Persepsi Orang Tua Terhadap Pendidikan Seksual Untuk Anak Usia Dini
DOI:
https://doi.org/10.31537/jecie.v7i2.1311Keywords:
Persepsi, Orang Tua, Pendidikan Seksual, Anak Usia DiniAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeksripsikan pemahaman orang tua terhadap Pendidikan seks untuk anak usia dini serta peran orang tua terhadap penerapan pendidikan seks. Penelitian ini adalah penelitian fenomenologis dengan pendekatan kualitatif. Pemilihan informan penelitian dilakukan dengan purposive sampling. Pengumpulan data menggunakan metode wawancara untuk mengungkap pemahaman orang tua dalam pendidikan seks untuk anak usia dini. Wawancara yang dilakukan adalah wawancara semi terstruktur. Hasil penelitian : (1) Persepsi Orang Tua Terhadap Pendidikan Seks Untuk Anak Usia Dini, (2) Faktor-faktor yang mempengaruhi Persepsi Orang Tua terhadap Pendidikan Seks untuk Anak Usia Dini (3) Peran Orang tua dalam penerapan pendidikan seks pada anak usia dini yaitu (a) Memberikan pemahaman tentang seks kepada anak berdasarkan nilai agama serta nilai moral. (b) Beri rasa aman terhadap anak dengan adanya komunikasi yang hangat antar anggota keluarga, (c) Sesuaikan penjelasan mengenai seks dengan usia dan tingkatan pemahaman anak.
References
Zaenab,S (2014) Profesionalisme Guru PAUD Menuju NTB Bersaing Pengantar Manajemen Pendidikan Praktik, Teori, dan Aplikasi, Yogyakarta: Deepublish.
Ndari, S S , dkk (2019), Metode Pendidikan Seksualitas di Taman Kanak-kanak (Panduan Praktis untuk Melindungi Anak dari Kejahatan Seksual), Tasikmalaya: Edu Publisher.
Ratnasari, R. F., & Alias, M. (2016). Pentingnya pendidikan seks untuk anak usia dini. Tarbawi Khatulistiwa: Jurnal Pendidikan Islam, 2(2).
Brooks, J. (2011) The Processo of Parenting, Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Daryati , E dan Farida,A (2014) Parenting with Heart, Bandung: Kaifa PT. Mizan Pustaka.
El-Qudsy, H ( 2 0 1 2 ) Ketika Anak Bertanya Tentang Seks Panduan Islami bagi Orang Tua Mendampingi Anak Tumbuh Menjadi Dewasa, Solo: Tinta Medina, 2012.
Fahmi, 2016, Pendidikan seks anak usia dini di lingkungan keluarga, Jurnal Qathrunâ Vol. 3 No. 2.
Suherman, 2000, Buku Saku Perkembangan Anak, Jakarta: Penerbit EGC.
Morrison, G. S. (2018). Early Childhood Education Today (14th ed.). Boston: Pearson.
Smith, J. D., & Brown, K. L. (2019). The Effects of Play on Young Children's Cognitive Development. Early Childhood Research Quarterly, 49(1), 45-54.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 JECIE (Journal of Early Childhood and Inclusive Education)

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.