meningkatkan Interaksi Sosial Melalui Permainan Tradisional Jamuran Pada Anak Kelompok B TK Kuncup Sari Semarang Tahun Pelajaran 2014/2015. Jurnal Penelitian PAUDIA, 112–132.
Lestari, I., Riana, A. W., & Taftazani, B. M. (2015). Pengaruh Gadget Pada Interaksi Sosial Dalam Keluarga. Prosiding Penelitian Dan Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(2), 204–209. https://doi.org/10.24198/jppm.v2i2.13280
Masdul, M. R. (2018). Komunikasi Pembelajaran Learning Communication. Iqra: Jurnal Ilmu Kependidikan Dan Keislaman, 13(2), 1–9.
Mestika, Z. (2008). Metode Penelitian Kepustakaan (2nd ed.). Yayasan Obor Indonesia.
Mulyana, E. H., Gandana, G., & Muslim, M. Z. N. (2017). Pada Kelompok B Di Tk Pertiwi Dwp Kecamatan Tawang. Jurnal PAUD Agapedia, 1(2), 214–232.
Munisa. (2020). Pengaruh Penggunaan Gadget Terhadap Interaksi Sosial Anak Usia Dini Di TK Panca Budi Medan. Jurnal Ilmiah Abdi Ilmu, 13(1), 102–114. https://jurnal.pancabudi.ac.id/index.php/abdiilmu/article/view/896
Muslim, A. (2013). Interaksi Sosial Dalam Masyarakat Multietnis. Jurnal Diskursus Islam, 1(3), 484–494.
Nadia, D. O., Suhaili, N., & Irdamurni. (2023). Peran Interaksi Sosial Dalam Perkembangan Emosional Anak Sekolah Dasar. Jurnal Pendas, 08(1), 2727–2738.
Nurlatifah, I., & Andini, R. (2022). Pengembangan kemampuan interaksi sosial dengan teman sebaya anak usia dini melalui konseling transactional analysis. Jurnal Al-Akhbar, 8(1), 10–14.
Pahlevy, R. I. (2023). Hindari Kesulitan Berinteraksi Sosial, Akademisi Sebut Anak Perlu Didampingi saat Bermain Handphone Hindari Kesulitan Berinteraksi Sosial, Akademisi Sebut Anak Perlu Didampingi saat Bermain Handphone. Www.Bangka.Tribunnews.Com. https://bangka.tribunnews.com/2022/12/14/hindari-kesulitan-berinteraksi-sosial-akademisi-sebut-anak-perlu-didampingi-saat-bermain-handphone
Robbiyah, Ekasari, D., & Witarsa, R. (2018). Pengaruh Pola Asuh Ibu terhadap Kecerdasan Sosial Anak Usia Dini di TK Kenanga Kabupaten Bandung Barat. Jurnal Obsesi?: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 2(1), 74–86. https://doi.org/10.31004/obsesi.v2i1.10
Sari, E. M., & Thahir, A. (2021). Systematic Literature Review Kepemimpinan Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Kinerja Guru. Jurnal Incoils, 1(1), 345–352.
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kualitatif, Kuantitatif, Dan R&D. Bandung: CV ALFABETA.
Umairi, M. Al, & Lilawati, A. (2023). Pengembangan Interaksi Sosial Terhadap Pendidikan Anak Usia Dini Dalam Perspektif Islam di Abad 21. Jurnal Adam, 2(2), 274–280. https://doi.org/10.37081/adam.v2i2.1534
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 JECIE (Journal of Early Childhood and Inclusive Education)

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.