Analisis Buku Alfabet Fonik Terhadap Kemampuan Membaca Permulaan Anak Usia 4-5 Tahun

Authors

  • Silvia Regina Universitas Pendidikan Indonesia
  • Gilar Gandana Universitas Pendidikan Indonesia
  • Risbon Sianturi Universitas Pendidikan Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31537/jecie.v7i2.1324

Keywords:

membaca permulaan, anak usia 4-5 tahun, buku alfabet fonik

Abstract

Membaca permulaan merupakan hal yang penting dikenalkan sejak usia dini untuk kemampuan membaca lebih lanjut. Pada masa ini perkembangan otak anak berkembang begitu pesat. Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya kemampuan membaca permulaan anak usia 4-5 tahun di Kober Nurul Falah karena kurang variatifnya media yang digunakan. Salah satu media yang bisa digunakan untuk membantu membaca membaca permulaan anak yaitu dengan menggunakan media buku alfabet fonik. Buku alfabet fonik dapat memudahkan anak mengenal huruf dengan cara melihat gambar yang sesuai dengan nama awal huruf dan menyuarakan huruf dengan menirukan gambar bentuk mulut cara pengucapan huruf . Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis buku alfabet fonik terhadap kemampuan membaca permulaan anak usia 4-5 tahun di Kober Nurul Falah. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif melalui teknik observasi dan wawancara. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa anak-anak sangat senang bermain buku alfabet fonik dan buku ini efektif dalam membantu  meningkatkan kemampuan membaca permulaan anak usia 4-5 tahun.

References

Abdussamad, Z (2021) Metode Penelitian Kualitatif . In Makassar: CV. Syakir Media Press

Alfionita, W. A. (2022) PENGEMBANGAN KEMAMPUAN MEMBACA MELALUI MEDIA BUKU ALFABET PADA ANAK USIA 5-6 TAHUN TK PERTIWI 2 KALORAN.

Aud, M. pembelajaran. (2018). Defenisi, Tujuan, Ciri, Dan Manfaat Media Pembelajaran Anak Usia Dini. 1–17.

Batubara, H. H. (2020naa). Media Pembelajaran Efektif - Google Books. In Fatawa Publishing (Issue October). https://www.google.co.id/books/edition/Media_Pembelajaran_Efektif/pBgJEAAAQBAJ?hl=en&gbpv=1&dq=video+pembelajaran&pg=PA166&printsec=frontcover

Dr. Masganti Sit, M. A. (2015). Psikologi Perkembangan Anak Usia Dini Edisi Pertama. In Yogyakarta: Gava Media.

Ganarsih, A. A., Hafidah, R., & Nurjanah, N. E. (2022). Jurnal Kumara Cendekia PROFIL KEMAMPUAN MEMBACA PERMULAAN ANAK USIA 4-5 TAHUN Perkembangan Bahasa Anak 4-5 reseptif , mengekspresikan bahasa , dan kemampuan membaca permulaan dalam penguasaan kode alfabetik pada tahap mengenal huruf. 10(3).

Gustiya, A. (2019). PENGEMBANGAN BUKU ALFABET SEBAGAI MEDIA PENGENALAN DALAM MENGEMBANGKAN KOGNITIF ANAK USIA DINI USIA 4-5 TAHUN DI TK ISLAMIYAH TANJUNG RAJA. ????, 8(5), 55.

Haryati (2015). Pengambangan Kemampuan Membaca Permulaan Melalui Metode Fonik pada Taman Kanak-Kanak Bhayangkari. Cahaya PAUD Edisi Oktober 2015. 2, 36–46.

Hasanah, L., & Nurhasanah, A. (2020). Kemampuan Membaca Permulaan Melalui Penggunaan Media Papan Flanel Anak Usia 4-5 Tahun. Jurnal Paud Agapedia, 2(1), 12–22. https://doi.org/10.17509/jpa.v2i1.24384

Herlina, E (2019). PP-issn?: 2549-3043 e-issn?: 2655-3201. Membaca Permulaan Untuk Anak Usia Dini Dalam Era Pendidikan 4.0. 5, 332–342.

Khadijah. (2015). Media Pembelajaran Anak Usia Dini . Perdana Pubhlising : Medan

Kristanto, A. (2016). Media Pembelajaran. Bintang Sutabaya, 1–129.

Lestariningrum, A. (2017). Buku PERENCANAAN PEMBELAJARAN AUD_ISBN_9786026135544.pdf. In Adjie Media Nusantara (pp. 1–107).

Masyithoh, S. (2016). Meningkatkan Kemampuan Membaca Permulaan Melalui media Balok Huruf Pada Kelompok B Tk Negeri Pembina Bantul. Jurnal Pendidikan Anak, 5(2). https://doi.org/10.21831/jpa.v5i2.12377

Putri, A. (2018). MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA MELALUI METODE FONIK DI TK AISYIYAH BUSTANUL ATHFAL TANJUNG BARULAK, KECAMATAN TANJUNG EMAS. Bitkom Research, 63(2), 1–3.

Rosalina, dkk. (2018). Pengembangan Media Buku Pop-Up Untuk Pembelajaran. Jurnal Peningkatan Kapasitas Hasil Penelitian Dan Pengabdian Kepada Masyarakat Menuju Revolusi Industri 4.0”, 3 (September), 1–4.

Salmiati dan Samsuri. (2018). Penerapan Media Flash Carddalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Permulaan Pada Anak Kelompok A Paud Di Kabupaten Aceh Besar. Buah Hati, Vol.5(2), 118–126. https://buahhati.stkipgetsempena.ac.id/?journal=home&page=article&op=view&path%5B%5D=64&path%5B%5D=55

Septiana, F (2021) METODE PEMBELAJARAN FONIK DALAM MEMBACA PERMULAAN MENURUT MARLYN JAGER ADAMS. Skripsi, Tarbiyah dan Keguruan.

Triana, M., dkk. (2020). Pengembangan Media Big Book Alfabet Untuk Memfasilitasi Kemampuan Mengenal Huruf Alfabet Anak Usia 4-5 Tahun. Jurnal Paud Agapedia, 4(1), 24–38. https://doi.org/10.17509/jpa.v4i1.27194

Downloads

Published

2024-07-15

How to Cite

Regina, S. ., Gandana, G. ., & Sianturi, R. . (2024). Analisis Buku Alfabet Fonik Terhadap Kemampuan Membaca Permulaan Anak Usia 4-5 Tahun. JECIE (Journal of Early Childhood and Inclusive Education), 7(2), 340–347. https://doi.org/10.31537/jecie.v7i2.1324

Issue

Section

Articles