Analisis Kecerdasan Emosional Anak Usia Dini pada Permainan Tradisional Sunda
DOI:
https://doi.org/10.31537/jecie.v7i1.1268Keywords:
emosional, kecerdasan, permainan, tradisional, AUDAbstract
Kecerdasan emosional menjadi sangat penting dalam kehidupan seseorang , namun disayangkan masih banyak yang tidak sadar akan akan hal itu dan hanya focus pada kecerdasan intelektual saja, sehingga banyak sekali orang dengan kecerdasan intelektual yang tinggi namun kesulitan untuk memahami diri sendiri sehingga menyebabkan masalah pada kehidupan sosialnya. Kecerdasan emoisonal dapat distimulasi sejak dini dengan cara permainan yang disenangi anak-anak seperti permainan tradisional, dalam beberapa penelitian permainan tradisional memiliki banyak manfaat, namun dengan perkembangan zaman yang semakin maju, permainan tradisional mulai ditinggal kan dan beralih ke permainan modern dimana anak hanya perlu duduk diam tanpa harus banyak bergerak dan tempat yang luas. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui bagaimana permainan tradisional yang dimainkan anak usia dini dapat menstimulus kecerdasan emosional. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah studi literatur dimana peneliti berusaha untuk menggambarkan penelitian yang pernah dilakukan dan mengamati bagaimana permainan tradisional dapat memengaruhi kecerdasan emosional anak usia dini
References
Afrianti, N. (2014). Permainan Tradisional, Alternatif Media Pengembangan Kompetensi Sosial-Emosi Anak Usia Dini. Cakrawala Dini, 5(1), 1–12.
Asrandini, N., & Budiyani, K. (2013). Perbedaan Kecerdasan Emosi Antara Remaja Yang Mengikuti Aktivitas Bermain Gamelan Dengan Remaja Yang Tidak Mengikuti Aktivitas Bermain Gamelan. Jurnal Psikologi Integratif, 1(1), 72–83.
Chairunnisa, N. F., Zultiar, I., & Hurri, I. (2019). Efektivitas Permainan Tradisional Dalam Mengembangkan Kecerdasan Interpersonal Anak Usia Dini 5-6 Tahun Di Tk Islam Al-Fauza Tahun Ajaran 2018-2019. Jurnal Utile, 5(2), 153–159.
Dermawan, W., Purnama, C., & Mahyudin, E. (2020). Penguatan “Kaulinan Barudak Sunda” sebagai permainan tradisional di Kecamatan Jatinangor. Jurnal Pendidikan Danpemberdayaan Masyarakat, 7(1), 1–15.
Goleman, D. (2022). Emotional Intelligence. Gramedia Pustaka Utama.
HM, E. M. (2016). Mengelola Kecerdasan Emosi. Tadrib, 2(2), 1–16.
Khaironi, M. (2018). Perkembangan Anak Usia Dini. Jurnal Golden Age Hamzanwadi University, 3(1), 1–12.
Lestari, W. I., & Nurfirdaus, N. (2020). Implementasi Permainan Tradisional dalam Mengembangkan Kecerdasan Emosional (Studi Kasus di SD Negeri 2 Kalapagunung). Jurnal Lensa Pendas, 5(2), 8–14.
Lindawati, Y. I. (2019). Faktor-Faktor Penyebab Eksistensi Permainan Tradisional di Desa Nyangkringan. Hermeneutika: Jurnal Hermeneutika, 5(1), 13–24.
Lubis, M. Y. (2019). Mengembangkan Sosial Emosional Anak Usia Dini Melalui Bermain. Generasi Emas: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 2(1), 47–58.
Maitrianti, C. (2021). Hubungan Antara Kecerdasan Intrapersonal Dengan Kecerdasan Emosional. Jurnal MUDARRISUNA: Media Kajian Pendidikan Agama Islam, 11(2), 291–305.
Ningsih, Y. R. Al. (2021). Manfaat Permainan Tradisional Bola Bekelterhadap Perkembangan Anak Usia Dini. JPP PAUD FKIP Untirta, 8(1), 69–76.
Nursasih, I. D., Rohendi, A., & Erlina, T. (2022). Efektivitas Nilai-Nilai Karakter Dalam Permainan Gobak Sodor Terhadap Kecerdasan Emosional. Jurnal Wahana Pendidikan, 9(2), 195–202.
Ramdani, Z., Fitriani, R., & Adawiyah, R. (2021). Penerapan Permainan Tradisional Bakiak Ular Tangga Untuk Menstimulasi Perkembangan Sosial Emosional Anak. Jurnal Golden Age, 5(2), 1–14.
Sabaria, R. (2020). Cingciripit: Permainan Anak-Anak Sunda dalam Pembelajaran Tari. Gondang Jurnal Seni Dan Budaya, 4(1), 69–79. https://doi.org/https://doi.org/10.24114/gondang.v4i1.18039
Saleh, Y. T., Nugraha, M. F., & Nurfitriani, M. (2017). Model Permainan Tradisional “Boy-Boyan” Untuk Meningkatkan Perkembangan Sosial Anak SD. ELSE (Elementary School Education Journal): Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Sekolah Dasar, 1(2), 127–138.
Satriani, M. (2013). Permainan Tradisional Berbasis Budaya Sunda Sebagai Sarana Stimulasi Perkembangan Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Usia Dini, 7(1), 65–84.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 JECIE (Journal of Early Childhood and Inclusive Education)

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.