Pendidikan Moral Pada Anak Usia Dini

Authors

  • Maghfira Haniefaty Tamimy Universitas Pendidikan Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31537/jecie.v7i2.1314

Keywords:

pendidikan, moral, perilaku

Abstract

Pelaksanaan pendidikan diharapkan bukan hanya untuk mencerdaskan anak dari aspek intelektual atau kognitif saja tetapi dapat mencerdaskan anak secara moral, sehingga anak memiliki perilaku dan tutur kata yang baik. Anak yang memiliki moral yang baik tidak dibentuk secara instan, akan tetapi perlu proses atau pembiasaan sehingga, pentingnya peran orangtua, guru dan lingkungan masyarakat membimbing dan memberikan contoh moral yang baik. Pendidikan moral anak usia dini untuk memberikan pengetahuan kepada anak untuk menanamkan ketuhanan, mengetahui perbuatan yang baik dan buruk, benar dan salah, budi pekerti luhur yang baik agar mencapai kedewasaan dan bertanggung jawab. Adapun metode penelitian yang digunakan adalah studi literatur. Data yang diperlukan dalam penyusunan karya tulis ilmiah ini berasal dari  berbagai literatur kepustakaan yang berkaitan dengan pembahasan yang dikaji. Adapun beberapa referensi yang digunakan adalah buku online, jurnal ilmiah edisi online, hasil penelitian dan artikel-artikel ilmiah yang bersumber dari internet. Jenis data yang diperoleh bersifat kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa pelaksanaan pendidikan moral anak usia dini sangat penting untuk memberikan kesadaran tentang moral sejak dini dan menjadi bekal sepanjang hidup anak dalam berinteraksi dengan lingkungan sekitarnya, perlunya pengawasan dari orang dewasa sekitar anak, supaya apa yang anak lakukan baik atau buruknya dapat terkontrol dengan optimal.

References

Aprily, N. M., Rizqi, A. M., & Purwati, P. (2021). Cageur Bageur Bener Pinter Singer: Filosofi Pengasuhan Sunda Dalam Pendidikan Karakter Di Raudhatul Athfal (Ra). JIV-Jurnal Ilmiah Visi, 16(1), 11-24.

Damayanti, D. (2022). Analisis Nilai-nilai Karakter dalam Kegiatan Nyaba Ka Lemburr di RA Al-Biruni Majalengka. Skripsi. Universitas Pendidikan Indonesia.

Gumilar, S. T. (2015). Analisis Nilai Moral Pada Tokoh Utama Réda dalam Film Le Grand Voyage (lgv) Karya Ismaël Ferroukhi (Doctoral dissertation, Universitas Pendidikan Indonesia).

Huliyah, M. (2016). Hakikat pendidikan anak usia dini. As-Sibyan: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 1(01), 60-71.

Istiqomah, L. (2020). Implementasi Budaya Religius dalam Mengembangkan Moralitas Siswa Melalui Hafalan Satu Hari Satu Ayat Juz’ama di MI Ma’arif Kadipaten Ponorogo (Doctoral dissertation, IAIN PONOROGO).

Kemendikbud. (2003). Undang-undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional.

Khaironi, M. (2017). Pendidikan Moral Pada Anak Usia Dini. Jurnal Golden Age, 1(01), 1-15.

Downloads

Published

2024-07-15

How to Cite

Tamimy, M. H. . (2024). Pendidikan Moral Pada Anak Usia Dini. JECIE (Journal of Early Childhood and Inclusive Education), 7(2), 326–330. https://doi.org/10.31537/jecie.v7i2.1314

Issue

Section

Articles