Pembelajaran STEAM terhadap Penguatan Media Pembelajaran Calistung bagi Anak Usia Dini
DOI:
https://doi.org/10.31537/jecie.v6i2.1136Keywords:
Pembelajaran, Calistung, STEAMAbstract
Pembelajaran calistung pada anak usia dini merupakan kemampuan dasar yang perlu dimiliki oleh anak, untuk masuk ke jenjang selanjutnya SD (Sekolah Dasar). Cara penerapan pembelajaran calistung ini kepada anak masih perlu dipertanyakan dalam proses pembelajaran, apa yang guru gunakan dalam media pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tentang Pembelajaran STEAM Terhadap Penguatan Media Pembelajaran Calistung bagi Anak Usia Dini. Menggunakan metode kualitatif dengan teknik analisis deskriptif dengan kajian studi kepustakaan atau library research. Hasil penelitian ini, pembelajaran STEAM dapat menjadi penguat terhadap proses pembelajaran calistung yang dikemas secara menarik dengan menggunakan media pembelajaran dengan materi yang telah dirancang oleh guru, agar tujuan pembelajaran dapat tercapai kepada anak. Terutama dalam proses pembelajaran anak usia dini, sehingga anak mampu menghadapi perkembangan generasi selanjutnya. Menindaklanjuti penelitian ini, maka penguatan pembelajaran calistung dengan menggunakan penerapan pembelajaran STEAM harus lebih dioptimalkan melalui media pembelajaran yang dapat menarik perhatian anak serta memotivasi anak dalam proses pembelajaran.
References
Adlini, M. N., Dinda, A. H., Yulinda, S., Chotimah, O., & Merliyana, S. J. (2022). Metode Penelitian Kualitatif Studi Pustaka. Edumaspul: Jurnal Pendidikan, 6(1), 974–980. https://doi.org/10.33487/edumaspul.v6i1.3394
Azizah, N., Putri, S. U., & Adjie, N. (2020). Efektivitas Penerapan Steam Berbantuan Augmented Reality Untuk Mengembangkan Kemampuan Bahasa Pada Anak Usia 5-6 Tahun. 1(1).
Basri, M., & Dwinamira, A. M. (t.t.). Peningkatan Berpikir Kritis Dan Kemampuan Matematika Awal Dengan Pembelajaran Steam Pada Anak Usia Dini Di Raudhatul Athfal (Ra) Tazkia.
Dian Pertiwi, Syafrudin, U., & Drupadi, R. (2021). Persepsi Orangtua terhadap Pentingnya CALISTUNG untuk Anak Usia 5-6 Tahun. PAUD Lectura: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(02), 62–69. https://doi.org/10.31849/paud-lectura.v4i02.5875
Fitria, A. (2018). Penggunaan Media Audio Visual Dalam Pembelajaran Anak Usia Dini. Cakrawala Dini: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2). https://doi.org/10.17509/cd.v5i2.10498
Imamah, Z., & Muqowim, M. (2020). Pengembangan kreativitas dan berpikir kritis pada anak usia dini melalui motode pembelajaran berbasis STEAM and loose part. Yinyang: Jurnal Studi Islam Gender dan Anak, 263–278. https://doi.org/10.24090/yinyang.v15i2.3917
Ismiyati, I. (2021). Pembuatan Alat Peraga Cerobong Hitung. JECIE (Journal of Early Childhood and Inclusive Education), 4(2), 76–84. https://doi.org/10.31537/jecie.v4i2.499
Iswara, P. P., Latifah, D., & Budiwati, D. S. (2013). Studi Tentang Kegiatan Bernyanyi Pada Anak Usia Dini Di Tk Sekolah Alam Bandung. 1(3).
Jayawardana, H. B. A., Gita, R. S. D., & Silalahi, A. (2022). Analisis Penggunaan Berbagai Macam Media Pembelajaran Sains Untuk Anak Usia Dini. JECIE (Journal of Early Childhood and Inclusive Education), 5(2), 71–75. https://doi.org/10.31537/jecie.v5i2.705
Karo-Karo, I. R., & Rohani, R. (2018). MANFAAT MEDIA DALAM PEMBELAJARAN. AXIOM?: Jurnal Pendidikan dan Matematika, 7(1). https://doi.org/10.30821/axiom.v7i1.1778
Khairi, H. (t.t.-b). Karakteristik Perkembangan Anak Usia Dini Dari 0-6 Tahun.
Khaironi, M. (2018b). Perkembangan Anak Usia Dini. Jurnal Golden Age, 2(01), 01. https://doi.org/10.29408/goldenage.v2i01.739
Kusumawati, I. (2022). Implementasi Metode Steam Berbasis Media Film Dalam Meningkatkan Aspek Kognitif Pada Pendidikan Anak Usia Dini. 1.
Mahnun, O. N. (2012). (Kajian terhadap Langkah-langkah Pemilihan Media dan Implementasinya dalam Pembelajaran). 37(1).
Melly Febrida. (2014, Mei 2). Sebaiknya Anak TK Tidak Dibebani Pelajaran Calistung. liputan6.com. https://www.liputan6.com/health/read/2044574/sebaiknya-anak-tk-tidak-dibebani-pelajaran-calistung
Najamuddin, N., Fitriani, R., & Puspandini, M. (2022). Pengembangan Bahan Ajar Science, Technology, Engineering, Art and Mathematics (STEAM) Berbasis Loose Part untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Anak Usia Dini. Jurnal Basicedu, 6(1), 954–964. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i1.2097
Nurhikmayati, I. (2019). Implementasi STEAM Dalam Pembelajaran Matematika. Didactical Mathematics, 1(2). https://doi.org/10.31949/dmj.v1i2.1508
Prameswari, T. & Anik Lestariningrum. (2020). Strategi Pembelajaran Berbasis STEAM Dengan Bermain Loose Parts Untuk Pencapaian Keterampilan 4c Pada Anak Usia 4-5 Tahun. Efektor, 7(1), 24–34. https://doi.org/10.29407/e.v7i2.14387
Rahayu, N. (2018). Pembelajaran Calistung bagi Anak Usia Dini. A?f?lun?: Journal of Islamic Early Childhood Education, 1(2), 53–58. https://doi.org/10.32505/atfaluna.v1i2.922
Rohmawati, A., & Prisdiana, E. (2022). Pembelajaran Steam Melalui Media Cerita Animasi Untuk Kelompok B Di Ra Abdullah Bin Umar Gedangan-Malang.
Rupnidah, R., & Suryana, D. (2022). Media Pembelajaran Anak Usia Dini. 1.
Saputra, A. (t.t.). Pendidikan Anak Pada Usia Dini.
Turnip, H. A., & Wijayaningsih, L. (2022). Pengembangan Dadu QR Code untuk Alternatif Pengenalan Calistung Anak Usia 5 – 6 Tahun. Jurnal Obsesi?: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(5), 4392–4404. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i5.2595
Ulwiyah, I. (2022). Pemanfaatan Aplikasi ‘English For Kids’ untuk Memperkaya Kosakata Bahasa Inggris Anak Usia Dini. JECIE (Journal of Early Childhood and Inclusive Education), 5(2), 82–90. https://doi.org/10.31537/jecie.v5i2.707
Wulansuci, G. (2021). Stres Akademik Anak Usia Dini: Pembelajaran CALISTUNG vs. Tuntutan Kinerja Guru. Golden Age: Jurnal Ilmiah Tumbuh Kembang Anak Usia Dini, 6(2), 79–86. https://doi.org/10.14421/jga.2021.62-03
Wulansuci, G., & Kurniati, E. (2019a). Pembelajaran Calistung (Membaca, Menulis, Berhitung) Dengan Resiko Terjadinya Stress Akademik Pada Anak Usia Dini.
Zaini, H., & Dewi, K. (2017). Pentingnya Media Pembelajaran Untuk Anak Usia Dini. Raudhatul Athfal: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 1(1), 81–96.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Siti Afifatul Arifah, Hayani Wulandari

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.