Perspektif Islam Mengenai Konsep Pendidikan Seksual pada Anak Usia Dini dan Penerapannya (Studi Kasus: RA DDI Parepare)

Authors

  • Sri Hasnawati Institut Agama Islam DDI Sidenreng Rappang
  • Rika Selviah Nasir Institut Agama Islam DDI Sidenreng Rappang
  • Alamsyah Agit Institut Agama Islam DDI Sidenreng Rappang

DOI:

https://doi.org/10.31537/jecie.v7i1.1154

Keywords:

Anak Usia Dini, Media Pembelajaran, Metode Belajar, Pendidikan Seksual

Abstract

Anak merupakan amanat dari Allah SWT, dengan demikian menjadi tugas dan tanggung jawab dari orang tua untuk merawat anaknya dengan baik. Salah satu bentuk akan tanggung jawab orang tua adalah mendidik anaknya, media pendidikan sangat banyak salah satunya adalah dengan bersekolah, banyaknya masalah-masalah sosial dizaman modern ini menjadikan sekolah juga harus dapat beradaptasi, salah satu masalah sosial yang sering terjadi adalah kekerasan seksual dan pelecehan seksual. Dampak dari kejadian ini sangat traumatik apabila sampai terjadi pada anak, dengan demikian perlunya pendidikan seksual pada anak merupakan hal yang penting, dengan adanya pendidikan seksual sejak dini maka anak akan mampu membentengi dirinya dari berbagai potensi penyimpangan seksual. Hasil penelitian ini menunjukkan proses pembelajaran yang dilaksanakan secara kreatif oleh guru pada RA DDI Parepare, dimana materi yang digunakan disampaikan secara halus dan tidak terkesan vulgar atau sensitif, selain itu permintaan guru pada orang tua murid untuk berperan aktif merupakan upaya untuk mengefektifkan pendidikan seksual pada anak usia dini

 

Author Biographies

Sri Hasnawati, Institut Agama Islam DDI Sidenreng Rappang

 

 

Rika Selviah Nasir, Institut Agama Islam DDI Sidenreng Rappang

 

 

References

Anggraini, T., Riswandi, & Sofia, A. (2017). Pendidikan Seksual Anak Usia Dini?: Aku dan Diriku. Jurnal Pendidikan Anak, 3(2).

Anitasari, B., & Tulak, G. T. (2023). Pemahaman Pendidikan Seks Usia Dini melalui Pendidikan Kesehatan. Jurnal Kreativitas Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM), 6(1), 284–292. https://doi.org/10.33024/jkpm.v6i1.8213

Azzahra, Q. M. (2020). Pendidikan Seksual Bagi Anak Usia Dini?: “My Bodies Belong To Me.” Jurnal Pendidikan: Early Childhood, 4(1), 77–86.

Farida. (2018). Upaya Mengoptimalkan Perkembangan Anak Usia Dini. ThufuLA: Jurnal Inovasi Pendidikan Guru Raudhatul Athfal, 2(1), 1–24.

Febriagivary, A. H. (2021). Mengenalkan Pendidikan Seksualitas Untuk Anak Usia Dini Melalui Metode Bernyanyi. Jurnal CARE: Children Advisory Research and Education, 8(2), 11–20. http://e-journal.unipma.ac.id/index.php/JPAUD

Hasiana, I. (2020). Peran Orangtua Dalam Pendidikan Seksual Anak Usia Dini. WAHANA: Tri Dharma Perguruan Tinggi, 72(2), 118–125. https://news.detik.com/berita/d-

Kurniawati, L. (2023). Implementasi Pendidikan Seksual Pada Anak Bawah Umur Di Era Milenial. Jurnal Ilmu Sosial Dan Pendidikan (JISIP), 7(1), 724–731. https://doi.org/10.58258/jisip.v7i1.4712/http

Lestari, N. E., & Herliana, I. (2020). Implementasi Pendidikan Seksual Sejak Dini Melalui Audio Visual. Jurnal Pengabdian Masyarakat Indonesia Maju, 1(01), 29–33. https://doi.org/10.33221/jpmim.v1i01.566

Maulia, D., Rakhmawati, D., & Dewanto, F. M. (2021). Kontribusi Guru Pada Pendidikan Seksualitas Anak Usia Dini. Intuisi: Jurnal Psikologi Ilmiah, 13(2), 235–246.

Mulyana, R. A., & Fatimah, S. S. (2022). Peran Orangtua Terhadap Pendidikan Seksualitas Anak Usia Dini. Jurnal Equalita, 4(1), 29–39. http://syekhnurjati.ac.id/jurnal/index.php/equalita/article/view/10109http://www.syekhnurjati.ac.id/jurnal/index.php/ijas/index

Noor, J. (2017). Metodologi Penelitian (1st ed.). Penerbit Kencana.

Nurbaiti, N., Saripudin, A., & Masdudi. (2022). Pengembangan Media Sex Education Book Untuk Meningkatkan Pemahaman Pendidikan Seksual Pada Anak Usia Dini. AWLADY: Jurnal Pendidikan Anak, 8(2), 111–125. www.syekhnurjati.ac.id/jurnal/index.php/awlady

Nurmayani, M. W., Halid, S., Syamdarniati, & Novianty, E. (2023). Sex Education Pada Anak-Anak SD. Lentara: Jurnal Pengabdian, 3(1), 38–47.

Permatasari, E., & Sasmito, A. G. (2017). Gambaran Pemahaman Anak Usia Sekolah Dasar Tentang Pendidikan Seksual Dalam Upaya Pencegahan Kekerasan Seksual Pada Anak. The Indonesia Journal of Health Science, 9(1), 70–79.

Rahmawati, A., & Khamdani, F. (2021). Pendidikan Seksual Pada Anak Usia 7-9 Tahun Di SD Negeri Glawan Kabupaten Semarang. Jurnal Pengabdian Masyarakat Kebidanan, 3(1), 36–41.

Tarmizi, A., & Sulastri. (2017). Peran Orang Tua Dalam Pendidikan Anak Usia Dini. Raudhatul Athfal: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 1(1), 61–80.

Yafie, E. (2017). Peran Orang Tua Dalam Memberikan Pendidikan Seksual Anak Usia Dini. Jurnal CARE: Children Advisory Research and Education, 4(2), 18–30.

Zahra, D. N., & Aisyah, N. (2022). Pembelajaran Model Pendidikan Anak dalam Al-Qur’an terhadap Kisah Nabi Ibrahim. QuranicEdu: Journal of Islamic Education , 1(2), 132–154.

Zulhaini. (2019). Peranan Keluarga Dalam Menanamkan Nilai-Nilai Pendidikan Agama Islam Kepada Anak. Jurnal AL-HIKMAH: Jurnal Pendidikan & Pendidikan Agama Islam, 1(1), 1–15.

Downloads

Published

2023-12-21

How to Cite

Hasnawati, S., Selviah Nasir, R. ., & Agit, A. . (2023). Perspektif Islam Mengenai Konsep Pendidikan Seksual pada Anak Usia Dini dan Penerapannya (Studi Kasus: RA DDI Parepare). JECIE (Journal of Early Childhood and Inclusive Education), 7(1), 44–54. https://doi.org/10.31537/jecie.v7i1.1154

Issue

Section

Articles