Media Flip Book Digital untuk Mengembangkan Kemampuan Bahasa Anak Usia Dini
DOI:
https://doi.org/10.31537/jecie.v7i1.1255Keywords:
Early childhood, Language skill, Language, Digital Flipbooks, Instructional MediaAbstract
Artikel ini didasarkan pada pentingnya meningkatkan perkembangan bahasa anak di usia dini. Stimulasi yang dapat dilakukan melalui kegiatan, seperti menggunakan media digital yang menarik bagi anak-anak, seperti buku flip, dapat membantu perkembangan bahasa anak. Guru harus membuat anak merasa terpenuhi kebutuhannya. Ini berarti mereka harus memenuhi kebutuhan anak untuk mengembangkan kemampuan bahasanya, mengeluarkan pendapatnya, dan bersosialisasi dengan temannya. Dalam penelitian ini menggunakan metode kajian pustaka digunakan untuk mengumpulkan data dan informasi ilmiah yang mencakup teori, metode, pendekatan, catatan, naskah, rekaman sejarah, dokumen, dan sumber lain yang dapat ditemukan di perpustakaan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan media flip book digital sangat efektif untuk meningkatkan kemampuan bahasa anak usia dini. Kegiatan pembelajaran dengan media berbasis digital seperti flip book akan meningkatkan minat anak dalam belajar dan merupakan bentuk inovasi dan upaya untuk membuat pembelajaran yang lebih bervariasi dan menyenangkan. Anak-anak akan terlibat langsung dalam kegiatan pembelajaran dengan menggunakan media flip book digital untuk menciptakan pengalaman pembelajaran yang lebih menarik.
References
Fuadah, M., Rizki Tiara, D., & Pratiwi, E. (2022). Pengaruh Dongeng Digital dalam Meningkatkan Keterampilan Menyimak Anak Usia 5 – 6 tahun. Jurnal Pelita PAUD, 6(2), 301–309. https://doi.org/10.33222/pelitapaud.v6i2.1974
Husna, A., & Eliza, D. (2021). Strategi Perkembangan dan Indikator Pencapaian Bahasa Reseptif dan Bahasa Ekspresif pada Anak Usia Dini. Jurnal Family Education, 1(4), 38–46. https://doi.org/10.24036/jfe.v1i4.21
Isna, A. (2019). Perkembangan bahasa anak usia dini. 2(2), 62–69.
Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan. (2014). Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 146 tentang Kurikulum 2013 PAUD. Kemendikbud Pendidikan Anak Usia Dini, 2025(1679), 1–67. https://repositori.kemdikbud.go.id/12861/1/permendikbud_tahun2014_nomor146.pdf
Kusumaning Ayu, R. F., Puspita Sari, S., Yunarti Setiawan, B., & Khoirul Fitriyah, F. (2019). Meningkatkan Kemampuan Berbahasa Daerah Melalui Cerita Rakyat Digital pada Siswa Sekolah Dasar: Sebuah Studi Pengembangan. Child Education Journal, 1(2), 65–72. https://doi.org/10.33086/cej.v1i2.1356
Rahayu, P. (2019). Pengaruh Era Digital Terhadap Perkembangan Bahasa Anak. Al-Fathin: Jurnal Bahasa Dan Sastra Arab, 2(1), 47. https://doi.org/10.32332/al-fathin.v2i2.1423
Robert, B., & Brown, E. B. (2004). Upaya Meningkatkan Kemampuan Bahasa Anak Melalui Media Cerita Gambar: Tarbiyahal Aulad. https://riset-iaid.net/index.php/ta/article/view/113. 1, 1–14.
Singh, P. K. P., & Hashim, H. (2020). Using Jazz Chants to Increase Vocabulary Power among ESL Young Learners. Creative Education, 11(03), 262–274. https://doi.org/10.4236/ce.2020.113020
Suyanto, S. (n.d.). Pendidikan Karakter untuk Anak Usia Dini.
Tatminingsih, S. (2016). Hakikat Anak Usia Dini. Perkembangan Dan Konsep Dasar Pengembangan Anak Usia Dini, 1, 1–65.
Yulaika, N. F., Harti, & Sakti, N. C. (2020). Pengembangan Bahan Ajar Elektronik Berbasis Flip Book Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik. Jurnal Pendidikan Ekonomi, Manajemen Dan Keuangan, 4(1), 67–76. https://doi.org/10.26740/jpeka.v4n1.p67-76
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 JECIE (Journal of Early Childhood and Inclusive Education)

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.