Strategi Orang Tua dalam Upaya Mencegah Kekerasan Seksual pada Anak Usia Dini

Authors

  • Hayani Wulandari Universitas Pendidikan Indonesia
  • Ayu Sufi Nurjanah Universitas Pendidikan Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31537/jecie.v7i1.1140

Keywords:

orang tua, kekerasan seksual, anak usia dini

Abstract

Kekerasan seksual adalah salah satu masalah kesehatan di dunia yang sering kali terjadi, termasuk di Indonesia. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui strategi yang dilakukan oleh orang tua dalam upaya mencegah kekerasan seksual pada anak usia dini. Desain penelitian yang digunakan adalah kajian literatur. Pengumpulan data dilakukan melalui berbagai sumber, yaitu buku, skripsi, thesis, disertasi, dan publikasi artikel jurnal. Berdasarkan hasil kajian literatur menunjukkan bahwa strategi yang dilakukan oleh orang tua dalam upaya mencegah kekerasan seksual pada anak usia dini, antara lain yaitu memiliki pengetahuan tentang pendidikan seksual, berpikiran terbuka, persepsi yang positif, dan memiliki tanggung jawab. 

References

Antoni, H., Prihatini, L., & Berliana, M. (2022). Sekolah Gerakan Saya Berani Solusi Penghapusan Kekerasan dan Pelecehan Seksual pada Anak Dimasa Pandemi Covid-19. PALAR (Pakuan Law review), 8(1), 136-143.

Aslindah, A., & Sari, N. (2021). Kolaborasi Orang Tua dan Guru PAUD dalam Melaksanakan Pembelajaran di Masa Pandemi Covid-19. JECIE (Journal of Early Childhood and Inclusive Education), 4(2), 59-67.

Datu, A. (2023). Sinergi Orang Tua dan Sekolah dalam Pendidikan Seksual pada Anak terhadap Upaya Pencegahan Kekerasan Seksual. Attractive: Innovative Education Journal, 5(1), 393-399.

Dini, J. P. A. U. (2022). Pengaruh Video Pembelajaran Gerak dan Lagu untuk Meningkatkan Fisik Motorik pada Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(4), 2619-2625.

Erzad, A. M. (2018). Peran orang tua dalam mendidik anak sejak dini di lingkungan keluarga. ThufuLA: Jurnal Inovasi Pendidikan Guru Raudhatul Athfal, 5(2), 414-431.

Fadillah, S., Efastri, S. M., & Filtri, H. (2022). PELATIHAN PENERAPAN KOMUNIKASI EFEKTIF ORANG TUA DAN ANAK UNTUK MENCEGAH KEKERASAN VERBAL. Jurnal ABDI PAUD, 3(1), 17-21.

Fani, F. L. (2023). Hindari Kekerasan Seksual pada Anak Usia Dini Melalui Edukasi. (Online), (Hindari Kekerasan Seksual pada Anak Usia Dini Melalui Edukasi - Kompasiana.com), diakses 31 Mei 2023.

Hasiana, I. (2020). Peran Orangtua Dalam Pendidikan Seksual Anak Usia Dini. Wahana, 72(2), 118-125.

Ilmi, L. F. M. (2023, February). Deep Talk sebagai Pola Komunikasi Efektif dalam Keluarga. In Gunung Djati Conference Series (Vol. 19, pp. 254-260).

Kurniawati, F. (2019). Efektifitas Pelatihan Komunikasi Dalam Keluarga Untuk Meningatkan Kualitas Hubungan Ibu-Anak Di Desa Rentan Kekerasan Seksual (Doctoral dissertation, Universitas Mercu Buana Yogyakarta).

Madonna, M. (2021). PENYULUHAN KOMUNIKASI KELUARGA SEBAGAI UPAYA PENCEGAHAN KEKERASAN TERHADAP ANAK. URGENSI: Jurnal Pengabdian Masyarakat Multidisiplin, 1(2), 24-31.

Margareta, T. S., & Jaya, M. P. S. (2020). Kekerasan pada anak usia dini (Study kasus pada anak umur 6-7 tahun di kertapati). Wahana Didaktika: Jurnal Ilmu Kependidikan, 18(2), 171-180.

Mulfiani, T. N., & Mayar, F. (2021). Peran Keluarga Terhadap Kekerasan Anak pada Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(3), 9764-9768.

Muliahati, P., Solehati, T., & Yulianita, H. (2022). Gambaran Pengetahuan Orang Tua tentang Kekerasan Seksual Anak: Studi Literatur. Jurnal Ilmiah Permas: Jurnal Ilmiah STIKES Kendal, 12(4), 893-912.

Ndari, S. S., Chandrawaty, C., Kibitiah, K., & Wahyudin, E. (2019). Komunikasi Positif sebagai Upaya Perlindungan Anak Dari Kekerasan Melalui Kegiatan Parenting di Masyarakat Kel. Cempaka Putih Kec. Ciputat Timur Tangsel Provinsi Banten. Early Childhood: Jurnal Pendidikan, 3(1), 22-35.

Niliasari, S. (2021). Mengatasi Kekerasan Terhadap Anak Melalui Pendekatan Family Theraphy. QAWWAM, 15(1), 89-111.

Ningsih, S. H. E. S. B. (2018). Kekerasan seksual pada anak di Kabupaten Karawang. Jurnal Bidan, 4(2), 267040.

Nurhidayah, Y. S., & Rahma, B. A. (2022, September). Pentingnya Komunikasi Interpersonal Anak Dalam Kemampuannya Melindungi Diri Dari Adanya Kekerasan Seksual. In Prosiding Seminar Nasional Pascasarjana (PROSNAMPAS) (Vol. 5, No. 1, pp. 1186-1190).

Octaviani, F., & Nurwati, N. (2021). ANALISIS FAKTOR DAN DAMPAK KEKERASAN SEKSUAL PADA ANAK. Jurnal Ilmu Kesejahteraan Sosial HUMANITAS, 3(II), 56-60.

Pertiwi, P. I., Hasanah, H., & Kharismawati, I. (2022). Pengembangan Media Permainan Kotak Ajaib Dalam Mengenal Bacaan Huruf Satu Suku Kata Pada Aspek Bahasa Anak Usia 5-6 Tahun. JECIE (Journal of Early Childhood and Inclusive Education), 5(2), 50-54.

Rochmawati, N. I., & Susilo, A. B. (2018). Pencegahan Kekerasan Terhadap Anak Usia Dini di TK IT Bintang Kecil Kota Semarang. PERNIK: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 1(1), 104-110.

Rusliandy, R., Sari, A. R., Burhanuddin, B., Syahwami, S., & Suharyat, Y. (2022). Analisis Kebijakan Penanggulangan Kekerasan terhadap Anak di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal EL-RIYASAH, 13(2), 18-29.

Sabarua, J. O., & Mornene, I. (2020). Komunikasi Keluarga dalam Membentuk Karakter Anak. International Journal of Elementary Education, 4(1), 83-89.

Septiani, R. D. (2021). Pentingnya Komunikasi Keluarga dalam Pencegahan Kasus Kekerasan Seks pada Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Anak, 10(1), 50-58.

Silawati, E., Harun, C. A., Ananthia, W., Muliasari, D. N., Yuniarti, Y., & Yuliariatiningsih, M. S. (2018). Literasi media anak usia dini: Strategi penanggulangan kekerasan seksual pada anak. In prosiding seminar nasional & internasional (Vol. 1, No. 1).

Sukarno, B. (2021). Pentingnya Komunikasi Keluarga Dalam Perkembangan Anak. Jurnal Ekonomi, Sosial & Humaniora, 3(01), 1-9.

Solehati, T., Rufaida, A., Ramadhan, A. F., Nurrahmatiani, M., Maulud, N. T., Mahendra, O. S., ... & Mediani, H. S. (2022). Pengetahuan, Sikap, dan Perilaku Orang Tua dalam Mencegah Kekerasan Seksual pada Anak. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(5), 5342-5372.

Sugiono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sumartiningsih, M. S., & Prasetyo, Y. E. (2019). Literature Review: Pengaruh Cognitive Behavior Therapy terhadap Posttraumatic Stress Disorder Akibat Kekerasan pada Anak. Jurnal Pendidikan Keperawatan Indonesia, 5(2), 167-176.

Supriani, R. A., & Ismaniar, I. (2022). Upaya Pencegahan Kekerasan Seksual Pada Anak Usia Dini. Jambura Journal of Community Empowerment, 1-20.

Syafrina, R., & Rudi, R. (2021). Regulasi Emosi Guru PAUD Selama Proses Mengajar Saat Pandemi Covid-19. JECIE (Journal of Early Childhood and Inclusive Education), 4(2), 51-58.

Syahirah, M. I. (2023). KPAI Terima 64 Aduan Kekerasan Anak di Ranah Pendidikan. (Online), (KPAI Terima 64 Aduan Kekerasan Anak di Ranah Pendidikan (kompas.com)), diakses 31 Mei 2023.

Syambudi, I. (2020). Anak TK Usia 5 Tahun di Jogja Jadi Korban Pelecehan Seksual. (Online), (Anak TK Usia 5 Tahun di Jogja Jadi Korban Pelecehan Seksual (tirto.id)), diakses 31 Mei 2023.

Wahyudi, Y. (2019). Pola Komunikasi Keluarga dalam Mendidik Kesantunan Berbahasa Anak Usia Dini di Kota Medan (Doctoral dissertation).

Wajdi, F., & Arif, A. (2021). Pentingnya Pendidikan Seks bagi Anak sebagai Upaya Memahami dan Menghindari Kekerasan dan Pencegahan Kejahatan Seksual. Jurnal Abdimas Indonesia, 1(3), 129-137.

Yafie, E. (2017). Peran orang tua dalam memberikan pendidikan seksual anak usia dini. Junal CARE (Children Advisory Research and Education), 4(2).

Downloads

Published

2023-12-21

How to Cite

Wulandari, H. W., & Nurjanah, A. S. . (2023). Strategi Orang Tua dalam Upaya Mencegah Kekerasan Seksual pada Anak Usia Dini. JECIE (Journal of Early Childhood and Inclusive Education), 7(1), 1–10. https://doi.org/10.31537/jecie.v7i1.1140

Issue

Section

Articles