PENGARUH PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN EXAMPLE NONEXAMPLE TERHADAP KETERAMPILAN MENULIS LAPORAN PENGAMATAN PADA SISWA TUNARUNGU KELAS VIIIB DI SLB B YRTRW SURAKARTA TAHUN AJARAN 2017/2018

Authors

  • Herlina Ika Putri Setiawan Universitas Sebelas Maret Surakarta

Keywords:

Example Non-Example, keterampilan menulis, laporan pengamatan, anak tunarungu

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penggunaan model  pembelajaran Example Non- Example terhadap keterampilan menulis laporan pengamatan pada siswa tunarungu kelas VIIIB di SLB B YRTRW Surakarta tahun ajaran 2017/2018. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain penelitian yaitu pre-experimental design dalam bentuk One Group Pretest-Posttest Design. Subjek penelitian adalah siswa kelas VIIIB SLB B  YRTRW yang berjumlah 8 siswa. Metode analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah statistik non parametrik yaitu Wilcoxon Sign Rank Test dengan menggunakan SPSS 22. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran Example Non- Example berpengaruh terhadap keterampilan menulis laporan pengamatan pada siswa tunarungu terlihat dari hasil pretest dan posttest. Dengan analisis Wilcoxon Sign Rank Test menunjukkan Z hitung = 2,375 dengan Asymp. Sig. (2tailed) = 0,018 lebih kecil daripada ? (Taraf signifikansi (0,05)). Simpulan dari penelitian ini adalah penggunaan model pembelajaran Example Non- Example berpengaruh terhadap keterampilan menulis laporan pengamatan pada siswa tunarungu kelas VIIIB di SLB B YRTRW Surakarta Tahun Ajaran 2017/2018.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2018-09-28

How to Cite

Setiawan, H. I. P. (2018). PENGARUH PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN EXAMPLE NONEXAMPLE TERHADAP KETERAMPILAN MENULIS LAPORAN PENGAMATAN PADA SISWA TUNARUNGU KELAS VIIIB DI SLB B YRTRW SURAKARTA TAHUN AJARAN 2017/2018. SPEED Journal : Journal of Special Education, 2(1), 1–9. Retrieved from https://jurnal.unipar.ac.id/index.php/speed/article/view/99

Issue

Section

Articles