Penerapan Metode Pembelajaran Variatif dalam Menumbuhkan Minat Baca dan Belajar Anak Sejak Usia Dini di biMBA AIUEO Kunciran Kota Tangerang

Authors

  • Isnaida Khofiah Universitas Sultan Ageng Tirtayasa
  • Ila Rosmilawati Universitas Pendidikan Indonesia
  • Ino Sutisno Rawita Universitas Pendidikan Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31537/jecie.v6i2.1000

Keywords:

Variative Learning Methods, Interest Reading and Learning, Metode Pembelajaran Variatif, Minat Baca dan Belajar

Abstract

Kajian penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) Bagaimana penerapan metode pembelajaran variatif dalam menumbuhkan minat baca dan belajar anak sejak usia dini di biMBA AIUEO Kunciran, Kota Tangerang (2) Perkembangan minat baca dan belajar anak sejak usia dini melalui penerapan metode pembelajaran variatif di biMBA AIUEO Kunciran, Kota Tangerang. Dalam penelitian ini, penelitian menggunakan metode deskriptif  dengan pendekatan kualitatif dan dalam teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Informan dalam penelitian ini yaitu 1 kepala unit, 2 pengajar, dan 4 peserta didik beserta 4 orang tua di biMBA AIUEO Kunciran. Hasil penelitian yang sudah dilakukan menunjukkan bahwa (1) Penerapan metode pembelajaran variatif di biMBA AIUEO dapat dikatakan cukup berhasil hal ini dilihat dari penerapan metode pembelajaran di biMBA AIUEO yaitu fun learning, small step system, individual system, dan variation skill (2) Terdapat perkembangan minat baca anak dan minat belajar anak melalui penerapan metode pembelajaran variatif.

References

Aprinawati, I. (2017). Penggunaan Media Gambar Seri Untuk Meningkatkan Kemampuan Berbicara Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini , 1 (1), 72-80.

Kurniasari, ND, & Arkansyah, M. (2018). Penggunaan Saluran Komunikasi Dan Minat Wisatawan Berkunjung Ke Wisata Kabupaten Bangkalan. Jurnal Pamator: Jurnal Ilmiah Universitas Trunojoyo , 11 (1), 42-51

Kurniati, A. (2013). Aplikasi Pendekatan Pembelajaran Individual Mata Pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan Pada Siswa Difabel (Tunanetra) di MAN Maguwoharjo. Jurnal Kewarganegaraan , 3 (1), 54.

Nisa, A. (2017). Pengaruh perhatian orang tua dan minat belajar siswa terhadap prestasi belajar ilmu pengetahuan sosial. Faktor: Jurnal Ilmiah Kependidikan , 2 (1), 1-9.

Sanjaya, W. (2010). Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan, cet. VII, Jakarta: Prenada Media Group.

Sumitra, A., Windarsih, CA, Elshap, DS, & Jumiatin, D. (2019). Meningkatkan Kemampuan Mengenal Huruf Pada Anak Usia Dini Melalui Metode Bercerita Menggunakan Boneka Jari. Tunas Siliwangi: Jurnal Program Studi Pendidikan Guru PAUD STKIP Siliwangi Bandung , 6 (1), 1-5.

Syahrul, S. (2016). Penerapan metode fun learning untuk meningkatkan hasil belajar bahasa indonesia siswa kelas VII SMP Negeri 1 Tompobulu Kabupaten Gowa. Jurnal Konfiks , 3 (1), 63-70.

Syaodih, E. (2003). Perkembangan anak taman kanak-kanak. Perkembangan Anak Taman Kanak-Kanak PERKEMBANGAN , 1-25.

Tanu, IK (2018). Penggunaan metode mengajar di paud dalam rangka menumbuhkan minat belajar anak. Pratama Widya: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini , 3 (2).

Trenggonowati, DL, & Kulsum, K. (2018). Analisis Faktor Optimalisasi Usia Emas Anak Usia Dini Studi Kasus Di Kota Cilegon. Jurnal Jasa Industri , 4 (1).

Yudhiyantoro, B. I., Achadi, M. W., Harahap, L., & Apriliani, P. (2022). Hubungan Motivasi Belajar dan Minat Belajar Terhadap Prestasi Belajar Mahasiswa Universitas Islam Negeri Raden Mas Said Surakarta. Jurnal Pendidikan dan Konseling (JPDK), 4(6), 5034-5039.

Yusrina, S. H., Dewi, F., & Maranatha, J. R. (2022, February). Analisis Empat Aplikasi Game Edukasi untuk Mengenalkan Keaksaraan Awal pada Anak Usia 4-6 tahun. In Prosiding Seminar Nasional PGPAUD UPI Kampus Purwakarta (Vol. 1, No. 1, pp. 306-311).

Downloads

Published

2023-07-14

How to Cite

Khofiah, I., Rosmilawati, I. ., & Rawita, I. S. . (2023). Penerapan Metode Pembelajaran Variatif dalam Menumbuhkan Minat Baca dan Belajar Anak Sejak Usia Dini di biMBA AIUEO Kunciran Kota Tangerang. JECIE (Journal of Early Childhood and Inclusive Education), 6(2), 61–74. https://doi.org/10.31537/jecie.v6i2.1000

Issue

Section

Articles