Analisis Buku Alfabet Fonik Terhadap Kemampuan Membaca Permulaan Anak Usia 4-5 Tahun
DOI:
https://doi.org/10.31537/jecie.v7i2.1324Keywords:
membaca permulaan, anak usia 4-5 tahun, buku alfabet fonikAbstract
Membaca permulaan merupakan hal yang penting dikenalkan sejak usia dini untuk kemampuan membaca lebih lanjut. Pada masa ini perkembangan otak anak berkembang begitu pesat. Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya kemampuan membaca permulaan anak usia 4-5 tahun di Kober Nurul Falah karena kurang variatifnya media yang digunakan. Salah satu media yang bisa digunakan untuk membantu membaca membaca permulaan anak yaitu dengan menggunakan media buku alfabet fonik. Buku alfabet fonik dapat memudahkan anak mengenal huruf dengan cara melihat gambar yang sesuai dengan nama awal huruf dan menyuarakan huruf dengan menirukan gambar bentuk mulut cara pengucapan huruf . Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis buku alfabet fonik terhadap kemampuan membaca permulaan anak usia 4-5 tahun di Kober Nurul Falah. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif melalui teknik observasi dan wawancara. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa anak-anak sangat senang bermain buku alfabet fonik dan buku ini efektif dalam membantu meningkatkan kemampuan membaca permulaan anak usia 4-5 tahun.
References
Abdussamad, Z (2021) Metode Penelitian Kualitatif . In Makassar: CV. Syakir Media Press
Alfionita, W. A. (2022) PENGEMBANGAN KEMAMPUAN MEMBACA MELALUI MEDIA BUKU ALFABET PADA ANAK USIA 5-6 TAHUN TK PERTIWI 2 KALORAN.
Aud, M. pembelajaran. (2018). Defenisi, Tujuan, Ciri, Dan Manfaat Media Pembelajaran Anak Usia Dini. 1–17.
Batubara, H. H. (2020naa). Media Pembelajaran Efektif - Google Books. In Fatawa Publishing (Issue October). https://www.google.co.id/books/edition/Media_Pembelajaran_Efektif/pBgJEAAAQBAJ?hl=en&gbpv=1&dq=video+pembelajaran&pg=PA166&printsec=frontcover
Dr. Masganti Sit, M. A. (2015). Psikologi Perkembangan Anak Usia Dini Edisi Pertama. In Yogyakarta: Gava Media.
Ganarsih, A. A., Hafidah, R., & Nurjanah, N. E. (2022). Jurnal Kumara Cendekia PROFIL KEMAMPUAN MEMBACA PERMULAAN ANAK USIA 4-5 TAHUN Perkembangan Bahasa Anak 4-5 reseptif , mengekspresikan bahasa , dan kemampuan membaca permulaan dalam penguasaan kode alfabetik pada tahap mengenal huruf. 10(3).
Gustiya, A. (2019). PENGEMBANGAN BUKU ALFABET SEBAGAI MEDIA PENGENALAN DALAM MENGEMBANGKAN KOGNITIF ANAK USIA DINI USIA 4-5 TAHUN DI TK ISLAMIYAH TANJUNG RAJA. ????, 8(5), 55.
Haryati (2015). Pengambangan Kemampuan Membaca Permulaan Melalui Metode Fonik pada Taman Kanak-Kanak Bhayangkari. Cahaya PAUD Edisi Oktober 2015. 2, 36–46.
Hasanah, L., & Nurhasanah, A. (2020). Kemampuan Membaca Permulaan Melalui Penggunaan Media Papan Flanel Anak Usia 4-5 Tahun. Jurnal Paud Agapedia, 2(1), 12–22. https://doi.org/10.17509/jpa.v2i1.24384
Herlina, E (2019). PP-issn?: 2549-3043 e-issn?: 2655-3201. Membaca Permulaan Untuk Anak Usia Dini Dalam Era Pendidikan 4.0. 5, 332–342.
Khadijah. (2015). Media Pembelajaran Anak Usia Dini . Perdana Pubhlising : Medan
Kristanto, A. (2016). Media Pembelajaran. Bintang Sutabaya, 1–129.
Lestariningrum, A. (2017). Buku PERENCANAAN PEMBELAJARAN AUD_ISBN_9786026135544.pdf. In Adjie Media Nusantara (pp. 1–107).
Masyithoh, S. (2016). Meningkatkan Kemampuan Membaca Permulaan Melalui media Balok Huruf Pada Kelompok B Tk Negeri Pembina Bantul. Jurnal Pendidikan Anak, 5(2). https://doi.org/10.21831/jpa.v5i2.12377
Putri, A. (2018). MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA MELALUI METODE FONIK DI TK AISYIYAH BUSTANUL ATHFAL TANJUNG BARULAK, KECAMATAN TANJUNG EMAS. Bitkom Research, 63(2), 1–3.
Rosalina, dkk. (2018). Pengembangan Media Buku Pop-Up Untuk Pembelajaran. Jurnal Peningkatan Kapasitas Hasil Penelitian Dan Pengabdian Kepada Masyarakat Menuju Revolusi Industri 4.0”, 3 (September), 1–4.
Salmiati dan Samsuri. (2018). Penerapan Media Flash Carddalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Permulaan Pada Anak Kelompok A Paud Di Kabupaten Aceh Besar. Buah Hati, Vol.5(2), 118–126. https://buahhati.stkipgetsempena.ac.id/?journal=home&page=article&op=view&path%5B%5D=64&path%5B%5D=55
Septiana, F (2021) METODE PEMBELAJARAN FONIK DALAM MEMBACA PERMULAAN MENURUT MARLYN JAGER ADAMS. Skripsi, Tarbiyah dan Keguruan.
Triana, M., dkk. (2020). Pengembangan Media Big Book Alfabet Untuk Memfasilitasi Kemampuan Mengenal Huruf Alfabet Anak Usia 4-5 Tahun. Jurnal Paud Agapedia, 4(1), 24–38. https://doi.org/10.17509/jpa.v4i1.27194
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 JECIE (Journal of Early Childhood and Inclusive Education)

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.