Permainan Mononilala untuk Memfasilitasi Nilai Islami pada Anak Usia Dini
DOI:
https://doi.org/10.31537/jecie.v7i2.1320Keywords:
Pengembangan permainan monopoli, Pengembangan media mononilala, Nilai islami pada anak usia dini, Metode Penelitian EDRAbstract
Pendidikan awal yang penting dalam perkembangan manusia dapat dilakukan dengan pendidikan anak usia dini, karena menandai periode luar biasa yang dikenal sebagai usia keemasan. Pada tahap ini, anak memiliki potensi perkembangan yang optimal dalam berbagai aspek, termasuk nilai moral dan agama. Sayangnya, di zaman modern ini, banyak anak yang mengalami kemerosotan nilai-nilai Islam, antara lain karena mereka tidak diajarkan nilai-nilai Islam sedini mungkin. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengembangkan media permainan Mononilala sebagai sarana dalam memfasilitasi nilai-nilai Islami pada anak dengan menerapkan model pengembangan EDR. Subyek penelitian meliputi dua orang ahli, terdiri dari ahli media dan ahli materi. Metode pengumpulan data dengan observasi, wawancara dan validasi. Adapun analisis dilakukan secara kombinasi, dengan analisis kualitatif dan kuantitatif. Hasil validitas media pengembangan adalah baik atau layak digunakan, sedangkan hasil validitas materi sangat baik. Secara khusus media permainan Mononilala layak untuk disampaikan dalam suatu pembelajaran, khususnya untuk mengajarkan nilai-nilai Islam pada anak usia dini.
References
Aidil, Saputra. (2018). Aidil Saputra: Pendidikan Anak pada Usia Dini |. Jurnal Ilmiah Pendidikan Agama Islam, 10(2), 209. Retrieved from https://core.ac.uk/download/pdf/228822655.pdf
Annisa Fatmalia. (2018). DAMPAK ERA MILENIAL TERHADAP PERILAKU ANAK USIA DINI Annisa Fatmalia. 180–185.
Cyntia, Anastasia Ade, Tegeh, I. Made, & Ujianti, Putu Rahayu. (2021). Media Pembelajaran Monopoli Berbasis Karakter Pada Anak Usia Dini. Jurnal Media Dan Teknologi Pendidikan, 1(2), 77–84. https://doi.org/10.23887/jmt.v1i2.39840
Farida, Siti. (2017). Pengelolaan Pembelajaran PAUD. Cetta: Jurnal Ilmu Pendidikan, 5(2), 189–200.
Rahman, Abd, Munandar, Sabhayati Asri, Fitriani, Andi, Karlina, Yuyun, & Yumriani. (2022). Pengertian Pendidikan, Ilmu Pendidikan dan Unsur-Unsur Pendidikan. Al Urwatul Wutsqa: Kajian Pendidikan Islam, 2(1), 1–8.
Sopany, Maria Ulfah. (2022). Pengembangan Media Geometri Putar (Getar) Untuk Memfasilitasi Kemampuan Mengenal Bentuk Geometri Pada Anak Usia Dini
Sumiyati. (2012). Urgensi Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) Sekarang dan Masa Depan. Jurnal Islamic Review, 1(2), 245–272.
Supriyanto, Didik. (2015). Perkembangan Nilai Agama dan Moral Anak dan Pendidikan Keagamaan Orangtua. 5. Retrieved from https://doaj.org/article/7d813ee5c722420e961de9fed531a2b0
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 JECIE (Journal of Early Childhood and Inclusive Education)

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.