Penggunaan Video Tutorial YouTube Dalam Pembelajaran Keterampilan Vokasional Tata Rias Peserta Didik Disabilitas Intelektual di SLB
DOI:
https://doi.org/10.31537/speed.v9i1.933Keywords:
Video Tutorial Youtube, Tata Rias, Disabilitas IntelektualAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan proses dan dampak penggunaan video tutorial YouTube sebagai media pembelajaran terhadap keterampilan vokasional tata rias peserta didik disabilitas intelektual. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah kualitatif deskriptif, dengan subjek penelitian terdiri dari enam peserta didik disabilitas intelektual di SLB C TPA Jember. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi partisipatif, wawancara mendalam dengan guru dan orang tua, serta dokumentasi hasil praktik peserta didik. Data dianalisis secara tematik melalui tahapan reduksi, kategorisasi, dan interpretasi berdasarkan perspektif naturalistik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan video tutorial YouTube meningkatkan partisipasi aktif, motivasi belajar, dan keterampilan vokasional peserta didik. Peserta didik mampu memahami urutan merias wajah, mengenali alat-alat tata rias, dan menunjukkan peningkatan kemampuan motorik halus secara bertahap. Selain itu, media video juga mendorong tumbuhnya rasa percaya diri dan kemandirian dalam menyelesaikan tugas. Guru menyatakan bahwa video tutorial YouTube mempermudah proses penyampaian materi dan memungkinkan adanya pendampingan individual yang lebih optimal. Temuan ini menunjukkan bahwa video tutorial YouTube merupakan media pembelajaran yang efektif, inklusif, dan adaptif untuk mendukung keterampilan vokasional peserta didik disabilitas intelektual. Penelitian ini merekomendasikan pengembangan konten video edukatif yang kontekstual, sederhana, dan mudah diakses sebagai bagian dari strategi pembelajaran vokasional berbasis teknologi.
Downloads
References
Amka, & Safitri, R. (2020). Penggunaan Media Audiovisual dalam Pembelajaran Anak Disabilitas Intelektual. Indonesian Journal of Community Engagement and Special Education, 2(1), 45–53.https://jurnal.ugm.ac.id/ijeces/article/view/62967
Hartati, S., & Ningsih, R. (2020). Pengaruh Media Video terhadap Motivasi Belajar Anak Berkebutuhan Khusus. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 8(2), 112–119. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJPGSD/article/view/26808
Handayani, T., & Rusmawan, I. (2021). Implementasi Media Video Pembelajaran YouTube dalam Pengembangan Keterampilan Vokasional untuk Siswa SLB. Jurnal Pendidikan Khusus Indonesia, 5(1), 75–84. https://www.neliti.com/publications/464571
Moleong, L. J. (2017). Metodologi Penelitian Kualitatif (Edisi Revisi). Bandung: Remaja Rosdakarya.
Prasetyo, A., & Susanti, Y. (2023). Pemanfaatan Media Video YouTube dalam Pelatihan Keterampilan Bagi Anak Berkebutuhan Khusus. Jurnal Ilmiah Pendidikan Khusus, 8(1), 33–41. https://ejurnal.mercubuana-yogya.ac.id/index.php/jurnalilmiah/article/view/2623
Putri, M. A., Rahayu, D. S., & Lestari, E. (2021). Video Interaktif Sebagai Media Pembelajaran Praktik Bagi Siswa Berkebutuhan Khusus di SLB. Jurnal Pendidikan Khusus dan Layanan Khusus, 7(1), 58–67. https://www.neliti.com/publications/423872
Rahmawati, D., & Setiawan, H. (2020). Inovasi Pembelajaran untuk Peserta Didik Disabilitas: Perspektif Guru SLB. Jurnal Bahtera: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra, 19(2), 145–153. https://ejournal.stkipbbm.ac.id/index.php/bahtera/article/view/88
Sari, A. R., Wahyuni, S., & Kurniawan, A. (2022). Penggunaan YouTube Sebagai Media Pembelajaran untuk Siswa Berkebutuhan Khusus. Jurnal Teknologi Pendidikan dan Pembelajaran, 10(2), 133–142.
Yuniarti, N., Sitorus, L., & Hidayat, T. (2021). Pelatihan Berbasis Video Digital untuk Anak Berkebutuhan Khusus dalam Meningkatkan Kemandirian. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat UNIMED, 27(1), 102–110. https://jurnal.unimed.ac.id/2012/index.php/jpkm/article/view/29622
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 SPEED Journal : Journal of Special Education

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.