Permainan Berbasis Keterampilan Sains Sederhana untuk Pengenalan Sains pada Anak
DOI:
https://doi.org/10.31537/jecie.v7i2.1295Keywords:
Introduction to Science, Games, Basic Science Process SkillsAbstract
Artikel ini membahas tentang permainan berbasis keterampilan proses sains dasar dalam memperkenalkan sains pada anak. Adapaun yang menjadi komponen utama pada keterampilan proses sains dasar adalah mengamati, membandingkan, mengklasifikasi, megukur dan mengkomunikasikan. Serangkain kegiatan tersebut dipadukan dalam permainan penyelidikan tentang objek dan fenomena alam. Ada beberapa permainan berlandaskan keterampilan proses sains yang dapat diterapkan pada pengenalan sains anak diantaranya permainan detektif menuntuk kegiatan penyelidikan secara teliti menggunakan seluruh alat indera. Permainan ilmuan menjadikan anak sebagai seorang ilmuan yang sedang melakukan percobaan-percobaan untuk mengungkap fenomena alam dan menemukan suatu pengetahuan yang baru. Proses pembelajaran akan berlangsung lebih menarik, menyenangkan, interaktif sehingga anak akan telibat secara total dan antusias
References
Diana Mutiah. Psikilogi Bermain Anak Usia Dini, (Jakarta:Kencana Prenada Media Group, 2010). h.54
Laily Nur Aisiyah. Peningkatan Keterampilan Proses Sains Dasar dengan Pendekatan Open-Inquiry. Vol.6, No:1 h.14
Luluk Asmawati, Perencanaan Pembelajaran PAUD, 2014. h 62-63 dan h:79-80
Made Ayu Anggreni, Metode Bermain Untuk Mengembangkan Kcerdasan Anak Usia Dini. Jurnal. No: 18, April 2014.
Mirawati dan Rini Nugraha, Keterampilan Proses Sains Anak Usia Dini Melalui Aktivitas Berkebun. Jurnal Pendidikan. Vol: 1. No:1, 2017.
Sari, Y, Peningkatan Kemampuan Sains Anak Usia Dini melalui Metode Demostrasi di Taman Kanak-kanak Tri Bina Payakumbuh, Jurnal Pesona Paud. Vol:01 No:1, 2012. h.5.
Yuliani Nuraini Sujiono, Konsep Dasar Pendidikan Anak Usia Dini. (Jakarta: PT Indeks, 2009). h.122
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 JECIE (Journal of Early Childhood and Inclusive Education)

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.