Penggunaan Media Flashcard untuk Pengembangan Kemampuan Perbendaharaan Kata pada Anak Usia 4-5 Tahun (Studi Eksperimen di Tk Islam Amal Sholeh Kota Tasikmalaya)

Authors

  • Neli Apriliani Universitas Pendidikan Indonesia
  • Sima Mulyadi Universitas Pendidikan Indonesia
  • Edi Hendri Mulyana Universitas Pendidikan Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31537/jecie.v7i2.1303

Keywords:

Flashcard, Pengembangan, Kemampuan, Perbendaharaan kata

Abstract

Anak merupakan anugerah dan titipan dari Tuhan Yang Maha Kuasa yang perlu dirawat, dijaga dan didik. Anak merupakan cikal bakal dari regenerasi keluarga dan aset sumber daya manusia yang kelak akan menentukan masa depan, sehingga perlu diberikan bekal berupa pengetahuan dan keterampilan melalui proses pendidikan.Oleh karena itu, Penelitian bertujuan untuk mengetahui penggunaan media flashcard untuk pengembangan kemampuan perbendaharaan kata pada anak usia 4-5 tahun. Maka dengan menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode penelitian eksperimen yaitu Pre-Eksperimen Design dengan tipe One-Group Pretest-Posttest Design. Penelitian ini diharapkan bisa memberikan fakta-fakta tentang penggunaan media flashcard untuk kemampuan perbendaharaan kata pada anak usia 4-5 tahun. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, pretest awal, dan dokumentasi. Dari data yang terkumpul kemudian di olah untuk disajikan sebagai data yang utuh. Manfaat dari penulisan ini adalah untuk menambahkan wawasan bagi para pembaca mengenai pentingnya  media pembelajaran dalam dunia pendidikan. Anak mampu menyebutkan kemampuan perbendaharan kata sederhana melalui media flashcard. Flashcard merupakan salah satu bentuk alat permainan edukatif (APE) yang menggunakan kartu, yang berisi gambar dan kata. Sehingga dengan menggunakan flashcard dapat membantu anak dalam memperbanyak perbendaharaan kata

References

Arsyad, A. (2013). Media pembelajaran. (Rev.ed). Jakarta : Raja grafindo Persada.

Hernawati, Tati. (2007). Pengembangan Kemampuan berbahasa dan berbicara anak tunarungu. Jurnal JASSI_anakku,7(1),1.9.

Hanisah, H. (2016 ). Efektivitas Penggunaan Media Kartu Bergambar (Flash Card) terhadap penegnalan kosakata Bahasa Arab pada Peserta Didik Kelas VII SMP Muhammadiyah Parepare. Universitas Islam Negeri Alauddin Makasar.

Utami, Y. S. (2020). Penggunaan Media Gambar Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa dalam Pembelajaran IPA. Jurnal Pendidikan dan Konseling, 2(1), 104-109.

Khusnyati, A. F., Masrukhi, M., & Haryadi, H. (2020). The Influence Of Total Physical Responese Method using Flash Card Toward English Vocabulary Mastery For early Childhood. Jurnal Of Primary education, 9 (2), 106-111

Pranowo, G. (2021). Pengembangan Media Flash Cards Untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca. Edudikara:Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, 6(2), 129-139. Https://Doi.Org/Https://doi.Org?10.32585/Edudikara.V6i2.240

Downloads

Published

2024-07-15

How to Cite

Apriliani, N. ., Mulyadi, S. ., & Mulyana, E. H. . (2024). Penggunaan Media Flashcard untuk Pengembangan Kemampuan Perbendaharaan Kata pada Anak Usia 4-5 Tahun (Studi Eksperimen di Tk Islam Amal Sholeh Kota Tasikmalaya) . JECIE (Journal of Early Childhood and Inclusive Education), 7(2), 295–298. https://doi.org/10.31537/jecie.v7i2.1303

Issue

Section

Articles