Pembentukan Nilai Karakter Kejujuran Melalui Aktivitas Menabung pada Anak Usia Dini di Raudhatul Athfal Nurul Islam Kecamatan Seberida
DOI:
https://doi.org/10.31537/jecie.v6i2.1052Keywords:
karakter, kejujuran, aktivitas menabungAbstract
Kejujuran bagi anak usia prasekolah merupakan hal yang paling penting dan direkomendasikan pada masa kecil. Pentingnya nilai kejujuran ditumbuhkan pada anak sejak usia dini agar anak terbiasa untuk selalu jujur dalam perkatan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi dan menggambarkan bagaimana proses pembentukan karakter kejujuran melalui aktivitas menabung pada anak usia dini di RA Nurul Islam Kecamatan Seberida. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Subjek penelitian terdiri dari 20 anak kelompok B dan guru RA Nurul Isalam. Data dikumpulkan melalui wawancara dengan guru, observasi, dan analisis arsip. Data yang terkumpul dianalisis secara deskriptif kualitatif dengan menggunakan reduksi data, penyajian data, dan inferensi. Hasil observasi menunjukkan bahwa karakter kejujuran pada anak teridentifikasi sebagai berikut: (a) anak belajar untuk mengumpulkan uang dengan jujur dan tidak memalsukan jumlah uang, (b) anak terbiasa disiplin dalam aktivitas menabung di sekolah, (c) anak bertanggung jawab, (d) anak meniru sikap bersyukur, dan (e) anak mengucapkan terima kasih. Sangat penting bagaimana guru bertindak sebagai contoh, fasilitator, dan motivator bagi anak dalam kegiatan keagamaan untuk membentuk karakter religius pada anak
References
Adriani, F. V., Marmawi, R., & Amalia, A. (2021). Strategi Penanaman Nilai Kejujuran Pada Anak Usia 5-6 Tahun Di TK Negeri Pembina Pontianak Barat. Jurnal Pendidiian Dan Pengajaran, 10(3), 1–9.
Aulia, & Rani, L. (2016). Implementasi Nilai Religius dalam Pendidikan Karakter Bagi Peserta Didik di Sekolah Dasar Juara Yogyakarta. Jurnal Kebijakan Pendidikan Edisi 3 Vol. V Tahun 2016, V, 14–23.
Evi Nur Khofifah, & Siti Mufarochah. (2022). Penanaman Nilai-Nilai Karakter Anak Usia Dini Melalui Pembiasaan Dan Keteladanan. AT-THUFULY?: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 2(2), 60–65. https://doi.org/10.37812/atthufuly.v2i2.579
Hendarwati, E., , W., & Setiawan, A. (2019). Implementasi Nilai Kejujuran Pada Anak Usia Dini Melalui Media Ular Tangga. Motoric, 3(1), 26–39. https://doi.org/10.31090/m.v3i1.884
Hidayah, A. R., Hediyati, D., & Setianingsih, S. W. (2018). Penanaman Nilai Kejujuran Melalui Pendidikan Karakter Pada Anak Usia Dini Dengan Teknik Modeling. Penguatan Karakter Bangsa Melalui Inovasi Di Era Digital, 1(1), 109–114. http://ejurnal.mercubuana-yogya.ac.id/index.php/Prosiding_KoPeN/article/view/893/573
Jayawardana, H.B.A. (2016). Pendidikan Karakter Peduli Lingkungan Sejak Dini Sebagai Upaya Mitigasi Bencana Ekologis. Prosiding 2nd Symbion, 2 (2), 49-64.
Marlina, N., & Iskandar, D. (2019). Gerakan Menabung Sejak Dini di Rowosari. Jurnal Pengabdian Vokasi, 1(1), 27–32. https://ejournal2.undip.ac.id/index.php/jpv/article/view/4804
Munif, M., Rozi, F., & Yusrohlana, S. (2021). Strategi Guru dalam Membentuk Karakter Siswa melalui Nilai-nilai Kejujuran. Fondatia, 5(2), 163–179. https://doi.org/10.36088/fondatia.v5i2.1409
Pitaloka, D. L., Dimyati, D., & Purwanta, E. (2021). Peran Guru dalam Menanamkan Nilai Toleransi pada Anak Usia Dini di Indonesia. Jurnal Obsesi?: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 1696–1705. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i2.972
Putry, R. (2019). Nilai Pendidikan Karakter Anak Di Sekolah Perspektif Kemendiknas. Gender Equality: International Journal of Child and Gender Studies, 4(1), 39. https://doi.org/10.22373/equality.v4i1.4480
Rahmalia, Z., & Suriadi, A. (2022). Sosialisasi Gerakan Semangat Menabung Sejak Dini Serta Mengedukasi Perbedaan Antara Kebutuhan Dan Keinginan. Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, 2(1), 461–466.
Tillman, D. G., & Hsu, D. (2018). Living Values Education Activities for Children Ages 3-7. Alive.
Umar, M., Ismail, F., & Syawie, N. (2021). Implementasi Pendidikan Karakter Berbasis Moderasi Beragama Pada Jenjang Pendidikan Anak Usia Dini. EDUKASI: Jurnal Penelitian Pendidikan Agama Dan Keagamaan, 19(1), 101–111. https://doi.org/10.32729/edukasi.v19i1.798
Yasbiati, Y., Mulyana, E. H., Rahman, T., & Qonita, Q. (2019). Profil Kejujuran Anak Usia 5-6 Tahun di RA-At-Taufiq Kota Tasikmalaya. Jurnal Pendidikan Anak, 8(2), 99–106. https://doi.org/10.21831/jpa.v8i2.28591
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Risqa Fina Fauziyah

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.