Pembuatan Karya Inovatif Alat Peraga Flanel Kreatif di TK Negeri Karangsari Kota Blitar

Authors

  • Ismiyati TK Negeri Karangsari 1 Kota Blitar

DOI:

https://doi.org/10.31537/jecie.v6i2.1228

Keywords:

Alat Peraga, flanel kreatif, Pengalaman Belajar, meningkatkan konsentrasi anak

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui cara membuat alat peraga flanel kreatif. Alat peraga flanel kreatif ini dirancang untuk memberikan pengalaman belajar yang meliputi berbagai aspek pengembangan diri dan bisa menarik minat belajar anak. Sehingga dapat dikategorikan sebagai permainan edu katif. Alat Permainan Edukatif dengan nama flanel kreatif ini permainan ini dibuat berbentuk persegi panjang dimana digunakan berbagai bidang pengembangan. Dengan alat peraga Flanel Kreatif anak – anak akan lebih tertarik untuk bermain. Penggunaan alat peraga flanel kreatif ini diharapkan dapat memberi wacana baru pada proses pembelajaran anak; meningkatkan kreativitas dan prestasi belajar pada anak didik; kegiatan pembelajaran lebih efektif dan efisien karena suasana senang dengan alat peraga yang menarik; membangkitkan minat dan rasa keingintahuan pada anak; anak lebih mudah menerima materi yang disampaikan oleh guru; mendorong guru menjadi lebih inovatif dan kreatif dalam membuat dan mengembangkan alat pendidikan edukatif, kreatif dan inovatif di PAUD /TK; dan pemanfaatan barang – barang bekas menjadi barang yang lebih berguna. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan diketahui bahwa alat peraga flanel kreatif mampu meningkatkan konsentrasi anak dalam belajar, mengembangkan kognitif dan motorik pada anak di TK Negeri Karangsari Kota Blitar.

References

Daryanto. (2010). Media Pembelajaran: Peranannya Sangat Penting dalam Mencapai Tujuan, Yogyakarta: Gava Media.

Depdikbud. (1996). Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka

Depdiknas. (2007). Pedoman permainan berhitung permulaan di Taman Kanak-Kanak. Jakarta: Depdiknas Direktorat Pembinaan TK dan SD.

Hamalik, Oemar. (1994). Media Pendidikan. Bandung: PT. Cittra Aditya Bakti.

Mansyur. (2009). Pendidikan Anak Usia Dini Dalam Islam. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Riany, A. (2009). Alat Permainan Edukatif Lingkungan Sekitar untuk Anak Usia 0-1 Tahun. Bandung: Sandiarta Sukses.

Sanjaya, Wina. (2006). Strategi pembelajaran. Jakarta: Musa Indah.

Sudjana, N. (2009). Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Zaman, B., et al. (2009). Media dan Sumber Belajar. Jakarta: Universitas Terbuka.

Downloads

Published

2023-07-14

How to Cite

Ismiyati, I. (2023). Pembuatan Karya Inovatif Alat Peraga Flanel Kreatif di TK Negeri Karangsari Kota Blitar. JECIE (Journal of Early Childhood and Inclusive Education), 6(2), 263–268. https://doi.org/10.31537/jecie.v6i2.1228

Issue

Section

Articles