Analisis Perkembangan Motorik Kasar Melalui Permainan Melempar Bola pada Anak Usia Dini

Authors

  • Ratna Mulyani Universitas Pendidikan Indonesia
  • Risbon Sianturi Universitas Pendidikan Indonesia
  • Taopik Rahman Universitas Pendidikan Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31537/jecie.v7i1.1211

Keywords:

Permainan melempar bola, perkembangan motorik kasar anak usia dini

Abstract

Penelitian ini meneliti tentang perkembangan motorik kasar melalui permainan melempar bola yang ditunjau dari studi literatur. Penelitian ini bersifat kualitatif. Metodologi yang digunakan dalam penelitian ini adalah studi literatur atau tinjauan pustaka, dimana buku, jurnal, dan sumber-sumber lain yang digunakan sebagai referensi digunakan sebagai sumber data. Data yang disajikan adalah data yang berbentuk kata yang memerlukan penelaahan supaya ringkas dan sistematis. Dari hasil penelitian ini didapatkan bahwa dengan permainan melempar bola perkembangan motorik anak usia dini dapat berkembang dengan baik. Hal ini sesuai dengan penelitian yang di lakukan dengan mengkaji beberapa penelitian terdahulu yang juga meneliti tentang motorik kasar dengan menggunakan teknik yang berbeda namun dengan tujuan yang sama, yaitu perkembangan motorik kasar anak

References

Allen,K.Eileen & Marotzt,L.R. (2010). Profil Perkembangan Anak (Valentino). Jakarta: Indek

Aprilianti,L & Setyowati, S (2023). Meningkatkan Kemampuan Motorik Kasar Anak Usia 5-6 Tahun Melalui Bermain Lempar Bola Kreweng di TK Negeri Pembina 1 Mojosari. Journal on Education

Arikunto, S. (2010). Prosedur Penelitian. Rineka Cipta

Buzan,T (2003) The Power Of Spiritual Intelligence (Sepuluh Cara Jadi Orang Yang Cerdas

Dariyo, A (2007). Psikologi Perkembangan Anak Tiga Tahun Pertama. Bandung:PT. Refika Aditama

Fitriah, dkk (2022). Meningkatkan Keterampilan Motorik Kasar Melalui Bermain Lempar Bola Kelompok B5 di TK Dharma Wanita Persatuan Provinsi Bengkulu. Jurnal PENA PAUD Vol 3, 34-50

Hanifa, A., Nur,L., & Rusmana, N. (2019). Basic Attitude Ability Of Early Chilhood In Aquatic Learning. Advances In Social Sciences, Education And Humanities Research, 214, 31-34. Doi: 10 17509/Jpjo.V4il.15014

Hasanah, U. (2016). Pengembangan Kemampuan Fisik Motorik Melalui Permainan Tradisional Bagi Anak Usia Dini, Jurnal Pendidikan Anak, Vol.5, No.1 Hlm.721

Hidayat, S & Nur, L. (2018). Nilai Karakter, Berfikir Kritis Dan Psikomotorik Anak Usia Dini. Jurnal Ilmiah VISI PGTK PAUD Dan DIKMAS, 13, 29-35.

Irsad, M. (2018). Metode Maria Montessori Dalam Perspektif Filsafat Pendidikan. Jurnal Komunikasi Pendidikan, 1(1), 51–58. Permainan Menguraikan Kata Di Taman Kanak-Kanan Al-Widjar Padang. Jurnal Pendidikan

Pitaloka& Prayogo (2019). Pengaruh Permainan Lempar Bola Terhadap Perkembangan Motorik Kasar Anak Kelompok B Di Ra Az-Zahrah Tempurejo Kabupaten Jember . Journal Of Early Childhood And Inclusive Education Volume 2, Nomor 2

Purnomo, S. A., & Novianti, R. (2013). 50 Games For Fun Learning And Teaching. Bandung: Yrama Widya

Rita, E.I. (2005). Mengenal Permasalaham Anak Usia Dini. Jakarta. Depdikbud Secara Spiritual). Gramedia Pustaka Utama

Sudirjo, E. dkk, (2018) Pertumbuhan Dan Perkembangan Motorik (Konsep Perkembangan Dan Pertumbuhan Fisik Dan Gerak Manusia). Sumedang Jawa Barat: UPI Sumedang Press

Sumiyati, (2017). Metode Pengembangan Motorik Kasar Anak Usia Dini. AWLADY: Jurnal Pendidikan Anak. Vol.3, No.1, Hlm.84

Suryadi. (2014). Teori Perkembangan Anak Usia Dini. Bandung :PT Remaja Rosdakarya.Tambusai, VOL 4 NO. 1

Yasbiati, Muslihin, H.Y & Nur,L (2017). Strategi Perkembangan Fisik

Yeni,A (2020) .Studi Literatur: Simulasi Kemampuan Anak Mengenal Huruf Melalui

Yuliani, Dkk. (2021). Peningkatan Motorik Kasara Anak Melalui Bermain Melempar Dan Menangkap Bola Menggunakan Metode Demonstrasi.

Zed Mestika. (2014). Metode Penelitian Kepustakaan. Yayasan Pustaka Obor Indonesia.

Downloads

Published

2023-12-21

How to Cite

Mulyani , R. ., Sianturi, R. ., & Rahman, T. . (2023). Analisis Perkembangan Motorik Kasar Melalui Permainan Melempar Bola pada Anak Usia Dini. JECIE (Journal of Early Childhood and Inclusive Education), 7(1), 80–87. https://doi.org/10.31537/jecie.v7i1.1211

Issue

Section

Articles