Strategi Implementasi Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila di PAUD

Authors

  • Nova Eko Hidayanto Universitas PGRI Argopuro Jember
  • Hariyanto Universitas PGRI Argopuro Jember
  • H.B.A Jayawardana Universitas PGRI Argopuro Jember

DOI:

https://doi.org/10.31537/jecie.v6i2.1226

Keywords:

proyek penguatan profil pelajar Pancasila, PAUD, nilai-nilai Pancasila, karakter anak

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis implementasi proyek penguatan profil pelajar Pancasila di Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD). Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dengan mengumpulkan dan menganalisis data dari studi literatur yang relevan. Penerapan proyek ini berperan dalam membentuk karakter positif pada anak-anak. Mereka belajar untuk menghormati perbedaan, saling bekerja sama, dan menjadi anggota masyarakat yang bertanggung jawab. Hal ini dapat membantu mengembangkan kepribadian yang kuat dan mempersiapkan mereka menjadi warga negara yang baik di masa depan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan proyek penguatan profil pelajar Pancasila di PAUD membutuhkan berbagai macam strategi yang perlu diketahui oleh pemangku kepentingan terutama kepala dan guru PAUD. Implementasi proyek penguatan profil pelajar Pancasila di PAUD memberikan manfaat yang signifikan dalam membangun pemahaman nilai-nilai Pancasila, membentuk karakter positif, dan memperkuat rasa cinta tanah air pada anak-anak. Hasil penelitian ini diharapkan dapat memberikan masukan penting bagi praktisi pendidikan dalam mewujudkan profil pelajar Pancasila di tingkat PAUD.

References

Aisyah, Ani. (2016). Studi literatur: Pendekatan induktif untuk meningkatkan kemampuan generalisasi dan self-confident siswa SMK. Jurnal Penelitian Pendidikan dan Pengajaran Matematika, vol. 2 no. 1, pp. 1–12.

Keputusan Kepala Badan Standar, Kurikulum, dan Asesmen Pendidikan (BSKAP) Nomor 033/H/KR/2022 Tentang Capaian Pembelajaran Pada Pendidikan Anak Usia Dini, Jenjang Pendidikan Dasar, dan Jenjang Pendidikan Menengah Pada Kurikulum Merdeka.

Keputusan Kepala Badan Standar, Kurikulum, dan Asesmen Pendidikan (BSKAP) Nomor 009/H/KR/2022 tentang Dimensi, Elemen, dan Subelemen Profil Pelajar Pancasila Pada Kurikulum Merdeka.

Keputusan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kepmendikbudristek) Nomor 262/M/2022 Tentang Perubahan Atas Keputusan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Nomor 56/M/2022 Tentang Pedoman Penerapan Kurikulum Dalam Rangka Pemulihan Pembelajaran.

Komariah, A., & Satori, D. (2009). Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta.

Melfianora. (2019). Penulisan Karya Tulis Ilmiah dengan Studi Literatur. 1-3.

Widyastuti, A. (2022). Implementasi Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila dalam Kurikulum Merdeka PAUD. REFEREN, Vol. 1 (2), 2022, 189-203.

Wiyani, N. (2023). Implementasi proyek penguatan profil pelajar pancasila dalam kurikulum merdeka di lembaga paud. Jurnal Pendidikan Anak, 12(1), 23-35. doi:https://doi.org/10.21831/jpa.v12i1.57879

Muhammad Rizal, N., Iqbal, M., & Zahriyanti, E. (2022). Kompetensi guru PAUD dalam mengimplementasikan profil pelajar pancasila di sekolah penggerak. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(6), 6924-6939.

Mimin, E. (2023). Integrasi Nilai-Nilai Kearifan Lokal Dengan Kurikulum PAUD: Strategi Mewujudkan Siswa PAUD Profil Pelajar Pancasila. Jurnal Golden Age, 7(1).

Haryono, M., Bendriyanti, R. P., Nurwita, S., & Fransisca, R. (2023). Kunci Sukses Pembelajaran Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5). Bakti Nusantara Linggau: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(1), 1-6.

Downloads

Published

2023-07-14

How to Cite

Hidayanto, N. E. ., Hariyanto, H., & Jayawardana, H. (2023). Strategi Implementasi Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila di PAUD. JECIE (Journal of Early Childhood and Inclusive Education), 6(2), 246–253. https://doi.org/10.31537/jecie.v6i2.1226

Issue

Section

Articles