Analisis Keterlambatan Bicara (Speech Delay) Pada Anak Usia Dini

Authors

  • Hana Syifatia Mulia Universitas Pendidikan Indonesia
  • Sima Mulyadi Universitas Pendidikan Indonesia
  • Elan Universitas Pendidikan Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31537/jecie.v7i2.1292

Keywords:

Perkembangan Anak, Bahasa, Kemampuan Bicara, Anak Usia Dini, Keterlambatan Bicara

Abstract

Keterlambatan bicara menjadi salah satu gangguan perkembangan bahasa yang sering di temukan pada anak. Dengan peneletian ini, penulis bertujuan untuk menganalisa gambaran umum anak dengan keterlambatan bicara, apa yang menjadi faktor penyebab anak mengalami  keterlambatan bicara, jenis - jenis dari speech delay serta upaya yang dapat dilakukan oleh orang tua dan pendidik dalam meningkatkan keterampilan bicara pada anak speech delay.  Pelitian kualitatif dengan metode studi kepustakaan digunakan dalam penelitian ini. Dengan sumber data merujuk pada buku, jurnal, maupun artikel yang berkaitan, menunjukan bahwa terdapat beberapa faktor penyebab speech delay diantara faktor kesehatan dan faktor lingkungan. Dalam upaya memberikan penanganan harus dilakukan secara berkelanjutan Hal ini dilakukan agar anak tetap mendapatkan penanganan yang tepat dalam meningkatkan kemampuan sesuai apa yang diharapkan.

References

Aulia, A., Rahma, A., & Hulwah, A. (2022). Strategi Guru dalam Meningkatkan Perkembangan Bahasa Anak Usia 5-6 Tahun Di TK Al-Kautsar. Ash-Shobiy: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini Dan Al-Qur’an, 1(1).

Azizah, U. (2017). Keterlambatan Bicara Dan Implikasinya Dalam Pembelajaran Anak Usia Dini. HIKMAH: Jurnal Pendidikan Islam, 6(2).

Istiqlal, A. (2021). Gangguan Keterlambatan Berbicara (Speech Delay) Pada Usia 6 Tahun.

Khairi, H. (2018). Karakteristik Perkembangan Anak Usia Dini Dari 0-6 Tahun. Junal Warna, 2(2).

Kurnia, L. (2020). Kondisi Emosional Anak Speech Delay Usia 6 Tahun di Sekolah Raudhatul Athfal Kecamatan Rangkasbitung Kabupaten Lebak. Jurnal Aksioma Al-Asas:Jurnal Islam Anak Usia Dini, 1(2), 70–85.

Mu’awwanah, U., & Supena, A. (2020). Peran Orang Tua dan Keluarga dalam Penanganan Anak dengan Gangguan Komunikasi. Jurnal Basicedu, 5(1), 227–238. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i1.620

Nurfadillah, S., Riswanti, C., Mufliha, D., & Solatun, S. (2022). Pendidikan Inklusi: Gangguan Keterlambatan Bicara (Speech Delay) Pada Siswa SDN Sukasari 5. TSAQOFAH: Jurnal Penelitian Guru Indonesia, 2(6). https://ejournal.yasin-alsys.org/index.php/tsaqofah

Downloads

Published

2024-07-15

How to Cite

Mulia, H. S. ., Mulyadi, S. ., & Elan, E. (2024). Analisis Keterlambatan Bicara (Speech Delay) Pada Anak Usia Dini. JECIE (Journal of Early Childhood and Inclusive Education), 7(2), 272–279. https://doi.org/10.31537/jecie.v7i2.1292

Issue

Section

Articles