Pengaruh Penggunaan Media Hidroponik dalam Kegiatan Bercocok Tanam Terhadap Kecerdasan Naturalis Anak Usia 5-6 Tahun
DOI:
https://doi.org/10.31537/jecie.v8i1.1326Keywords:
Kecerdasan naturalis; bercocok tanam; hidroponik; anak usia dini, PAUD.Abstract
Kecerdasan naturalis merupakan salah satu bagian dari kesembilan kecerdasan jamak. Kecerdasan naturalis adalah keahlian mengenali, membedakan, mengungkapkan, dan mengkategorikan spesies flora dan fauna dan lingkungan sekitar. Kecerdasan naturalis anak dapat dilihat dari seberapa jauh anak mengenali, membedakan, mengungkapkan, dan mengkategorikan spesies flora, fauna, dan lingkungan di sekitarnya. Hidroponik merupakan salah satu sistem bercocok tanam tanpa menggunakan media tanam tanah. Penelitian ini menggunakan metode penelitian eksperimen dengan desain penelitian one group pre-test post-test. Berdasarkan penelitan yang dilakukan, untuk mengukur kecerdasan naturalis anak dengan melakukan test sebelum dan sesudah diberikan perlakukan. Sehingga didapatkan hasil pre-test dengan nilai %rata-rata 12,92 atau sebesar 32% dengan kategori belum berkembang (BB). Sementara dari hasil post-test didapatkan niilai %rata-rata 37,84 atau sebesar 93% dengan kategori berkembang sangat baik (BSB). Dari hasil pre-test dan post-test tersebut dapat disimpulkan bahwa kecerdasan naturalis anak usia 5-6 tahun meningkat dari belum berkembang menjadi berkembang sangat baik. Sehingga penggunaan media hidroponik dalam kegiatan bercocok tanam memiliki pengaruh terhadap kecerdasan naturalis anak usia 5-6 tahun.
References
Ali, M. (2019). Bercocok Tanam dalam Perspektif Hadis: Analisis Tekstual dan Kontekstual. Tahdis: Jurnal Kajian Ilmu Al-Hadis, 10(1), pp. 1–27. doi: 10.24252/tahdis.v10i1.9841.
Anggraini, D. (2017). Meningkatkan Kecerdasan Naturalis Anak Usia -6 Tahun Mlalui Eksplorasi Tanaman. Yaa Bunayya: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 1(2), pp. 137–146.
Azwar, S. (2005). Manajemen penelitian. Jakarta: Rineka Cipta.
Carrozzo, F. et al. (2018). Idropo, a hydroponic planting system to teach gardening through play’, Conference on Human Factors in Computing Systems - Proceedings, 2018-April, pp. 3–6. doi: 10.1145/3170427.3186489.
Ditajayanti, I. K., P.R, A. and Setiawan, A. (2022). MEMBANGUN KETERAMPILAN BERCOCOK TANAM MELALUI KEGIATAN BERTANAM DENGAN MEDIA HYDROPONIK DI TK AL IRSYDA 10.21608/pshj.2022.250026.
Ferdinand. (2006). Metode penelitian manajemen, pedoman penelitian untuk penulisan skripsi, tesis, dan disertasi ilmu manajemen (2). Semarang: Badan Penerbit UNDIP
Fitriah, N. et al. (2021). Pengenalan Aktivitas Berkebun sebagai Media Pembelajaran terhadap Perkembangan Kognitif (Pengenalan Sains) pada Anak. Prosiding Seminar Nasional Pengabdian Masyarakat LPPM UMJ, 1(1), pp. 1–6. Available at: https://jurnal.umj.ac.id/index.php/semnaskat/article/view/10677.
Gumitri, A. and Suryana, D. (2022). Stimulasi Kecerdasan Naturalis Anak Usia 5-6 Tahun melalui Kegiatan Life Science. Jurnal Obsesi?: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(4), pp. 3391–3398. doi: 10.31004/obsesi.v6i4.2334.
Gunawan, Heri. (2012). Pendidikan Karakter: Konsep dan Implementasi. Bandung: Alfabeta.
Hadi, S., Gunawan, I. and Dalle, J. (2018) Statistika Inferensial Teori dan Aplikasinya. 2nd edn. Depok: PT. RajaGrafindo Persada. Available at: https://www.ptonline.com/articles/how-to-get-better-mfi-results.
Haniah, N. (2013). Uji Normalitas Dengan Metode Liliefors. Statistika Pendidikan, (1), pp. 1–17.
Herdianing, M. and Syarief, A. (2013). Jurnal Tingkat Sarjana Senirupa dan Desain DESAIN SARANA BERKEBUN DAN BERMAIN UNTUK ANAK USIA 4-6 TAHUN DI TAMAN KANAK-KANAK. Jurnal Tingkat Sarjana Senirupa dan Desain, (1), pp. 1–10.
Istianto, T. et al. (no date) ‘RUMAH’.
JAMARIS EDWITA, M. (2014). Formal Multiple Intelligences Assessment Instruments for 4-6 Years Old Children. American Journal of Educational Research, 2(12), pp. 1164–1174. doi: 10.12691/education-2-12-6.
Lailani, N. F., Nadar, W. and Syaikhu, A. (2020). Penggunaan Media Hidroponik dalam Perkembangan Kecerdasan Naturalis. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan STKIP Kusuma Negara II, pp. 127–135.
Maryanti, S., Kurniah, N. and Yulidesni, Y. (2019). Meningkatkan Kecerdasan Naturalis Anak Melalui Metode Pembelajaran Outing Class Pada Kelompok B Tk Asyiyah X Kota Bengkulu. Jurnal Ilmiah Potensia, 4(1), pp. 22–31. doi: 10.33369/jip.4.1.22-31.
Maulana, H. et al. (2023). Implementasi Hidroponik Sebagai Bentuk Pertanian Modern Guna Meningkatkan Ketahanan Pangan di Desa Musir Lor’, 2(2), pp. 62–72.
Pratiwindya, D., Handini, M. C. and Yetti, E. (2019). Pengaruh Kegiatan Berkebun Hidroponik. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan KALUNI, 2, pp. 521–532. doi: .http://dx.doi.org/10.30998/prokaluni.v2i0.134.
Purbajanti, E. D., Slamet, W. and Kusmiyati, F. (2017). Buku Hidroponic Florentina, pp. 1–84.
Rina Oktavia, Siti Khosiah, Dan Rosidah, L. (2022). PENGARUH KEGIATAN BERKEBUN TERHADAP KECERDASAN NATURALIS PADA ANAK USIA 5-6 TAHUN. Jurnal CARE, 10(1), pp. 7–15. Available at: http://e-journal.unipma.ac.id/index.php/JPAUD PENGARUH.
Roidah, I. S. (2014). Pemanfaatan Lahan Dengan Menggunakan Sistem Hidroponik. 1(2), pp. 43–50.
Rosiyanah, R., Yufiarti, Y. and Meilani, S. M. (2020). Pengembangan Media Stimulasi Sensori Anak Usia 4-6 Tahun Berbasis Aktivitas Bermain Tujuh Indera. Jurnal Obsesi?: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), pp. 941–956. doi: 10.31004/obsesi.v5i1.758.
Rosliani, R. and Sumarni, N. (2005) „Budidaya Tanaman Sayuran dengan Sistem Hidroponik?, Monografi, (27), pp. 1–38.
Sapara, M. M., Lumintang, J. and Paat, C. J. (2020). Dampak lingkungan sosial terhadap perubahan perilaku remaja perempuan di desa ammat kecamatan tampan?amma kabupaten kepulauan talaud. Jurnal Holistik, 13(3), pp. 1– 16.
Sari, R. W. S. W. S. and Yuliani, E. (2022). Identifikasi Dampak Alih Fungsi Lahan Pertanian Ke Non Pertanian Untuk Perumahan. Jurnal Kajian Ruang, 1(2), p. 255. doi: 10.30659/jkr.v1i2.20032.
Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. 19th edn. Bandung: Alfabeta.
SUJIONO, Y. N. (2013). Strategi Pendidikan Anak Usia Dini. vii. Jakarta: PT. Indeks. Available at: https://news.ddtc.co.id/strategi-pendidikan-pajak- untuk-anak-usia-dini-11555.
Sumarni, N., Astuti, R. W. and Mumpuni, S. D. (2020). Keterampilan Hidroponik Untuk Perkembangan Sosial-Emosional Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah KONTEKSTUAL, 2(01), pp. 22–29. doi: 10.46772/kontekstual.v2i01.245.
Utami, F. (2020). Pengaruh Metode Pembelajaran Outing Class terhadap Kecerdasan Naturalis Anak Usia 5-6 Tahun. Jurnal Obsesi?: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(2), p. 551. doi: 10.31004/obsesi.v4i2.314.
Wahab, A., Junaedi, J. and Azhar, M. (2021). Efektivitas Pembelajaran Statistika Pendidikan Menggunakan Uji Peningkatan N-Gain di PGMI. Jurnal Basicedu, 5(2), pp. 1039–1045. doi: 10.31004/basicedu.v5i2.845.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 JECIE (Journal of Early Childhood and Inclusive Education)

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.