Pendidikan Karakter Kepedulian Anak Usia 4-6 Tahun Melalui Kegiatan Kerja Bakti TK Dewi Masyithoh 53 Jember

Authors

  • Pawestri Indah Pertiwi Universitas Negeri Malang

DOI:

https://doi.org/10.31537/jecie.v6i2.1053

Keywords:

karakter kepedulian, kegiatan kerja bakti

Abstract

Pendidikan karakter anak usia dini bertujuan untuk menanamkan nilai kehidupan dan karakter yang baik sebagai bekal dalam kehidupan dimasa depan. Anak usia dini merupakan masa yang tepat untuk menanamkan karakter, karena anak bagaikan kertas putih yang belum ternodai. Guru memiliki peran penting dalam menanamkan karakter melalui contoh perilaku dan pembiasaan dalam kehidupan sehari-hari di sekolah. Salah satu karakter yang penting yaitu kepedulian lingkungan untuk membantuk rasa peduli dan tanggung jawab pada lingkungan. Kurangnya kegiatan di luar ruangan dan pengaruh teknologi dapat mengurangi kepedulian anak terhadap lingkungan, seingga menyebabkan kerusakan lingkungan. Mengatasi hal tersebut, dapat dilakukan melalui kegiatan kerja bakti di sekolah. Kegiatan tersebut diharapkan dapat mencetak individu yang lebih baik dalam menjaga dan melestarikan lingkungan. Metode penelitian yang digunakan yaitu kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Langkah pengumpulan data yaitu: 1)pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumen, 2)reduksi data, 3)hasil reduksi data menjadi naratif, dan 4)hasil penyajian data diartikan dan dianalisis untuk mendapat kesimpulan. Hasil penelitian yang dilakukan di TK Dewi Masyithoh 53, bahwa kegiatan kerja bakti dapat menanamkan nilai karakter kepedulian anak usia dini.

References

Adhe, K. R. (2014). Penanaman Karakter Anak Usia 5-6 Tahun Pada Masyarakat Samin. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 8(2), 275–290.

Cahyaningrum, E. S., Sudaryanti, S., & Purwanto, N. A. (2017). Pengembangan Nilai-Nilai Karakter Anak Usia Dini Melalui Pembiasaan dan Keteladanan. Jurnal Pendidikan Anak, 6(2), 203–213.

Hardati, P. (2015). Pendidikan Konservasi. Semarang: Magnum Pustaka Utama.

Harlistyarintica, Y., Wahyuni, H., -, W., Yono, N., Sari, I. P., & Cholimah, N. (2017). Penanaman Pendidikan Karakter Cinta Lingkungan Melalui Jari Kreasi Sampah Bocah Cilik Di Kawasan Parangtritis. Jurnal Pendidikan Anak, 6(1), 20–30.

Hayati, R. K., & Utomo, A. C. (2022). Penanaman Karakter Gotong Royong dan Tanggung Jawab melalui Metode Pembiasaan di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(4), 6419–6427.

Iswantiningtyas, V., & Wulansari, W. (2018). Pentingnya Penilaian Pendidikan Karakter Anak Usia Dini. Proceedings of The ICECRS, 1(3).

Jiwandono, I. S., Dewi, N. K., & Saputra, H. H. (2019). Kampanye Kebersihan Lingkungan Melalui Program Kerja Bakti Membangun Desa Di Lombok Utara. Jurnal Pendidikan dan Pengabdian Masyarakat, 2(2), 230–234.

Khaironi, M. (2017). Pendidikan Karakter Anak Usia Dini. Jurnal Golden Age, 01(2), 82–89.

Nurjannah, D., Wahyu, W., Sari, D. P., Maghfirah, W. S., & Oktanira, I. (2022). Pendidikan Karakter Peduli Lingkungan Melalui Kegiatan Berkebun Di Halaman Sekolah. BUHUTS AL-ATHFAL: Jurnal Pendidikan dan Anak Usia Dini, 2(1), 49–59.

Oktamarina, L. (2021). Meningkatkan Karakter Peduli Lingkungan Sejak Usia Dini Melalui Kegiatan Green School di PAUD Uswatunn Hasanah Palembang. Jurnal Ilmiah Potensia, 6(1), 37–44.

Saripudin, A. (2017). Strategi Pengembangan Kecerdasan Naturalis Pada Anak Usia Dini. AWLADY?: Jurnal Pendidikan Anak, 3(1).

Suryani, L., Tute, K. J., & Aje, A. U. (2019). Penumbuhan Karakter Cinta Lingkungan Hidup Melalui Kegiatan Kegiatan Di Organisasi Anak Cinta Lingkungan Kabupaten Ende NTT. Jurnal Lentera Pendidikan Pusat Penelitian LPPM UM METRO, 4(2), 23–34.

Suwandayani, B. I., Akbar, S., & Hanurawan, F. (2016). Model Pembelajaran Pendidikan Karakter Kelas I Di SD Negeri Kauman I Kota Malang. Jurnal Pendidikan, 1(10), 1981–1986.

Syafe’i, I. (2017). Pondok Pesantren: Lembaga Pendidikan Pembentukan Karakter. Al-Tadzkiyyah: Jurnal Pendidikan Islam, 8(1), 61.

Tillman, D. G., & Hsu, D. (2018). Living Values Education Activities for Children Ages 3-7 Book 1. Switzerland: ALIVE.

Yaumi, M. (2014). Pendidikan Karakter. Jakarta: Prenadamedia Group.

Downloads

Published

2023-07-14

How to Cite

Pertiwi, P. I. . (2023). Pendidikan Karakter Kepedulian Anak Usia 4-6 Tahun Melalui Kegiatan Kerja Bakti TK Dewi Masyithoh 53 Jember. JECIE (Journal of Early Childhood and Inclusive Education), 6(2), 122–129. https://doi.org/10.31537/jecie.v6i2.1053

Issue

Section

Articles