Peran Tari “Cublek-Cublek Suweng” Terhadap Pembentukan Karakter Kerjasama pada Anak Usia 5-6 Tahun di TK Pertiwi Kabupaten Jember

Authors

  • Prameswari Sulistyowaty Universitas Jember
  • Luh Putu Indah Budyawati Universitas Jember
  • Aisyah Nur Atika Universitas Jember

DOI:

https://doi.org/10.31537/jecie.v7i1.1220

Keywords:

Tari, Cublek-Cublek Suweng, Karakter, Kerjasama, Anak Usia Dini

Abstract

Tari merupakan sebuah media atau bahasa komunikasi yang berwujud gerakan sebagai alat mengungkapkan gerak secara ekspresif, ide, perasaan, dan pengalaman kepada orang lain. Tari memfokuskan pada 1) kebutuhan perkembangan emosional yang dicapai dengan cara mengaktualisasikan diri melalui gerak sehingga dibutuhkan apresiasi seni yang baik, dan 2) kecerdasan sosial yang dapat dicapai dengan membina kerjasama baik dengan pelatih atau antar penari, ceria, dan percaya diri. Tujuan penelitian mendeskripsikan peran tari “Cublek-Cublek Suweng” terhadap pembentukan karakter kerjasama pada anak usia 5-6 tahun di TK Pertiwi Kabupaten Jember dengan metode deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa melalui tari pembentukan karakter kerjasama pada anak usia 5-6 tahun dapat dilihat dari (1) pengelompokan kelompok tari berdasarkan kemampuan anak dan guru mengajak kelompok untuk berdiskusi tentang tahap tarian dan pembagian tugas, (2) kebersamaan dalam kelompok mendorong anak berlatih hingga selesai m elaksanakan perannya saat menari, (3) anak saling mengingatkan apabila ada yang lupa gerakan tari dan menggantikan peran teman yang tidak hadir pada saat latihan berlangsung. Gerak tari dilakukan secara berkelompok melatih kemampuan anak bekerjasama dengan temannya. 

References

Afrenia Wulandari, Suparno. (2020). Pengaruh Model Problem Based Learning terhadap Kemampuan Karakter Kerjasama Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 862-872.

Andreanti, D. (2021). Analisis Kegiatan Ekstra Kurikuler Seni Tari Dalam Menstimulus Kecerdasan Kinestetik Anak Kelompok B Di Tk Tadika Puri Kaliwates Kabupaten Jember Tahun Ajaran 2020/2021. Jember: Universitas Jember.

Fibiona, I. (2021). Cublak Cublak Suweng Dan Gobak Sodor: Pengembangan Karakter Anak Dalam Permainan Tradisional Yogyakarta. Daerah Istimewa Yogyakarta: Dinas Kebudayaan (Kundha Kabudayan) DIY Jalan Cendana Nomor 11 Yogyakarta.

Hartono, Sari. (2017). Kecerdasan Kerjasama Anak Usia Dini. Unnes Semarang, 1-7.

Khaironi, M. (2017). Pendidikan Karakter Anak Usia Dini. Jurnal Golden Age Universitas Hamzanwadi, 82-89.

Meilyany, W. S. (2019). Penerapan Model Think Pair Share Dalam Pembelajaran Seni Tari Untuk Meningkatkan Kerjasama Siswa di SMPN 3 Margahayu Kabupaten Bandung. Bandung: Universitas Pendidikan Indonesia.

Nia Hadaina, I Gede Astawan. (2021). Instrumen Kemampuan Kerjasama Anak Kelompok B Taman Instrumen Kemampuan Kerjasama Anak Kelompok B Taman Kanak-Kanak. Journal For Lesson And Learning Studies, 8-11.

Rosmita, R. A. (2018). Meningkatkan Karakter Kerja Sama Siswa Melalui Pembelajaran Tari Ratoeh . Jurnal Ilmu Sosial dan Pendidikan, 1-5.

Suciarsih, R. (2019). Penerapan Gerak Tari Kreasi Cublak Cublak Cublak Suweng Terhadap Peningkatan Keterampilan Motorik Kasar Anak Usia Dini Di Tk Pertiwi Luwungragi Brebes. Semarang: Universitas Negeri Semarang.

Ulwiyatul Hidayat, Annisa Ariani, Iswinarti. (2019). Permainan Tradisional Cublak-Cublak Suweng Sebagai Media Play Therapy Dalam Meningkatkan Interaksi Sosial Anak Slow Learner Pada Siswa Sdn Mulyerejo Dua, Kota Malang. Naskah Prosiding Temilnas XI IPPI, 679-688.

Wa Ode Nur Asih Adar, Hilaludin Hanafi, La lli. (2019). Mengembangkan Karakter Anak Usia Dini Melalui Pembelajaran Seni Tari di TK Kartika XX-46 Kendari. Jurnal Pembelajaran Seni Tari & Budaya Vol. 4 No. 2, 49-53.

Wiyani. N. A. & Barnawi. 2014. Format PAUD. Jogjakarta. Ar-Ruzz Media.

Downloads

Published

2023-12-21

How to Cite

Sulistyowaty, P. ., Budyawati, L. P. I. ., & Atika, A. N. . (2023). Peran Tari “Cublek-Cublek Suweng” Terhadap Pembentukan Karakter Kerjasama pada Anak Usia 5-6 Tahun di TK Pertiwi Kabupaten Jember. JECIE (Journal of Early Childhood and Inclusive Education), 7(1), 200–207. https://doi.org/10.31537/jecie.v7i1.1220

Issue

Section

Articles