Penerapan Pendidikan Karakter Melalui Kegiatan Pembelajaran di RA Nurut Tholibin Jember
DOI:
https://doi.org/10.31537/jecie.v6i2.1054Keywords:
pendidikan karakter, kegiatan pembelajaranAbstract
Penelitian ini bertujuan guna mengetahui bagaimana penerapan pendidikan karakter pada kegiatan pembelajaran di RA Nurut Tholibin Jember. Salah satu yang menjadi perhatian adalah penanaman pendidikan karakter yang dikaitkan dengan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Harian (RPPH). Berdasarkan wawancara yang dilaksanakan pada kepala sekolah, guru kelompok A & B penerapan pendidikan karakter diterapkan pada kegiatan pembuka, inti, dan penutup. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Subjek penelitian ini adalah kepala RA, guru kelompok A dan kelompok B. Analisis data penelitian kualitatif ini adalah dengan mengumpulkan data dan dilakukan kondensai data. Hasil penelitian menunjukkan penerapan pendidikan karakter melalui kegiatan pembelajaran ini memunculkan nilai karakter religius, disiplin, tanggung jawab, mandiri, kerja keras, dan kreatif.
References
Badawi. (2019). Pendidikan karakter dalam pembentukan akhlak mulia di sekolah. Prosiding SEMNASFIP, 207–218. https://jurnal.umj.ac.id/index.php/SEMNASFIP/index
Hadisi, L. (2015). Pendidikan Karakter Pada Anak Usia Dini La Hadisi. Jurnal Al-Ta’did, 8(2), 50–69. http://repository.iiq.ac.id/handle/123456789/228
Harahap, A. Z. (2021). Pentingnya Pendidikan Karakter Bagi Anak Usia Dini. Jurnal Usia Dini, 7(2), 49. https://doi.org/10.24114/jud.v7i2.30585
Jayawardana, H.B.A. (2016). Pendidikan Karakter Peduli Lingkungan Sejak Dini Sebagai Upaya Mitigasi Bencana Ekologis. Prosiding 2nd Symbion, 2 (2), 49-64.
Kemendiknas. (2012). Pedoman pendidikan karakter pada pendidikan anak usia dini. Direktorat Pembinaan Pendidikan Anak Usia Dini; Direktorat Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini, NonFormal, dan Informal.
Lickona, T. (2012). Pendidikan Karakter (Terjemahan Saut Pasaribu). touchstone.
Lubis, M. (2008). Evaluasi Pendidikan Nilai: Perkembangan Moral Keagamaan Mahasiswa. Pustaka Belajar.
Miles, M. B., Huberman, A. Mi., & Saldana, J. (2014). Qualitative Data Analysis A Methods Sourcebook (3rd ed.). SAGE. https://books.google.co.id/books?id=p0wXBAAAQBAJ&printsec=frontcove
Mulyasa. (2011). Manajemen Pendidikan Karakter. Bumi Kasara.
Samani, M., & Haryanto. (2011). Konsep dan Model Pendidikan Karakter. PT Remaja Rosdakarya.
Sanjaya, W. (2013). Kurikulum dan Pembelajaran. Kencana Prenada Media Group.
Siswanti, D., & Jaya, I. (2022). Pelaksanaan Pendidikan Karakter Pada Anak di Taman Kanak-kanak Pertiwi 1 Kota Padang. Jurnal Pendidikan AURA (Anak Usia Raudhatul Atfhal), 3(2), 71–78. https://doi.org/10.37216/aura.v3i2.663
Sugiyono. (2022). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Atika Zain Nurfathiyah

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.