Pengembangan Alat Peraga Playdough untuk Meningkatkan Kreativitas Anak Kelompok B TK Berlian Bondoyudo Lumajang

Authors

  • Lidya Universitas PGRI Argopuro Jember
  • Pascalian Hadi Pradana
  • Trio Suwargono Universitas PGRI Argopuro Jember

DOI:

https://doi.org/10.31537/jecie.v6i2.1174

Keywords:

Alat Peraga, Peningkatan Kreativitas, Penelitian pengembangan, bermain playdough

Abstract

Alat Peraga Playdough adalah Media untuk pembelajaran anak-anak yang mampu mengedukatif perkembangan kreativitas anak usia dini karena teksturnya yang lembut dan mudah dibentuk serta terbuat dari bahan alami atau bahan dapur yang aman untuk anak usia dini.Penelitian ini menggunakan research & development model pengembangan Borg dan Gall yang memuat sistematika langkah-langkah agar produk yang dikembangkan mencapai standar kelayakan. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah Dokumentasi, angket dan observasi. Subjek penelitian ini adalah Siswa Kelompok B TK Berlian Bondoyudo, Kec.Sukodono Lumajang. Intsrument alat peraga oleh ahli alat peraga 100% tidak ada revisi begitupun dengan ahli materi. Instrument hasil observasi aktivitas siswa skala kecil dihitung dengan rumus ketuntasan klasikal mendapat skor 75% predikat valid. Pada Instrument observasi aktivitas siswa skala besar mendapat skor 71% predikat valid. Berdasarkan hasil analisis dapat ditarik kesimpulan bahwa penelitian ini menghasilkan pengembangan alat peraga Playdough dinyatakan aspek valid.

References

Azhar, Arsyad. (2012). Media Pembelajaran. Jakarta: Rajawali Pers.

Candra, Ratnasari. D.A. (2020). Kajian wacana upaya meningkatkan motorik halus melalui kegiatan bermain plastisin pada anak usia 5-6 Tahun. https://www.jurnal.ikipjember.a c.id/index.php/JECIE/article/vi ew/494

Herlina, A.(2015). Pengembangan Media Pembelajaran Mibi (Miniatur Budaya Indonesia) Tema Indahnya Kebersamaan Kelas IV SDN Kepatihan (skripsi universitas negeri Yogyakarta.41https://obsesi.or.i d/index.php/obsesi/article/view/ 38

Jejak, P. (2017). Permainan plyadough (online), tersedia: http://www.jejakpendidikan.co m/2017/03/permainan- playdough.html 24 November 2022)

Komaria. (2018). Pengaruh bermain playdough terhadap perkembangan motoric halus anak usia 5-6 tahun di taman kanak-kanak kartika fajar baru kecamatan jati agung kabupaten lampung selatan tahun ajaran 2017/2018. Penelitian skripsi.

Lela, N. (2017). Pengembangan Media Pembelajaran Busy Book Dalam Meningkatkan Kemampuan Bahasa Anak Usia Dini Di Play Group Islam Bina Balita Way Halim Bandar Lampung Tahun Ajaran 2017/2018

Marsiah. (2019). Efektifitas Penggunaan Media Playdough Terhadap Motorik Halus Anak Kelompok B di PAUD Misbahul Barokah Depok, Tersedia:https://repository.ptiq. ac.id/id/eprint/289/1/2019- MARSIAH-2015.pd

Maryani, L. (2018). Pengaruh Permainan Playdough Terhadap Kreativitas Anak di PAUD Darul Hikmah Kota Bengkulu. Tersedia: http://repository.iainbengkulu.a c.id/3138/1/Skripsi%20Ledia% 20Maryana.pdf

Mulyani, N. (2019). Mengembangkan Kreativitas Anak Usia Dini. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Munandar, Utami. (2012). Pengembangan Kreativitas Anak Berbakat. Jakarta: Rineka Cipta.

Pradana, Pascalian. H. (2016). Pengaruh Permainan Balok Angka Terhadap Kemampuan Mengenal Lambang Bilangan Kepada Anak Usia Dini.

Rahmawati, Yeni & kurniati. (2012). Strategi Pengembangan Kreativitas Pada Anak. Jakarta: Kencana

Rasdyahati. (2015). Meningkatkan Kreativitas Anak Melalui Bermain Play Dough Pada Kelompok Usia 3-4 Tahun.

Rozalena dan Kristiawan, M. (2017). Pengelolaan Pembelajaran PAUD Dalam Mengembangkan Potensi Anak Usia Dini. 2(1).77-78

Seprianty. (2017). Penggunaan Alat Peraga pada Mata Pelajaran IPA sebagai Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas IV SD Negeri 06 Karang Tinggi. Jurnal 11(2) 128-134

Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: CV Alfabeta.

Super Buku. (2013). Kriteri media pembelajaran TK. Jual buku paud (online), Tersedia : https://superbuku.com/kriteria- media-pembelajaran-tk.html Tersedia: http://repository.radenintan.ac.id/5 778/1/skripsi%20lengkap.pdf

Yeni Rachmawati, dkk. (2011). Strategi Pengembangan Kreativitas Pada Anak Usia Taman Kanak-kanak. Jakarta: Kencana.

Downloads

Published

2023-07-14

How to Cite

Lidya, L., Pradana, P. H. ., & Suwargono, T. . (2023). Pengembangan Alat Peraga Playdough untuk Meningkatkan Kreativitas Anak Kelompok B TK Berlian Bondoyudo Lumajang. JECIE (Journal of Early Childhood and Inclusive Education), 6(2), 217–222. https://doi.org/10.31537/jecie.v6i2.1174

Issue

Section

Articles