Pengaruh Film Animasi Nussa dan Rara Terhadap Karakter Tanggung Jawab Anak Usia Dini di TK Muslimat NU 121 Bangsalsari Jember
DOI:
https://doi.org/10.31537/jecie.v6i2.1181Keywords:
tanggung jawab, Film animasi, Nussa dan Rara, Anak usia diniAbstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh nilai karakter tanggung jawab anak usia dini belum berkembang sesuai indikator. Hal ini dikarenakan metode yang digunakan guru dalam membangun karakter tanggung jawab anak usia dini hanya menggunakan metode memberi nasehat saja. Kendala lain yaitu tidak adanya media pembelajaran untuk menstimulasi karakter tanggung jawab anak baik yang berupa visual dan audiovisual. Media pembelajaran merupakan suatu metode, peralatan ataupun tekhnik yang digunakan dalam menyampaikan informasi kepada peserta didik. Untuk mengembangkan karakter tanggung jawab anak maka dilakukan penerapan film animasi Nussa dan Rara. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif pre-eksperimen dengan jenis one group pretest-postest design. Tekhnik pengumpulan data yang digunakan adalah lembar observasi. Subjek penelitian yaitu 15 siswa kelas A. Tekhnik analisis data yaitu uji parametrik paired sample t test karena uji prasyarat sampel dan instrumen telah terpenuhi. Hasil penelitian menunjukan bahwa nilai signifikansi 2 tailed lebih kecil dari 0,05 serta nilai t hitung lebih besar dari t tabel yang artinya terdapat pengaruh yang signifikan film animasi Nussa dana Rara terhadap karakter tanggung jawab anak usia dini di TK Muslimat NU 121 Bangsalsari Jember
References
Ananda, R. (2017). Implementasi Nilai-nilai Moral dan Agama pada Anak Usia Dini . Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini , 1(1), 19 – 31.
Cahyati, N. (2018). Penggunaan Media AudioVisual Terhadap Karakter Tanggung Jawab Anak Usia 5-6 Tahun. Jurnal Golden Age Hamzanwadi University, 2(2), 75-84.
Dagama, S. A., Poppyariyana, A. A., & Hurri, I. (2021). Penerapan Tontonan Nussa dan Rara Terhadap Pembentukan Karakter Tanggung jawab. Golden Age : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 71-78.
Fajrin, F., Malik, L. R., & Saugi, W. (2021). Pengaruh Film Serial Nussa dan Rara Terhadap Akhlak Peserta Didik di MI Negeri I Samarinda. Borneo Journal of Primary Education, 1(1), 31-52.
Luviani, A., & Delliana, S. (2020). Pengaruh Terpaan Tayangan Animasi Nussa Official (Cuci Tangan Yuk) Terhadap Perilaku Imitasi Anak. MUTAKALLIMIN;Jurnal Ilmu Komunikasi, 3(2), 44-50.
Mannasai, A. F., & Pratiwi, W. (2021). Pengaruh Media Film Animasi Nussa dan Rara terhadap Perkembangan Kecerdasan Spiritual Anak Kelas A1 PPAUD IT Lukmanul Hakim Limboto. ECIE Journal: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 2(1), 1-15.
Novayanty, A. A. (2021). Peningkatan Perilaku Moral Pada Anak Usia 5-6 Tahun Melalui Metode Bercerita. Jurnal Instruksional, 2(2), 128-136.
Ananda, R. (2017). Implementasi Nilai-nilai Moral dan Agama pada Anak Usia Dini . Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini , 1(1), 19 – 31.
Cahyati, N. (2018). Penggunaan Media AudioVisual Terhadap Karakter Tanggung Jawab Anak Usia 5-6 Tahun. Jurnal Golden Age Hamzanwadi University, 2(2), 75-84.
Dagama, S. A., Poppyariyana, A. A., & Hurri, I. (2021). Penerapan Tontonan Nussa dan Rara Terhadap Pembentukan Karakter Tanggung jawab. Golden Age : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 71-78.
Fajrin, F., Malik, L. R., & Saugi, W. (2021). Pengaruh Film Serial Nussa dan Rara Terhadap Akhlak Peserta Didik di MI Negeri I Samarinda. Borneo Journal of Primary Education, 1(1), 31-52.
Luviani, A., & Delliana, S. (2020). Pengaruh Terpaan Tayangan Animasi Nussa Official (Cuci Tangan Yuk) Terhadap Perilaku Imitasi Anak. MUTAKALLIMIN;Jurnal Ilmu Komunikasi, 3(2), 44-50.
Mannasai, A. F., & Pratiwi, W. (2021). Pengaruh Media Film Animasi Nussa dan Rara terhadap Perkembangan Kecerdasan Spiritual Anak Kelas A1 PPAUD IT Lukmanul Hakim Limboto. ECIE Journal: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 2(1), 1-15.
Novayanty, A. A. (2021). Peningkatan Perilaku Moral Pada Anak Usia 5-6 Tahun Melalui Metode Bercerita. Jurnal Instruksional, 2(2), 128-136.
Pemerintah Indonesia. Undang-Undang (UU) Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta
Putri, H. (2018). Penggunaan Metode Bercerita Untuk Mengembangkan Nilai Moral Anak TK/SD. Muallimuna: Jurnal Madrasah Ibtidaiyah, 3(1), 88-95.
Quraisy, A. (2020). Normalitas Data Menggunakan Uji Kolmogorov dan Saphiro Wilk. Journal Of Health, Education, Economics, Science, and Technology, 3(1), 7-11.
Rahayu, R. (2016). Peningkatan Karakter Tanggung Jawab Siswa SD Melalui Penilaian Produk Pada Pembelajaran Mind Mapping. Jurnal Konseling, 2(1), 97-103.
Salsabila, J., & Nurmaniah. (2021). Studi Tentang Sikap Tanggung Jawab Anak Usia 5-6 Tahun di TK Fajar Cemerlang Sei Mencirim. Jurnal Golden Age, 5(2), 111-118.
Sayekti, O. M. (2019). Film Animasi “Nussa dan Rara Episode Baik Itu Mudah” Sebagai Sarana Penanaman Karakter pada Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Anak, 8(2), 164-171.
Septian, A. (2017). Penerapan Geogebra untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Mahasiswa Program Studi Pen. Prisma, 6(2), 180-191.
Ananda, R. (2017). Implementasi Nilai-nilai Moral dan Agama pada Anak Usia Dini . Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini , 1(1), 19 – 31.
Cahyati, N. (2018). Penggunaan Media AudioVisual Terhadap Karakter Tanggung Jawab Anak Usia 5-6 Tahun. Jurnal Golden Age Hamzanwadi University, 2(2), 75-84.
Dagama, S. A., Poppyariyana, A. A., & Hurri, I. (2021). Penerapan Tontonan Nussa dan Rara Terhadap Pembentukan Karakter Tanggung jawab. Golden Age : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 71-78.
Fajrin, F., Malik, L. R., & Saugi, W. (2021). Pengaruh Film Serial Nussa dan Rara Terhadap Akhlak Peserta Didik di MI Negeri I Samarinda. Borneo Journal of Primary Education, 1(1), 31-52.
Luviani, A., & Delliana, S. (2020). Pengaruh Terpaan Tayangan Animasi Nussa Official (Cuci Tangan Yuk) Terhadap Perilaku Imitasi Anak. MUTAKALLIMIN;Jurnal Ilmu Komunikasi, 3(2), 44-50.
Mannasai, A. F., & Pratiwi, W. (2021). Pengaruh Media Film Animasi Nussa dan Rara terhadap Perkembangan Kecerdasan Spiritual Anak Kelas A1 PPAUD IT Lukmanul Hakim Limboto. ECIE Journal: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 2(1), 1-15.
Novayanty, A. A. (2021). Peningkatan Perilaku Moral Pada Anak Usia 5-6 Tahun Melalui Metode Bercerita. Jurnal Instruksional, 2(2), 128-136.
Pemerintah Indonesia. Undang-Undang (UU) Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta
Putri, H. (2018). Penggunaan Metode Bercerita Untuk Mengembangkan Nilai Moral Anak TK/SD. Muallimuna: Jurnal Madrasah Ibtidaiyah, 3(1), 88-95.
Quraisy, A. (2020). Normalitas Data Menggunakan Uji Kolmogorov dan Saphiro Wilk. Journal Of Health, Education, Economics, Science, and Technology, 3(1), 7-11.
Rahayu, R. (2016). Peningkatan Karakter Tanggung Jawab Siswa SD Melalui Penilaian Produk Pada Pembelajaran Mind Mapping. Jurnal Konseling, 2(1), 97-103.
Salsabila, J., & Nurmaniah. (2021). Studi Tentang Sikap Tanggung Jawab Anak Usia 5-6 Tahun di TK Fajar Cemerlang Sei Mencirim. Jurnal Golden Age, 5(2), 111-118.
Sayekti, O. M. (2019). Film Animasi “Nussa dan Rara Episode Baik Itu Mudah” Sebagai Sarana Penanaman Karakter pada Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Anak, 8(2), 164-171.
Septian, A. (2017). Penerapan Geogebra untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Mahasiswa Program Studi Pen. Prisma, 6(2), 180-191.
Sianturi. (2022). Uji Homogenitas Sebagai Syarat Pengujian Analisis. Jurnal Pendidikan,Sains, Sosial, dan Agama, 8(1), 386-397.
Silahuddin. (2017). Urgensi Membangun Karakter Anak Sejak Dini. Jurnal Ar-Raniry, 3(2), 18-41.
Susanti, T. (2022). Efektifitas Film Animasi Nussa Dan Rara Dalam Meningkatkan Pengetahuan Makan Anak Usia Dini Di KB Anugerah Ampang Kuranji. Institut Agama Islam Negeri Batu Sangkar: Skripsi:Tidak diterbitkan.
Taniredja, T., & Mustafidah, H. (2011). Penelitian Kuantitatif (Sebuah Pengantar). Bandung: Alfabeta Bandung.
Wahono, Sa'ada, N., & Kurniawati, T. (2017). Pembelajaran Interaktif Media Film Pendek. Jurnal Anak Usia Dini dan Pendidikan Anak Usia Dini, 3(3), 198-211.
Warsito, R., & Widodo, S. T. (2018). Implementasi Nilai-Nilai Luhur Ajaran Ki Hajar Dewantara Dalam Perkuliahan Pendidikan Pancasila Untuk Mengembangkan Karakter Mahasiswa. PKn Progresif, 13(1), 1-22.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Indah Fitriani, Hendrik Siswono

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.