Upaya Meningkatkan Kemampuan Mengenal Angka Pada Anak Usia Dini Melalui Media Pembelajaran Busy Book

Authors

  • Lina Aulia Universitas Pendidikan Indonesia
  • Dindin Abdul Muiz Lidinillah Universitas Pendidikan Indonesia
  • Aini Loita Universitas Pendidikan Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31537/jecie.v7i2.1308

Keywords:

media pembelajaran, busy book, kognitif, mengenal angka, anak usia dini

Abstract

Dalam penelitian ini, peneliti melakukan upaya dalam membantu meningkatkan perkembangan kemampuan anak. Hal ini dilakukan sebab peneliti menemukan hal yang menarik perhatian peneliti yaitu  di sekolah PAUD Kober Bias Al-Badriyah yang berada di kabupaten Tasikmalaya terdapat 41,6% dari 100% anak yang kurang maksimal dalam mengenal angka, sehingga anak mengalami kesulitan dalam menggunakan angka untuk menjumlahkan dan menghitung. Sehingga peneliti memberikan upaya pembelajaran dengan menggunakan media busy book dengan tujuan dapat membantu  anak dalam perkembangan kemampuan mengenal angka dengan baik dan benar serta untuk mengetahui seberapa besar peningkatan kemampuan mengenal angka anak setelah diberikan perlakuan pembelajaran menggunakan media busy book. Penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif yang menggunakan pendekatan pre-eksperimen dengan jenis desain one group pre posttest design. Sampel dalam penelitian ini yaitu siswa kelompok B berjumlah 12 anak yang berusia 5-6. Teknik pengambilan data menggunakan tes kemampuan mengenal angka anak dari hasil kegiatan pembelajaran menggunakan media busy book. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknis analisis statistik deskriptif untuk mengetahui seberapa besar peningkatan kemampuan mengenal angka setelah anak diberikan perlakuan dengan bantuan program SPSS versi 21.

References

Amaris, D., & Marlina, S. (2018). Pengaruh Media Busy Book Terhadap Kemampuan Berhitung Anak Usia Dini di Taman Kanak-Kanak Fadhilah Amal 3 Padang. Jurnal Usia Dini, 4(2), 8–17.

Desmita. (2010). Psikologi Perkembangan Peserta Didik. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Dewi, F. (2020). Peran Tri Pusat Pendidikan Dalam Program Penguatan. Jurnal Kebijakan Pendidikan, 9(1), 10–23.

Kementerian Pendidikan Nasional No 137 (2014). Tentang Standar Nasional Pendidikan Anak Usia Dini.

Khadijah. (2016). Pengembangan Kognitif Anak Usia Dini. Medan: Perdana Publishing.

Santoso, A. (2017). Pendidikan Anak Usia Dini (Konsep Dan Teori). Jakarta: Bumi Aksara.

Sefriyanti, I. (2022). Pengaruh Kreativitas Guru Terhadap Kemampuan Kognitif Anak Usia 5-6Tahun Di RA Azzahra Lampung. Jurnal Pendidikan Anak, 11(1), 1–9.

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Sujiono, Y. N. (2013). Konsep Dasar Pedidikan Anak Usia Dini. Jakarta: PT. Indeks.

Downloads

Published

2024-07-15

How to Cite

Aulia, L. ., Lidinillah, D. A. M. ., & Loita, A. . (2024). Upaya Meningkatkan Kemampuan Mengenal Angka Pada Anak Usia Dini Melalui Media Pembelajaran Busy Book. JECIE (Journal of Early Childhood and Inclusive Education), 7(2), 299–304. https://doi.org/10.31537/jecie.v7i2.1308

Issue

Section

Articles