Pengaruh Kegiatan Rutin Upacara Bendera terhadap Pembentukan Karakter Disiplin Anak Usia 4-5 Tahun di TK Suluh Tani Kabupaten Jember

Authors

  • Ratnasari Dwi Ade Chandra Universitas PGRI Argopuro Jember
  • Nurhafit Kurniawan Universitas PGRI Argopuro Jember
  • Linda Ayu Lestari Universitas PGRI Argopuro Jember

DOI:

https://doi.org/10.31537/jecie.v6i2.1039

Keywords:

Upacara Bendera, Pembentukan Karakter, Disiplin, Anak Usia Dini

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji adakah pengaruh kegiatan rutin upacara bendera terhadap pembentukan karakter disiplin anak usia 4-5 tahun di TK Suluh Tani. Pengambilan sampel menggunakan teknik simple random sampling. Sampel yang diambil yaitu kelompok A dengan 33 anak. Penelitian ini menggunakan satu variabel independen yaitu kegiatan rutin upacara bendera (X) dan satu variabel dependen yaitu pembentukan karakter disiplin (Y). Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif. Teknik analisis data yang digunakan adalah regresi linier sederhana. Hasil dari penelitian ini diketahui nilai signifikansi 0,000 yang artiny alebih kecil dari 0,05. Selain itu pada variabel independen (kegiatan rutin upacarabendera) diperoleh nilai thitung = 4.551>1.696 = ttabel. Sehingga dapat disimpulkan bahwaH0 ditolak dan Ha diterima yang berarti ada pengaruh yang signifikan antara kegiatan rutin upacara bendera terhadap pembentukan karakter disiplin anak.

References

Ali, A. M. (2018). Pendidikan Karakter Konsep dan Implementasinya. Jakarta: Prenadamedia Group.

Arikunto, S. (2012). Prosedur Penelitian. Jakarta: PT RINEKA CIPTA.

Audina, D. (2021). "Pendidikan Karakter Cinta Tanah Air dan Kedisiplinan dalam Kegiatan Upacara Bendera di Sekolah Dasar DKI Jakarta". Jurnal Pendidikan Dasar. 5 (1), 66-72

Aulina, C. N. (2013). “Penanaman Disiplin Pada Anak Usia Dini”. Jurnal Pedagogia. 2 (1), 54-59

Fatimah, S. (2021). Pengaruh Permainan Origami Terhadap Kreativitas anak. Jember: Universitas PGRI Argopuro Jember.

Hasanah, U. (2018). “Metode Pengembangan Moral dan Disiplin Anak Usia Dini”. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini. 2 (1), 35-39

Kesuma, D. (2012). Pendidikan Karakter. Bandung: PT Rosdakarya Offset.

Larasati, P. (2014). Pengaruh Upacara Bendera Terhadap Sikap Nasionalisme Pelajar Sekolah Dasar di Blok E Mustika Grande Bekasi. Jakarta: Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta.

Machfiroh, L. (2019). “Pembentukan Karakter Disiplin Anak Usia Dini Melalui Metode Pembiasaan”. Jurnal Pendidikan Nonformal. 14 (1), 55-62

Melati, R. S. (2021). “Analisis Karakter Disiplin dan Tanggung Jawab Siswa Sekolah Dasar Pada Masa Pembelajaran Daring”. Edukatif Jurnal Ilmu Pendidikan. 3 (5), 3062-3071

Nuthbrown, C. (2015). Pendidikan Anak Usia Dini: Sejarah, Filosofi, dan Pengalaman. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Primavera, I. (2017). Peran Upacara Bendera Dalam Membentuk Karakter Disiplin, Tanggung Jawab dan Semangat Kebangsaan Peserta Didik. Purwokerto: Universitas Muhammadiyah Purwokerto.

Rimm, S. (2013). Mendidik dan Menerapkan Disiplin pada anak. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama Jakarta.

Salsabila, F. (2022). “Pembentukan Karakter Disiplin Anak: Sebuah Tinjauan Dari Pendidikan Anak Usia Dini. Pratama Widya: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini. 7 (1), 30-39

Sayyinah, F. (2021). Pengaruh Pembiasaan Kedisiplinan Terhadap Karakter Religius pada Anak Usia 5-6 Tahun di TK Nurus Sa’adah 03. Jember: Universitas PGRI Argopuro Jember.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Sukra, N. (2019). “Penanaman Disiplin Melalui Kegiatan Upacara Bendera Di Taman Kanak-Kanak Kemala Bhayangkari 03 Alai Padang”. Jurnal Warna. 3 (1), 45-49

Utami, F. (2021). “Pengasuhan Keluarga terhadap Pengembangan Karakter Disiplin Anak Usia Dini”. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini. 5 (2), 1777-1786

Tim Penyusun. (2022). Pedoman Penulisan Tugas Akhir Mahasiswa. Jember: Universitas PGRI Argopuro Jember.

Downloads

Published

2023-07-14

How to Cite

Chandra, R. D. A. ., Kurniawan, N. ., & Lestari, L. A. (2023). Pengaruh Kegiatan Rutin Upacara Bendera terhadap Pembentukan Karakter Disiplin Anak Usia 4-5 Tahun di TK Suluh Tani Kabupaten Jember . JECIE (Journal of Early Childhood and Inclusive Education), 6(2), 75–81. https://doi.org/10.31537/jecie.v6i2.1039

Issue

Section

Articles