Peran dan Fungsi Kode Etik Guru dalam Proses Pembelajaran

Authors

  • Hayani Wulandari Universitas Pendidikan Indonesia
  • Annisa Silvyani Zakia Universitas Pendidikan Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31537/jecie.v7i1.1148

Keywords:

Manusia, Pendidikan, Peran, Fungsi, Kode etik Guru,

Abstract

Penelitian ini beranjak dari hasil pengolahan data oleh Kemenpppa (Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak) yang menunjukkan bahwa terdapat kasus kekerasan yang sedang marak saat ini dengan salah satu sasaran kekerasan tersebut adalah dunia Pendidikan. Dari latar belakang tersebut, tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengkaji tentang peran dan fungsi kode etik guru, hubungan antara kode etik guru dengan kasus dalam dunia pendidikan, mencari tahu sebab akibat dan solusi dari permasalahan yang terjadi pada dunia pendidikan serta mengaitkannya dengan teori yang relevan. . Metode studi literatur adalah metode yang digunakan dalam penelitian ini dan termasuk dalam metode penelitian kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian untuk menjawab rumusan masalah adalah kajian teoritis yang informasinya didapat melalui website, buku, jurnal, koran digital, dan karya ilmiah yang membahas mengenai kode etik guru serta permasalahan dalam dunia pendidikan. Dari hasil penelitian menunjukkan bahwa kode etik guru adalah sebuah aturan yang telah disepakati dan/atau di perintahkan oleh pemerintah setempat dalam hal mendidik, membimbing, dan melaksanakan proses belajar mengajar. Kode etik guru memiliki hubungan yang sangat erat dengan kasus permasalahan kekerasan dalam dunia pendidikan, karena guru yang mentaati dan memahami kode etik guru akan selalu menjaga dan menjunjung tinggi nama baik profesi guru. dan karya ilmiah yang membahas mengenai kode etik guru serta permasalahan dalam dunia pendidikan. Dari hasil penelitian menunjukkan bahwa kode etik guru adalah sebuah aturan yang telah disepakati dan/atau di perintahkan oleh pemerintah setempat dalam hal mendidik, membimbing, dan melaksanakan proses belajar mengajar. Kode etik guru memiliki hubungan yang sangat erat dengan kasus permasalahan kekerasan dalam dunia pendidikan, karena guru yang mentaati dan memahami kode etik guru akan selalu menjaga dan menjunjung tinggi nama baik profesi guru. dan karya ilmiah yang membahas mengenai kode etik guru serta permasalahan dalam dunia pendidikan. Dari hasil penelitian menunjukkan bahwa kode etik guru adalah sebuah aturan yang telah disepakati dan/atau di perintahkan oleh pemerintah setempat dalam hal mendidik, membimbing, dan melaksanakan proses belajar mengajar. Kode etik guru memiliki hubungan yang sangat erat dengan kasus permasalahan kekerasan dalam dunia pendidikan, karena guru yang mentaati dan memahami kode etik guru akan selalu menjaga dan menjunjung tinggi nama baik profesi guru.

 

References

Alpian, Y. (2019). Pentingnya Pendidikan Bagi Manusia. Jurnal Buana Pengabdian. 1(1), 66-72.

Aslindah, A. & Sari, N. (2021). Kolaborasi Orang Tua dan Guru PAUD dalam Melaksanakan Pembelajaran di Masa Pandemi Covid-19. Journal Of Early Childhood and Inclusive Education. 4(2). 59-67.

Aziz, A. (2015). Peningkatan Mutu Pendidikan. Jurnal Studi Islam. 10(2).

Damanik, B. E. (2019). Pengaruh Fasilitas dan Lingkungan Belajar terhadap Motivasi Belajar. Jurnal Publikasi Pendidikan. 9(1).

Departeman Pendidikan dan Kebudayaan, Kamus Besar Bahasa Indonesia, Jakarta: Balai Pustaka, 1989.

Fadhilah, I. A., & Maunah, B. (2021). Manusia Sebagai Makhluk yang Perlu dan Dapat Dididik. 15(2), 254–268. doi: https://doi.org/10.30957/cendekia.v15i2.718.

Fanreza, R. & Pasarubi, M. (2016). Pendidikan Islam dalam Pembentukan Karakter Anak Didik.

Fitriatin, N. dkk. (2023). Pengaruh Kode Etik Guru terhadap Proses Pembelajaran. Jurnal Ilmu Pendidikan. 5(1). doi: https://doi.org/10.31004/edukatif.v5i1.4581

Fojri, M. A. (2020). Peningkatan Kemampuan Guru Binaan Mengembangkan Metode “Permadu” pada PBM Melalui Observasi Kelas di Kabupaten Lumajang. Journal Of Early Childhood and Inclusive Education. 4(1). 9-19.

Hamid, A. (2017). Guru Profesional. Jurnal Ilmiah Keislaman dan dan Kemasyarakatan. 17(32). 276-284. doi: https://doi.org/10.47732/alfalahjikk.v17i2.26

Katiningrum, E. D. (2015). Panduan Penyusunan Studi Literatur. Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat.

Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak. (2023). Kasus Kekerasan. Jakarta: Kemenpppa.

Kartini, A. & Dewi, D. A. (2021). Implementasi Pendidikan Pancasila dalam Menumbuhkan Rasa Nasionalisme Generasi Muda di Era Digital. jurnal Pendidikan dan Kewirausahaan. 9(2).

Lesilolo, H. J. (2018). Penerapan Teori Belajar Sosial Albert Bandura dalam Proses Belajar Mengajar di Sekolah. 4(2).

Lubis, R. N. (2021). Pengertian Pendidikan. [Online]. Diakses dari https://ayoguruberbagi.kemdikbud.go.id/artikel/pengertian-pendidikan/

Marjuni, A. (2020). Peran dan Fungsi Kode Etik Kepribadian dalam Mengembangkan Pendidikan. 1(1).

Muis, T. Syafiq, M. & Savira, S. I. (2011). Bentuk, Penyebab, dan Dampak, dari Tindak Kekerasan Guru terhadap SIswa dalam Interaksi Belajar Mengajardari Perspekfif Siswa di SMPN Kota Surabaya: Sebuah Survey. Jurnal Psikologi. 1(2).

Nara, G. (2019, 13 Februari). “Bocah PAUD ddi Duga Menjadi Korban Kekerasan oleh Oknum Gurunya”. kompas. com

Ramli, M. (2015). Hakikat Pendidik dan Peserta Didik. 5(1).

Sadikin, A. & Aprison, W. (2021). Implementasi Kode Etik Guru di Lingkungan Sekolah Dasar Negeri 09 Sungai Cubadak Baso Kabupaten Agam. Jurnal Pendidikan. 1(3).

Santoso, J. T. (2022, 15 Oktober). “Korelasi Etika dan Moralitas”.

Sutapa, M. (2006). Membangun Komunikasi Efektif di Sekolah. Jurnal Manajemen Pendidikan. (02).

Syafrina, R. & Rudi, R. (2021). Regulasi Emosi Guru PAUD Selama Proses Mengajar Saat Pandemi Covid-19. Journal Of Early Childhood and Inclusive Education. 4(2). 51-58.

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional.

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen.

Universutas Islam An-Nur. (2022). Etika Profesi Keguruan dan Perkembangannya.

Wibawana, W. A. (2022, 23 November). “Ikrar Guru Indonesi : Isi Teks, Link Download, dan Sejarahnya”. detik.com

Widiyanti, F. D. (2013). Pentingnya Mengetahui Gaya Belajar Siswa dalam Kegiatan Pembelajaran di Kelas. 2(1).

Zein, M. (2016). Peran Guru dalamPengembangan Pembelajaran. Jurnal Inspiratif Pendidikan. 5(2). 274-285. doi: https://doi.org/10.24252/ip.v5i2.3480

Downloads

Published

2023-12-21

How to Cite

Wulandari, H. ., & Zakia, A. S. . . (2023). Peran dan Fungsi Kode Etik Guru dalam Proses Pembelajaran. JECIE (Journal of Early Childhood and Inclusive Education), 7(1), 32–43. https://doi.org/10.31537/jecie.v7i1.1148

Issue

Section

Articles