Membentuk Karakter Disiplin Melalui Permainan Tradisional

Authors

  • Elan Universitas Pendidikan Indonesia
  • Gilar Gandana Universitas Pendidikan Indonesia
  • Asri Ashari Universitas Pendidikan Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31537/jecie.v7i1.1227

Keywords:

Character, disciline, play, game, traditional games

Abstract

Berbagai macam metode yang dapat dilakukan untuk untuk emnanamkan nilai karakter kepada anak, salah satunya yaitu dapat dilakukan melalui metode bermain. Permainan tradisional merupakan salah satu bentuk alternatif yang dapat dijadikan sebagai metode khusus dalam menanamkan nilai karakter kepada anak usia dini. Metode yang digunakan dalam penulisan ini menggunakan studi kepustakaan, adapun teknik pengumpulan data yang menghimpun data atau sumber melalui berbagai berbagai kepustakaan seperti, buku, jurnal, artikel, dan sumber lainnya. Teknik analisis data yang dilakukan adalah teknik analisis deskriptif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa permainan tradisional mengandung nilai-nilai yang positif dan bermanfaat terhadap perkembangan anak salahsatunya mengandung nilai karakter disiplin. Dengan demikian untuk membentuk karakter disiplin pada anak dapat dilakukan melalui permainan tradisional.

References

Anatasya, E., Rafifah, T., Rustini, T., & Wahyuningsih, Y. (2023). Implementasi Pendidikan Berbasis Permainan Tradisional dalam Membentuk Karakter Anak di Sekolah Dasar. Journal on Education, 5(3), 6063–6072. https://doi.org/10.31004/joe.v5i3.1372

Helvana, N., & Hidayat, S. (2020). Permainan Tradisional untuk Menumbuhkan Karakter Anak. PEDADIDAKTIKA: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 7(2), 253–260. https://doi.org/10.17509/pedadidaktika.v7i2.25623

Husain, R. I., & Walangadi, H. (2020). Permainan Tradisional Gorontalo dalam Menumbuhkan Nilai-Nilai Karakter Anak. Jurnal Obsesi?: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 1352–1358. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i2.839

Ilmi Sabrina Khoirunnisa. (2021). Membentuk Karakter Anak Usia Dini Melalui Permainan Tradisional. JECED?: Journal of Early Childhood Education and Development, 3(2), 77–83. https://doi.org/10.15642/jeced.v3i2.960

Maghfiroh, Y. (2020). Peran Permainan Tradisional dalam Membentuk Karakter Anak Usia 4-6 Tahun. Jurnal Pendidikan Anak, 6(1), 01–09. https://doi.org/10.23960/jpa.v6n2.20861

Prasanti, D., & Fitrianti, D. R. (2018). Pembentukan Karakter Anak Usia Dini: Keluarga, Sekolah, Dan Komunitas. Pembentukan Anak Usia Dini?: Keluarga, Sekolah, Dan Komunitas, 2(1), 15.

Prasetya, Y., & SARMINI, S. (2022). Permainan Tradisional sebagai Sumber Nilai Karakter Bagi Anak di Kelurahan Simokerto Surabaya. Kajian Moral Dan Kewarganegaraan, 11(1), 272–288. https://doi.org/10.26740/kmkn.v11n1.p272-288

Prima, E., & Lestari, P. I. (2021). Pengaruh Implementasi Permainan Tradisional Terhadap Perilaku Prososial Anak Usia Dini. Sintesa, 7(3), 173–180. https://doi.org/10.31004/obsesi.v7i3.3

Downloads

Published

2023-12-21

How to Cite

Elan, E., Gandana, G. ., & Ashari, A. . (2023). Membentuk Karakter Disiplin Melalui Permainan Tradisional. JECIE (Journal of Early Childhood and Inclusive Education), 7(1), 102–108. https://doi.org/10.31537/jecie.v7i1.1227

Issue

Section

Articles