Upaya Meningkatkan Budaya Literasi Anak Melalui Program “Aku Cinta Buku” di TK Rosella Baru Kabupaten Lumajang
DOI:
https://doi.org/10.31537/jecie.v6i2.1176Keywords:
Program Aku Cinta Buku, Budaya Literasi AnakAbstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaiamana program “Aku Cinta Buku” dapat meningkatkan budaya literasi anak dan faktor-faktor apa saja yang yang mendorong dan menghambat program Aku Cinta Buku. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan metode studi kasus (case study). Dalam penelitian ini, pendekatan studi kasus dipilih untuk mendeskripsikan Program “Aku Cinta Buku” sebagai upaya sekolah untuk meningkatkan budaya literasi anak. Instrumen penelitian ini menggunakan observasi dan wawancara. Penelitian ini dilaksankan di TK Rosella kabupaten Lumajang. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh bahwa: 1. Program Aku Cinta Buku terdiri tiga pogram yaitu Pojok Baca, Kafe Baca, dan Kegiatan Membaca Bersama Orang Tua. 2. Program Cinta Buku dapat meningkatkan budaya literasi anak baik di dalam kelas maupun di luar kelas dan juga membangun hubungan yang positif antara orang tua dan anak 3. Adanya Kerjasama yang baik antar warga sekolah yang terdiri dari Kepala sekolah, guru, dan orang tua merupakan faktor pendukung berlangsungnya program Aku Cinta Buku. 4. Adapun faktor penghambat adalah terbatasnya anggaran dan fasilitas di sekolah dalam menyediakan koleksi buku yang lebih beragam.
References
Anjarwati, L., Pratiwi, D. R., & Rizaldy, D. R. (2022). Implementasi Literasi Digital dalam Upaya Menguatkan Pendidikan Karakter Siswa. Buletin Pengembangan Perangkat Pembelajaran, 3(2).
Alifah, Nur, J. M., Setyawan, P. F., Al Khusna, P. M., & Luzsanti, D. (2023). Menumbuhkan Minat Baca Anak Usia Dini Melalui Media Pojok Baca di RA Sunan Giri dan KB Sunan Giri Desa Ngebruk. Empowerment: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat STAI Darul Kamal NW Kembang Kerang, Vol. 3, No. 1 Maret 2023, Hal. 19-29
Bruns, Deborah. A & Pierce, Corey. D (2007). Let’s Read Together: Tool for Early Literacy Development for All Young Learners. Young Exceptional Children Vol 10, Issue 2. https://doi.org/10.1177/109625060701000201
Hardiyanti, W. E., & Alwi, N. M. (2022). Analisis Kemampuan Literasi Digital Guru Paud Pada Masa Pandemik Covid-19. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(4), 3759–3770. Https://Doi.Org/10.31004/Obsesi.V6i4.1657
Irhandayaningsih, Ana. Menanamkan Budaya Membaca Pada Anak Usia Dini. ANUVA Volume 3 (2): 109-118, 2019
Jatnika, Shiva Ardenia. (2019). Budaya Literasi untuk Menumbuhkan Minat Membaca dan Menulis. Indonesian Journal of Primary Education. Vol. 3, No. 2 (2019) 1-6 ISSN: 2597-4866
Kemendikbud. (2016). Panduan Pemanfaatan dan Pengembangan Sudut Baca Kelas dan Area Baca Sekolah untuk Meningkatkan Mutu Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Direktoral Jendral Pendidikan Dasar dan Menengah Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
Kurniawan, H., & Ikomi, P. (n.d.). Mengembangkan Minat Membaca Anak Usia Dini Melalui Kegiatan Literasi Perpustakaan Di Tk Masyithoh 25 Sokaraja. 1–12.
Mantu, K. S. (2021). Pengelolaan Sudut Baca Dalam Menumbuhkan Minat Baca Peserta Didik Kelas III SD Negeri 04 Popayato Barat. Aksara: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal, 7(3), 877. https://doi.org/10.37905/aksara.7.3.877-884.2021
PAUD PEDIA: https://paudpedia.kemdikbud.go.id/program-prioritas/program-sekolah-penggerak
Reese, L. J. & Gallimore, R. (2000). Immigrant Latinos’ Cultural Model of Literacy Development: An Evolving Perspective on Home-school Discontinuities. American Journal of Education, 108, 2, 103–134.
Santoso, Hari, (2011). Membangun minat baca anak usia dini melalui penyediaan buku bergambar. Artikel Pustakawan Perpustakaan UM.
Setyaningsih, Umi. Indrawati (2022). Strategi Pengembangan Kemampuan Membaca Anak Usia 5-6 Tahun: Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, Vol 6
Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif. Alfabeta.
Sutrianto, Rahmawan, N., Hadi, S., & Fitriono, H. (2016). Panduan Gerakan Literasi Sekolah di Sekolah Menengah Atas. In Direktorat Pembinaan Sekolah Menengah Atas Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
Widodo, M. M., & Ruhaena, L. (2018). Lingkungan literasi di rumah pada anak pra sekolah. Indigenous: Jurnal Ilmiah Psikologi, 3(1), 1–7.
Zati, Vidya Dwi A. (2018). Upaya untuk Meningkatkan Minat Literasi Anak Usia Dini. Bunga Rampai Usia Emas. Vol 4 No 1
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Ianatuz Zahro, Hendrik Siswono

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.