Pengaruh Kepemimpinan Visioner Kepala Sekolah terhadap Quality Assurance Sekolah Lembaga PAUD Aisyiyah Kabupaten Jember
DOI:
https://doi.org/10.31537/jecie.v6i2.1096Keywords:
Visionary Leadership; Quality Assurance; SchoolsAbstract
Latar belakang dari penelitian ini adalah bahwa kepemimpinan merupakan kekuatan penting dalam pengelolaan organisasi, kemampuan memimpin secara efektif merupakan kunci keberhasilan dari suatu organisasi yang dapat mendorong sekolah untuk dapat mewujudkan visi dan misi, tujuan dan sasaran sekolah melalui program-program sekolah yang dilaksanakan secara terencana dan bertahap.Tujuan Penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh kepemimpinan visioner terhadap quality assurance suatu lembaga pendidikan, dikarenakan sebagai pemimpin di lembaganya harus mampu membawa lembaga ke arah tercapainya tujuan yang telah ditetapkan. Metode Penelitian yang digunakan peneliti menggunakan pendekatan penelitian kuantitatif deskriptif. Hasil Penelitian diperoleh bahwa nilai dari Pearson Correlation untuk Persampahan (%) sebesar 1, artinya adalah hubungan antara quality assurance sangat berpengaruh untuk menumbuhkan kepemimpinan Visioner. Dalam proses menjalankan tugas kepemimpinanya, terkait dengan mutu sekolah, kepala sekolah berpedoman pada quality assurance agar mampu untuk pengembangan proses pendidikan sesuai dengan standar proses yang telah disepakati.
References
Adriansyah, H., Handayani, I. F., & Maftuhah, M. (2022). Peran pemimpin visioner dalam mewujudkan budaya sekolah berkarakter. Journal of Islamic Education and Innovation, 3(1), 23–35. https://doi.org/10.26555/jiei.v3i1.6162
Ali, R., Arifin, I., Mukarom, A. M., Middle, A. I., Rt, L., Prov, M., & Timur, J. (2022). Quality Assurance in Education ( Case Study at Ar-Rohmah Integral Middle School ). 1st Tarbiyah Suska Conference Series, 211–217.
Alifiyah, I., & Juharyanto, A. I. (2019). Kepemimpinan Visioner Kepala Sekolah Dalam Mengembangkan Karakter Peserta Didik. JAMP: Jurnal Adminitrasi Dan Manajemen Pendidikan, 2. http://journal2.um.ac.id/index.php/jamp/
Fadillah, M. H., Sanusi, S., & Efendi, P. (2020). Peningkatan Mutu Pendidikan Berbasis Manajemen Sekolah Model. Kelola: Journal of Islamic Education Management, 5(2), 111–124. file:///C:/Users/vcA/Downloads/1556-4834-1-PB.pdf
Fitrah, M. (2022). Peran Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan. Jurnal Penjaminan Mutu, 2(2), 175–183. https://doi.org/10.51878/educator.v2i2.1307
Fitriyah, I., & Santosa, A. B. (2020). Kepemimpinan Kepala Sekolah Dalam Menghadapi Era Revolusi Industri 4.0 Untuk Meningkatkan Mutu Sekolah. JMKSP (Jurnal Manajemen, Kepemimpinan, Dan Supervisi Pendidikan), 5(1), 65. https://doi.org/10.31851/jmksp.v5i1.3538
Fransiska, Winda;Harapan, E. (2020). Pengaruh Kepemimpinan Visioner Kepala Sekolah dan Disiplin Guru terhadap Kinerja Guru Sekolah Dasar. Journal of Education Research, 1(3), 308–316.
Halimah, S., Rahmawati, I., Lestari, H., Studi Manajemen Pendidikan Islam, P., & Sahid, I. (2022). Hubungan Kepemimpinan Visioner terhadap Mutu Layanan Sekolah di SMPN Satu Atap 01 Nanggung Bogor. Jurnal Dirosah Islamiyah, 4. https://doi.org/10.17467/jdi.v4i3.1188
Hanif, M., & Budi, S. (2020). Kepemimpinan Visioner Kepala Madrasah MIN 13 Ngawi dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan. SALIMIYA:Jurnal Studi Ilmu Keagamaan Islam, 1(4). https://ejournal.iaifa.ac.id/index.php/salimiya
Harapan, E. (2017). Visi Kepala Sekolah Sebagai Penggerak Mutu Pendidikan. JMKSP (Jurnal Manajemen, Kepemimpinan, Dan Supervisi Pendidikan), 1(2), 133–145. https://doi.org/10.31851/jmksp.v1i2.1014
Hardani, Andriani, H., Ustiwaty, J., Utami, E. F., Istiqomah, R. R., Fardani, R. A., Sukmana, D. J., & Auliya, N. H. (2020). Buku Metode Penelitian Kualitatif & Kuantitatif (H. Abadi (ed.); 1st ed.). Penerbit Pustaka Ilmu. https://www.researchgate.net/publication/340021548
Hasnadi, H. (2021). Total Quality Management: Konsep Peningkatan Mutu Pendidikan. SAP (Susunan Artikel Pendidikan), 6(2). https://doi.org/10.30998/sap.v6i2.9331
Karwan, D., Hariri, H., & Ridwan, R. (2020). Visionary Leadership: What, Why, and How. ICOPE, April. https://doi.org/10.4108/eai.16-10-2020.2305217
Lestari, K. P., Hendarman, H., & Hidayat, R. (2022). Peningkatan Produktivitas Kerja Guru Melalui Pengembangan Efikasi Diri Dan Kepemimpinan Visioner. Jurnal Manajemen Pendidikan, 10(1), 037–042. https://doi.org/10.33751/jmp.v10i1.5063
Lifornita, V., & Sholeh, M. (2021). Penerapan Kepemimpinan Visioner Kepala Sekolah Pada Pendidikan Dasar di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Inspirasi Manajemen Pendidikan, 9(2), 403–416. ejournal.unesa.ac.id
Manora, H. (2019). Peranan Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan. Jurnal Edification, 1, 1–23. http://journal.universitaspahlawan.ac.id/index.php/jote/article/view/12282%0Ahttp://journal.universitaspahlawan.ac.id/index.php/jote/article/download/12282/9520
Molina, O. A. M. (2018). Visionary leadership in the administrative staff of the Guapan Educational Unit. Journal of Technology and Science Education, 8(2), 115–125. https://doi.org/10.3926/jotse.413
Mukti, N. (2018). Kepemimpinan Visioner Kepala Sekolah. Jurnal Kependidikan, 6(1), 71–90. https://doi.org/10.24090/jk.v6i1.1697
Mustiningsih;Maisyaroh;Ulfatin, N. (2020). Peran Kepemimpinan Visioner Kepala Sekolah Hubungannya Dengan Kesiapan Guru Menyongsong Revolusi Industri 4.0. JMSP:Jurnal Manajemen Dan Supervisi Pendidikan, 4(2).
Nabila, A. (2022). Konsepsi Manajemen, Manajemen Mutu, Dan Manajemen Mutu Pendidikan. Journal Ability:Journal of Education and Social Analysis, 3(1).
Ngadi; Sudharto;Abdullah, G. (2016). Pengaruh Kepemimpinan Kepala Sekolah dan Kedisiplinan Guru Terhadap Mutu Sekolah di SD Daerah Binaan II Unit Pengelola Pendidikan Kecamatan Belik,Kabupaten Pemalang. Jurnal Manajemen Pendidikan (JMP), 9(2), 1–23.
Praja, R. T. (2018). Manajemen Peningkatan Mutu Sekolah. Lintang Rasi Aksara Books.
Priadana, Sidik;Sunarsi, D. (2021). Metode Penelitian Kuantitatif (1st ed.). Pascal Books.
Purwanto, R. (2021). Kepemimpinan Visioner Kepala Sekolah Terhadap Mutu dan Kualitas Sekolah di SD Negeri Soko. Jurnal Pendidikan Dan Teknologi Indonesia, 1(4), 151–160. https://doi.org/10.52436/1.jpti.26
Rachman etc, A. (2021). Peran Self Efficacy Dan Kecerdasan Interpersonal Guru Bagi Perkembangan Anak Usia Dini. Yaa Bunayya:Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 22–30.
Sari, M. N. (2017). Implementasi Manajemen Mutu Terpadu di PAUD PGTK IT Harapan Mulia. Jurnal Literasi, VIII(2), 111–118.
Sumarsono, R. B., Imron, A., Wiyono, B. B., & Arifin, I. (2019). Strategi Kepala Sekolah Dalam Mengoptimalkan Partisipasi Orangtua Untuk Meningkatkan Kualitas Sekolah. JMSP (Jurnal Manajemen Dan Supervisi Pendidikan), 4(1), 7–13. http://journal2.um.ac.id/index.php/jmsp/article/view/9772
Suparno, & Asmawati, L. (2018). Pengembangan Model Kepemimpinan Visioner Berkarakter Di Kota Serang. JTPPm (Jurnal Teknologi Pendidikan Dan Pembelajaran): Edutech and Intructional Research Journal, 5(2), 78–92.
Sutarto. (2013). Manajemen Mutu Terpadu (MMT-TQM). In UNY Press (Vol. 84). http://ir.obihiro.ac.jp/dspace/handle/10322/3933
Syahrum, & Salim. (2012). Metodologi Penelitian Kuantitatif (R. Ananda (ed.)). Citapustaka Media.
Taylor, C. M., Cornelius, C. J., & Colvin, K. (2014). Visionary leadership and its relationship to organizational effectiveness. Leadership and Organization Development Journal, 35(6), 566–583. https://doi.org/10.1108/LODJ-10-2012-0130
Wijaya, Aditya; Sanianingtyas, Erra;Setyowati, Femi;Arifin, Imron;Adha, M. A. (2022). School Organization Effective Concept In The Industrial Revolution 4.0 Era. Judika (Jurnal Pendidikan Unsika), 10, 97–109. https://doi.org/10.35706/judika.v10i1.4903
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Angraeny Unedia Rachman, Nurul Imamah, Tri Endang Jatmikowati

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.