Perancangan Multimedia Interaktif untuk Memfasilitasi Keterampilan Saintifik Anak Usia Dini

Authors

  • Devi Fitriani Universitas Pendidikan Indonesia
  • Risbon Sianturi Universitas Pendidikan Indonesia
  • Edi Hendri Mulyana Universitas Pendidikan Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31537/jecie.v7i1.1282

Keywords:

Multimedia Interaktif, Keterampilan Saintifik, Anak Usia Dini

Abstract

Perkembangan teknologi yang pesat menuntut guru untuk dapat menggunakan teknologi dalam proses pembelajaran. Salah satu penerapan teknologi dalam proses pembelajaran yaitu dengan penggunaan multimedia interaktif. Melalui multimedia interaktif, proses pembelajaran menjadi lebih bermakna, menyenangkan, dan menarik bagi anak sehingga anak dapat terlibat aktif secara dalam pembelajaran. Tujuan penelitian ini adalah untuk membuat multimedia interaktif yang dapat menunjang proses pembelajaran sains sehingga dapat memfasilitasi keterampilan saintifik anak usia 5-6 tahun. Metode penelitian ini mengacu pada metode SDLC (System Development Life Cycle) yang menggambarkan pengembangan aplikasi dan sesuai dengan alur pembuatan aplikasi. Multimedia interaktif ini dikembangkan menggunakan aplikasi Articulate Storyline 3 dengan judul Heyho Kids, dengan isi konten kegiatan-kegiatan menjaga kebersihan diri yang terdiri dari kegiatan mandi, gosok gigi, mencuci tangan, memotong kuku, dan memakai pakaian bersih. Multimedia ini juga dilengkapi dengan evaluasi materi berupa game. Keterampilan saintifik yang difokuskan pada multimedia ini yaitu keterampilan proses dasar mengamati, menginterpretasi dan mengklasifikasi. Penggunaan multimedia interaktif ini diharapkan dapat menunjang proses pembelajaran yang meningkatkan keterampilan saintifik anak serta membantu guru untuk lebih memahami menggunakan teknologi dalam proses pembelajaran.

References

Bakr, A. F., El Sayad, Z. T., & Thomas, S. M. S. (2018). Virtual reality as a tool for children’s participation in kindergarten design process. Alexandria Engineering Journal, 57(4), 3851–3861. https://doi.org/10.1016/j.aej.2018.10.003

Febrialismanto, & Nur, H. (2020). Hubungan Aktivitas Penggunaan Teknologi dengan Memilih TIK Untuk Pengembangan Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(2), 28–38. https://doi.org/10.31849/paud-lectura.v3i02.3886

Fikri, H., & Madona, A. S. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Multimedia Interaktif. Samudra Biru.

Hidayat, A., & Nur, M. (2022). Game Animasi Animal Karambol Berbasis Aplikasi Android untuk Meningkatkan Pengetahuan Sains pada Anak. Jurnal Obsesi?: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(6), 5863–5872. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i6.3277

Karlina, I., Kurniah, N., & Ardina, M. (2018). Media Berbasis Information and Communication Technology (ICT) dalam Pembelajaran Sains pada Anak Usia Dini. Jurnal Ilmiah Potensia, 3(2), 24–35.

Koehler, M. J., & Mishra, P. (2009). What Is Technological Pedagogical Content Knowledge? Contemporary Issues in Technology and Teacher Education, 9(1), 60–70. https://www.researchgate.net/publication/241616400

Munawaroh, H., Widiyani, A. Y. E., & Muntaqo, R. (2020). Pengembangan Multimedia Interaktif Tema Alam Semesta pada Anak Usia 4-6 Tahun. Jurnal Obsesi?: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 1164–1172. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i2.619

Pramana, C. (2020). Pembelajaran Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) Dimasa Pandemi Covid-19. Indonesian Journal of Early Childhood: Jurnal Dunia Anak Usia Dini, 2(2), 115. https://doi.org/10.35473/ijec.v2i2.557

Rasmani, U. E. E., Wahyuningsih, S., Nurjanah, N. E., Jumiatmoko, J., Widiastuti, Y. K. W., & Agustina, P. (2023). Multimedia Pembelajaran Interaktif untuk Guru PAUD. Jurnal Obsesi?: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7(1), 10–16. https://doi.org/10.31004/obsesi.v7i1.3480

Rupnidah, R., & Suryana, D. (2022). Media Pembelajaran Anak Usia Dini. Jurnal PAUD Agapedia, 6(1), 49–58. https://doi.org/10.17509/jpa.v6i1.48199

Sriwarthini, N. L. P. N., Rachmayani, I., & Sativa, F. E. (2022). Analisis Implementasi Pendekatan Saintifik dalam Meningkatkan Keterampilan Proses Sains Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 4(6), 4044–4050. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.8849

Suparmi, Yunianto, M., & Kusumandari. (2021). Pengenalan Sains Sejak Dini melalui IT dan Alat Peraga bagi Guru PAUD dan TK Kecamatan Polokarto. SEMAR: Jurnal Ilmu Pengetahuan, Teknologi, Dan Seni Bagi Masyarakat, 10(2), 131–137. https://jurnal.uns.ac.id/jurnal-semar

Syaodih, E., Kurniawati, L., Handayani, H., & Setiawan, D. (2021). Pelatihan Sains Kreatif pada Guru Pendidikan Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi?: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 1854–1859. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i2.771

Trundle, K. C., & Sackes, M. (2015). Research in Early Childhood Science Education. Springer. https://doi.org/10.1007/978-94-017-9505-0

Wihardjo, R. S. D. (2020). Model Pendidikan Sains Berbasis Pengenalan Lingkungan Bagi Anak Usia Dini (S. Ramadhan, Ed.; Pertama). CV. AA. RIZKY.

Winarni, D. S. (2017). Analisis Kesulitan Guru Paud dalam Membelajarakan IPA pada Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Sains & Matematika, 5(1), 12–22.

Downloads

Published

2023-12-21

How to Cite

Fitriani, D. ., Sianturi, R. ., & Mulyana, E. H. . (2023). Perancangan Multimedia Interaktif untuk Memfasilitasi Keterampilan Saintifik Anak Usia Dini. JECIE (Journal of Early Childhood and Inclusive Education), 7(1), 156–162. https://doi.org/10.31537/jecie.v7i1.1282

Issue

Section

Articles