Meningkatkan Keterampilan Proses Sains Melalui Game Sains Telepon Gelas Plastik pada Kelompok Belajar Usia 5-6 tahun di PAUD Tulip Desa Maroko
DOI:
https://doi.org/10.31537/jecie.v7i1.1288Keywords:
Pembelajaran Sains; Keterampilan Proses Sains; Games Sains; Telepon Gelas PlastikAbstract
Pembelajaran sains yang tepat akan mengembangkan kemampuan berfikir logis dalam meningkatkan keterampilan proses sains anak. Keterampilan proses sains dapat dikembangkan melalui game sains. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan proses anak di PAUD Tulip Desa Maroko. Penelitian ini menggunakan pendekatan tindakan kelas (PTK) dengan subjek penelitian anak usia dini 5-6 tahun di PAUD Tulip Desa Maroko. Data hasil belajar anak secara kelompok dari kedua siklus dianalisis berdasarkan aspek yang dinilai. Hasil penelitian menunjukan bahwa terdapat peningkatan kemampuan proses sains pada anak usia dini setelah melakukan game membuat telepon gelas plastik.
References
Anik Setyowati, D. P. (2021). Peningkatan Kemampuan Problem Solving Melalui Metode Stem Di Kb Anggrek Kabupaten Ngawi. Jurnal Pelita PAUD, 5(2), 193-203.
D. Fitriani, H. F. (2019). Media Belajar Big Book dalam Mengembangkan Kemampuan Berbahasa Reseptif Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(1), 237-246.
Fitriani, I. R. (2022). MENINGKATKAN KETERAMPILAN PROSES DAN KETERAMPILAN SIKAP MELALUI GAMES SAINS. Jurnal Pemikiran dan Penelitian Islam Anak Usia Dini, 4(2), 284-291.
MENINGKATKAN KETERAMPILAN PROSES DAN KETERAMPILAN SIKAP MELALUI GAMES SAINS. (2022). Pelangi : Jurnal Pemikiran dan Penelitian Pendidikan Islam Anak, 4(2), 284-292.
Nufus, S. A. (2022). Meningkatkan Keterampilan Proses Sains Anak Usia 4-5 Tahun ampilan Proses Sains Anak Usia 4-5 Tahun. Jurnal PAUD Agapedia, 6(1), 59-70.
R. Dwi, A. C. (t.thn.). Pendidikan Anak Usia Dini dan Pengaruh Media Puzzle Terhadap Kemampuan Anak Mengenal Angka (1-10) pada Anak Usia 4-5 Tahun Di TK Nusa Indah Desa Gumuksari Kecamatan Kalisat Kabupaten Jember. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 1(1), 32-45.
Umi Ilhafa, N. I. (2022). Analisis Pelaksanaan Pembelajaran Sains Dalam Kemampuan Berpikir Kritis Anak Usia 5-6 Tahun. Indonesian Journal of Instructional Technology, 3(2), 36-42.
Wardhani, Y. S. (2021). Pengaruh Permainan Berupa Problematika Sains Terhadap Keterampilan Proses Sains Anak Usia 5-6 Tahun. Journal of Practice Learning and Educational Development, 1(4), 167-170.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 JECIE (Journal of Early Childhood and Inclusive Education)

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.