Peranan Orang Tua Terhadap Perkembangan Motorik pada Anak Usia Dini
Indonesia
DOI:
https://doi.org/10.31537/jecie.v8i1.1325Keywords:
Parent, early chilhood, Motoric, Role, DevelopmentAbstract
Aspek perkembangan anak merupakan hal yang sangat penting bagi anak. Salah satu aspek penting untuk anak usia dini adalah aspek perkembangan motorik. Dalam perkembangan motorik, orang tua memiliki peranan penting. Tujuan penelitian untuk mengetahui peranan orang tua terhadap perkembangan motorik pada anak usia dini. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif yang bersifat deskriptif melalui Studi Pustaka, yakni metode pengumpulan data yang diarahkan kepada pencarian data dan informasi melalui dokumen-dokumen, baik dokumen tertulis, foto-foto, gambar, maupun dokumen elektronik yang dapat mendukung dalam proses penulisan. Hasil penelitian peran orang tua dapat membentuk pola sikap dan pribadi anak, juga dapat menentukan proses pendidikan yang diperoleh anak. Orang tua mempunyai peranan dalam memberikan stimulasi yang tepat sesuai usia perkembangan anak yakni melalui proses penalaran untuk mengatahui bakat yang di miliki oleh anaknya.
References
Adam, Gervasius. et.al. (2023). Media Pembelajaran dalam Mengembangkan Fisik Motorik Anak Usia Dini. Jurnal Lonto Leok. Vol 5 No 2, Juli.
Adlini, Miza Nina, et.al. (2022). Metode Penelitian Kualitatif Studi Pustaka. Edumaspul: Jurnal Pendidikan. Vol 6 No 1.
Chatib. M. (2015) Orangtuanya Manusia: Melejitkan Potensi dan Kecerdasan dengan Menghargai Fitrah Setiap Anak. Bandung: Kaifa Learning.
Fadhilah, Nurul. (2014). Meningkatkan Kemampuan Motorik Halus Melalui Kegiatan Mewarnai di Kelompok B TK KKLMD Sedyo Rukun Bambanglipuro Bantul. Skripsi. Universitas Negeri Yogyakarta.
Fitriani, Rohyana. (2018). Perkembangan Fisik Motorik Anak Usia Dini. Jurnal Golden Age Hamzanwadi University. Vol. 3 No.1, Juni, h. 25-34.
Herawati & Yeni Setiyowati. (2019). Upaya Meningkatkan Motorik Halus Anak Melalui Kegiatan 3M (Mewarnai, Menggambar dan Menempel) di Taman Kanak-Kanak Islam Al Khasanah Gresik. Atthiflah: Journal of Early Chilhood Islamic Education. Vol. 5, No. 1 Januari.
Hulukati, Wenny. (2015). Peran Lingkungan Keluarga Terhadap Perkembangan Anak”. MUSAWA, Vol. 7, No. 2. Desember, h. 265-282.
Juliani, Cut. et.al. (2021). Analisis Perkembangan Motorik Halus pada Anak Kelompok B DI TK Ananda Banda Aceh. Jurnal Ilmiah Mahasiswa. Volume 2, Nomor 1, April.
Kumasalasri, (2018). Pengaruh Kegiatan Kolase Terhadap Keterampilan Motorik Halus Anak. Jurnal Care. 5 (2) Januari.
Munawaroh, Siti. (2019). Gambaran Perkembangan Motorik Halus pada Anak Prasekolah dengan Metode Menggambar. Community of Publishing in Nursing (COPING), Vol. 7, No. 1, April.
Mutmainnah. (2015). Lingkungan dan Perkembangan Anak Usia Dini dilihat dari Perspektif Psikologi. Vol. 1, No. 2, September.
Nomi Pura, Dan Asnawati (2019). Perkembangan Motorik Halus Anak Usia Dini Melalui Kolase Media Serutan Pensil. Jurnal Ilmiah Potensia, (2019), Vol. 4 (2), 131-140.
Papalia, D.E. (2014). Menyelami Perkembangan Manusia. Jakarta: Salemba Humanika.
Profil Kesehatan Jawa Timur (2018). Pemantauan Perkembangan Anak Balita. Nursalam,
Rachmanto, Ferry. et al. (2022). Upaya Peningkatan Kreativitas Anak Usia Dini melalui Kegiatan Menggambar dan Mewarnai Tote Bag di Dusun Ngadirejo Wetan, Desa Pondok, Kecamatan Ngaditojo, Kabupaten Wonogiri. AgriHealt: Journal of Agri-food, Nutrition and Public Health. 3(1), 19-26. Doi: http://dx.doi.org/10.20961/agrihealth.v3i1.57306
Rizqia, M., Iskandar, W., Simangunsong, N., & Suyadi. (2019). Analisis psikomotorik halus siswa ditinjau dari keterampilan menggambar anak usia dasar SD. Al-Aulad: Journal of Islamic Primary Education, 2(2), 45-53.
Rohmadi, R. (2021). Upaya Peningkatan Kemampuan Gerak Motorik Melalui Permainan Lempar Tangkap Bola. Jurnal Ilmiah WUNY, 3(1), 37–50. https://doi.org/10.21831/jwuny.v3i1.40705
Saadah, Nur. et. Al. (2023). Meningkatkan Motorik Halus Anak Melalui Metode Mewarnai di Ra An-Nur. Jurnal Program Studi Pendidikan Anak Usia Dini. Volume 12, No 1, Juli.
Sari, Tiara Indah. Et.al. (2019). Meningkatkan Kemampuan Motorik Halus Anak Melalui Kegiatan Mewarnai pada Anak Kelompok B di TK Aisyiyah 2 Palembang. PERNIK Jurnal PAUD, Vol 2, No.2, September.
Seniwati. (2019). Meningkatkan Kemampuan Motorik Halus Anak Melalui Kegiatan Mewarnai Gambar Pada Kelompok B Tk Pgri 02 Padamara. Pandawa: Jurnal Pendidikan Dan Dakwah, 1(September), 129–140.
Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Word Health Organization. (2018) Perbedaan Perkembangan Motorik Kasar, Motorik Halus, Bahasa, Dan Personal Sosial Pada Anak Stunting Dan Non-Stunting. Jounal Of Nutritien Colloge Volume 5, Nomor 4, Tahun 2016 (Jilid 3), Halaman 412-418.
Yuliastutik, Erni. et.al. (2022). Upaya Meningkatkan Motorik Halus dengan Aktivitas Belajar Melalui Kegiatan Mewarnai Gambar pada Anak Usia Dini di KB. Mentari Bangkit Kelurahan Parteker Kecamatan Pamekasan Kabupaten Pamekasan Tahun Pelajaran 2021/2022. Conference of Elementary Studies.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 JECIE (Journal of Early Childhood and Inclusive Education)

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.