Peningkatan Kemampuan Konsep Sains melalui Eksperimen Balon Ajaib di TK Adinda Desa Sukamukti
DOI:
https://doi.org/10.31537/jecie.v7i1.1289Keywords:
Kemampuan Konsep Sains, Games Sains, Eksperimen Balon AjaibAbstract
Konsep sains diperoleh melalui proses berpikir yang dipengaruhi oleh keterampilan proses dan sikap ilmiah. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan konsep sains anak usia dini melalui eksperimen permainan balon Ajaib. Metode penelitian menggunakan Penelitian tindakan kelas (PTK). Subjek penelitian anak usia 5-6 tahun di TK Adinda Desa Sukamukti. Hasil penelitian menunjukan bahwa terjadi peningkatan kemampuan konsep sains pada anak usia dini setelah diberikan eksperimen bola Ajaib. Anak mengeksplorasi pengetahuan secara mandiri dan ceria. Konsep sains muudah dipahami anak Ketika anak memiliki pengalaman nyata dalam bentuk eksperimen.
References
Purwaningsih, Esty. (2018). Mengenal Warna, Angka, Huruf, dan Bentuk pada Anak Usia Dini Melalui Animasi Interaktif. Jurnal Ilmu Pengetahuan dan Teknologi Komputer, 3(2), 203-211
Loro Wilis, Z. M. (2019) Upaya Mengembangkan Kemampuan Mengenal Warna Melalui Permainan Balon. Prosedding Seminar Nasional Pendidikan STKIP Kusuma Negara (pp. 1-10)
Chintia. Suhardjonto, Djoko. Sari, Yani Priatna. (2020). Kegiatan Berkreasi dengan Seni dan Kimia sela COVID-19 di Kampung Panggung Rejo Jebres Solo. Jurnal Pengabdia Kepada Masyarakat, 4(2), 42-49
Nisa Zuliyana Afriani, G. B. (2022). Identifikasi Alat Permainan Edukatif (Ape) Dalam Mengembangkan Sains Sederhana Pada Anak Usia Dini Di Kecamatan Pringgabaya Kabupaten Lombok Timur. Journal Of Classroom Action Research, 4(1), 15-20
Melyati. Muwarti, Silvi. (2022). Edukasi Sains Melalui Eksperimen Sederhana Pengaruh Konsentrasi Terhadap Laju Reaksi Guna Meningkatkan Rasa Ingin Tahun Siswa. UIN Raden Fatah Palembang. 272-280
U Apriani, N. S. (2020). Identifikasi Capaian Kemampuan Konsep Sains Sederhana Anak Usia 5-6 Tahun Gugus 1 Desa Pesa Kecamatan Wawo Kabupaten Bima Tahun 2020/2021. Indonesian Journal Of Elementary And Childhood Education, 1(4), 163-166.
Anita Roslina Simanjuntak, J. K. (2023). Pembelajaran Sains Anak Usia Dini Melalui Metode Eksperimen. Community Development Journal, 4(2), 20782083.
Izzuddin, A. (2021). Upaya Mengembangkan Kemampuan Kognitif Anak Usia Dini Melalui Media Pembelajaran Sains. Edisi : Jurnal Edukasi Dan Sains, 3(3), 542-557.
Yunita Arian Sani Anwar, S. W. (2019). Isolasi Enzim Dari Bahan Alam Untuk Meningkatkan Sikap Siswa Terhadap Kimia Di Kota Mataram. Jurnal Pendidikan Dan Pengabdian Masyarakat, 2(3), 391-396.
Edukasi Sains Melalui Eksperimen Sederhana Pengaruh Konsentrasi Terhadap Laju Reaksi Guna Meningkatkan Rasa Ingin Tahu Siswa. (22). Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Kimia 2022 “Desain Merdeka Belajar Dalam Pendidikan Kimia Dan Inovasi Pembelajaran Pasca Pandemi Covid-19” (Pp. 272280). Palembang: 2prodi Pendidikan Kimia, Fakultas Ilmu Tarbiyah Dan Keguruan Uin Raden Fatah
Yulia Fitri, R. (2019). Pengaruh Permainan Train Ballon Terhadap Perkembangan Sosial Anak Usia Dini Di Tk Aisyiyah Vi Ulak Karang, Padang. Indonesian Journal Of Islamic Early Childhood Education, 4(1), 43-50.
Herawati Susilo, H. C. (2011). Penelitian Tindakan Kelas Sebagai Sarana Pengembangan Keprofesionalan Guru Dan Calon Guru. Malang: Bayumedia Publishing.
Abubakar, Rifai. (2021). Pengantar Metodologi Penelitian.Yogyakarta: SUKA-Press UIN Sunan Kalijaga
Hikmawati, Fenti. (2019). Metodologi Penelitian. Depok: PT Rajagrafindo Persada
B Astini, N. N. (2022). Pemetaan Alat Permainan Edukatif Indoor Dan Outdoor
Dalam Menunjang Aspek Perkembangan Fisik Motorik Di Taman Kanakkanak Kecamatan Praya Kabupatenlombok Tengah. Indonesia Journal Of Elementary And Childhood Education, 3(1), 409-416.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 JECIE (Journal of Early Childhood and Inclusive Education)

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.