Penerapan Penguatan Pendidikan Karakter Melalui Metode Pembiasaan Guna Pembentukan Kemandirian Anak Usia Dini di KB Azzahroh Serang

Authors

  • Nadhifa Qurrotu Aini Universitas Sultan Ageng Tirtayasa
  • Nandang Faturohman Universitas Sultan Ageng Tirtayasa
  • Dadan Darmawan Universitas Sultan Ageng Tirtayasa

DOI:

https://doi.org/10.31537/jecie.v6i2.1051

Keywords:

Pendidikan Karakter, Metode Pembiasaan, Kemandirian Anak Usia Dini

Abstract

Penguatan Pendidikan Karakter (PPK) merupakan salah satu butir Nawacita Presiden Joko Widodo dalam memperkuat pendidikan karakter bangsa. Penguatan Pendidikan Karakter (PPK) memiliki nilai-nilai utama yang dikembangkan dalam budaya satuan Pendidikan. Dan diantara kelima nilai utama karakter yang perlu dikembangkan, salah satu nilai yang penting untuk anak usia dini yaitu nilai kemandirian. Pendidikan karakter harus diterapkan sejak sedini mungkin. Masa usia dini merupakan fondasi awal untuk pertumbuhan dan perkembangan seseorang di masa depan kelak. Dalam pembentukan karakter mandiri dalam diri anak dapat dilakukan dengan berbagai cara salah satunya yaitu metode pembiasaan. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui bagaimana penerapan metode pembiasaan dalam pembentukan kemandirian anak usia dini dan bagaimana peningkatan hasil kemandirian anak usia dini setelah diterapkan metode pembiasaan. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan metode desktiptif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa metode pembiasaan yang dilakukan oleh pendidik dilihat dari kegiatan rutin, kegiatan spontan, dan keteladanan sukkah cukup baik dan menghasilkan suatu peningkatan pada kemandirian anak usia dini.

References

Abidah, S. B. (2021). Peran Guru dalam Meningkatkan Kemandirian Anak Usia Dini di TK Muslimat NU 001 Ponorogo (Doctoral dissertation, IAIN Ponorogo).

Amilda, A. (2017). Pembentukan Karakter Anak Usia Dini Melalui Pembiasaan. Raudhatul Athfal: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 1(2).

Amini, Mukti, & Mariyati. (2021). Meningkatkan Karakter Anak Usia Dini melalui Pemberian Penguatan. Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2).

Ardianti, A., Marmawi, R., & Lukmanulhakim, L.(2016) Peranan Guru Dalam Penanaman Kemandirian Anak Usia 5-6 Tahun Di Tk Mazmur 21 Pontianak Selatan (Doctoral dissertation, Tanjungpura University).

Arianti, A. (2019). Peranan Guru dalam meningkatkan motivasi belajar siswa. Didaktika: Jurnal Kependidikan, 12(2), 117-134.

DITJEN_PAUDNI. (2012). Pedoman Penanaman Sikap Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta: Direktorat Pembinaan Pendidikan Anak Usia Dini

Fadhilah, N.L. (2022). Deskripsi Pengembangan Keberanian Anak Usia 4-5 Tahun Dalam Aktivitas Pembelajaran Dengan Metode Bercakap-cakap di RA Muslimat NU Banyukuning Tahun 2020/2021.

Fadlillah, M., & Khorida, L. M. (2013). Pendidikan karakter anak usia dini. Jogjakarta: Ar-Ruzz Media.

Gufron, A. (2018). Perkembangan Kreativitas Anak Taman Kanak-Kanak (Studi Komparatif Tk Sekar Jepara & Ra Darul Hikmah Jepara). Tarbawi: Jurnal Pendidikan Islam, 15(1).

Hayati, R. K., & Utomo, A. C. (2022). Penanaman Karakter Gotong Royong dan Tanggung Jawab melalui Metode Pembiasaan di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(4), 6419-6427.

Ismail, M. J. (2021). Pendidikan Karakter Peduli Lingkungan dan Menjaga Kebersihan di Sekolah. Guru Tua: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 4(1), 59-68.

Jannati, M. (2021). Hubungan Motivasi Belajar Dengan Kemandirian Belajar Siswa Di Smp N 4 Batusangkar, IAIN Batusangkar

Karso, K. (2019, February). Keteladanan Guru dalam Proses Pendidikan di Sekolah. In Prosiding Seminar Nasional Program Pascasarjana Universitas PGRI PALEMBANG (Vol. 12, No. 01).

Kemendikbud. (2017). Infografis Penguatan Pendidikan Karakter (PPK). Jakarta: Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia.

Kemendikbud. (2019). Panduan Praktis Penguatan Pendidikan Karakter Pada Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta: Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia. (online), (https://paudpedia.kemdikbud.go.id/uploads/pdfs/TINY_20211011_095623.pdf), diakses 4 Mei 2023

Khafidah, W. (2019). Pembangunan Karakter Mandiri Anak di PAUD Salsabila, Kota Banda Aceh. Indonesian Journal of Islamic Early Childhood Education, 4(1), 79-88.

Khotimah, T. H., Syukri, M., & Lukmanulhakim (2016) Kerjasama Antara Guru dan Orang Tua dalam Mengembangkan Perilaku Mandiri Anak di TK. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa (JPPK), 5(5).

Kumalasari, D. A. (2019). Pengaruh Stimulasi Orang Tua Terhadap Kemandirian Anak Usia Dini Di Tk Dharma Wanita Desa Pepe Kecamatan Tegowanu Kabupaten Grobogan (Doctoral dissertation, UNNES).

Laily, E. U.(2022) Meningkatkan Rasa Percaya Diri Anak Usia 5-6 Tahun Melalui Metode Bernyanyi Di TK Hangtuah 11 Jakarta (Bachelor's thesis, Jakarta: FITK UIN Syarif Hidayatullah Jakarta).

Magfiroh, L., Desyanty, E. S., & Rahma, R. A. (2019). Pembentukan karakter disiplin anak usia dini melalui metode pembiasaan di TK Aisyiyah Bustanul Athfal 33 Kota Malang. Jurnal Pendidikan Nonformal, 14(1), 54-67.

Masyithoh, S. (2016). Meningkatkan Kemampuan Membaca Permulaan Melalui Media Balok Huruf Pada Kelompok B TK Negeri Pembina Bantul. Yogyakarta: PG PAUD UNY.

Mukhtar. (2013). Metode Praktis Penelitian Deskriptif Kualitatif. Jakarta: Referensi

Munthe, A. P., & Halim, D. (2019). Pendidikan karakter bagi anak usia dini melalui buku cerita bergambar. Satya Widya, 35(2), 98-111

Pareira, M. I. R., & Atal, N. H. (2019). Peningkatan Kemandirian Anak Usia 4-5 Tahun Melalui Bercerita. Jurnal PG-PAUD Trunojoyo: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Anak Usia Dini, 6(1), 35-42.

Pareira, M. I. R., & Atal, N. H. (2019). Peningkatan Kemandirian Anak Usia 4-5 Tahun Melalui Bercerita. Jurnal PG-PAUD Trunojoyo: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Anak Usia Dini, 6(1), 35-42.

Putri, A. H., & Amaliyah, N. (2022). Peran Apresiasi Orang Tua Terhadap Pembentukkan Karakter Siswa Madrasah Ibtidaiyah. Jurnal Basicedu, 6(4), 7368-7376.

Putri, D. M. C. K. (2014). Upaya Meningkatkan Rasa Percaya Diri Pada Peserta Didik Dengan Unjuk Diri Menggunakan Media Pop Up Book Di Tk Baithul Hikmah. Skripsi. Yogyakarta: Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Yogyakarta.

Rahim, Rahmawati (2014). Membina Karakter Anak Yang Islami di Taman Kanak-kanak ABA Aisyiyah Athfal Palembang. Universitas Islam Negeri Raden Fatah Palembang. Vol 20, No. 1.

Rizkyani, F., Adriany, V., & Syaodih, E. (2020). Kemandirian anak usia dini menurut pandangan guru dan orang tua. Edukid, 16(2), 121-29.

Rubiyani, A. F. (2016). Upaya Meningkatkan Kemandirian Anak Melalui Bermain Air “Berenang” Kelompok B TK Pertiwi Toyareja Kecamatan Purbalingga Kabupaten Purbalingga Semester Genap Tahun Ajaran 2015-2016 (Doctoral dissertation, Universitas Muhammadiyah Purwokerto).

Sa’ida, N. (2016). Kemandirian Anak Kelompok A Taman Kanak-Kanak Mandiri Desa Sumber Asri Kecamatan Nglegok Kabupaten Blitar. Jurnal Pedagogi, 2(3), 20160.

Salina, E., & Thamrin, M. (2014). Faktor-faktor penyebab anak menjadi tidak mandiri pada usia 5-6 tahun di Raudatul Athfal Babussalam. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa (JPPK), 3(6).

Salsabila, J., & Tarigan, N. (2021). Studi Tentang Sikap Tanggung Jawab Anak Usia 5-6 Tahun Di TK Fajar Cemerlang Sei Mencirim. Jurnal Golden Age, 5(01), 111-118.

Saputri, A. T. (2016). Penanaman Nilai Kemandirian dan Kedisiplinan Bagi Anak Usia Dini Siswa TK B di Kelompok Bermain Mutiara Hati Purwokerto (Doctoral dissertation, IAIN Purwokerto).

Sari, M., & Ahmad, A. (2020). Pengembangan Karakter Mandiri Anak Usia Dini di TK Aisyiyah Bustanul Athfal Batoh Banda Aceh. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2).

Sit, M., Khadijah, K., Nasution, F., & Sitorus, A. S. (2016). Pengembangan kreativitas anak usia dini (teori dan praktik. Medan: Perdana Publishing

Sulistyowati, F. (2016). Melatih Kemandirian Anak Usia Dini Melalui Pemberian Pujian Pada Anak Kelompok A1 di TK Pertiwi Ganjar Agung Tahun Pelajaran 2014/2015. JURNAL LENTERA PENDIDIKAN PUSAT PENELITIAN LPPM UM METRO, 1(1), 61-69.

Suryana, D. (2016). Pendidikan Anak Usia Dini: Stimulasi & Aspek Perkembangan Anak. Jakarta: Prenada Media.

Susanti, A., & Widuri, E. L. (2013). Penyesuaian diri pada anak taman kanak-kanak (Doctoral dissertation, Universitas Ahmad Dahlan).

Susanto, A. (2012). Perkembangan Anak Usia Dini. Jakarta: Kencana

Tabi'in, A. (2020). Pola Asuh Demokratis sebagai Upaya Menumbuhkan Kemandirian Anak di Panti Asuhan Dewi Aminah. KINDERGARTEN: Journal of Islamic Early Childhood Education, 3(1), 30-43.

Wiyani, N. A. (2016). Bina Karakter Anak Usia Dini: Panduan Orang Tua dan Guru dalam Membentuk Kemandirian Dan Kedisiplinan Anak Usia Dini. Yogyakarta: Ar-ruzz Media.

Downloads

Published

2023-07-14

How to Cite

Aini, N. Q., Faturohman, N. ., & Darmawan, D. . (2023). Penerapan Penguatan Pendidikan Karakter Melalui Metode Pembiasaan Guna Pembentukan Kemandirian Anak Usia Dini di KB Azzahroh Serang. JECIE (Journal of Early Childhood and Inclusive Education), 6(2), 98–113. https://doi.org/10.31537/jecie.v6i2.1051

Issue

Section

Articles