Dampak Penguasaan Materi Tema 1 Terhadap Karakter Siswa Kelas Vi Tunagrahita Melalui Pembelajaran Blended Learning Pada Masa Pandemi Covid-19 di SLB Bhakti Pertiwi
DOI:
https://doi.org/10.31537/speed.v6i1.863Keywords:
materi tema 1, Pendidikan karakter, Blended LearningAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk melihat bagaimana pembelajaran tema 1 terhadap Pendidikan karakter Siswa Tunagrahita Ringan Melalui penerapan Blended Learning pada masa pandemi covid-19 di SLB Bhakti Pertiwi. Berdasarkan hasil penelitian sebelumnya bahwa proses pembelajaran Blended Learning guru dapat mengontrol karakter siswa sehingga tidak begitu berpengaruh pembelajaran ini terhadap nilai-nilai karakter dan semua nilai karakter telah diterapkan. Sehingga dapat disimpulkan bahwa tidak terdapat pengaruh yang signifikan antara pembelajaran Blended Learning terhadap nilai-nilai karakter siswa. Penelitian ini menggunakan metode penelitian eksperimental. Penelitian ini dilaksanakan dalam suasana kelas daring, Luring Tatap Muka Terbatas di SLB Bhakti Pertiwi tanpa mengubah komposisi kelas yang sudah ada, sehingga penelitian ini merupakan eksperimen semu atau kuasi eksperimen (quasi experiment). Subyek penelitian adalah siswa tunagrahita ringan kelas VI di SLB Bhakti Pertiwi yang berjumlah 12 siswa. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa dampak pembelajaran materi tema 1 terhadap Pendidikan karakter siswa tunagrahita ringan kelas VI di di SLB Bhakti Pertiwi Kalibaru Banyuwangi melalui pembelajaran Blended Learning dapat meningkatkan Pendidikan karakter Siswa Tunagrahita Ringan kelas VI di di SLB Bhakti Pertiwi Kalibaru.Namun hasil korelasi menunjukkan bahwa terdapat dampak negatif dan berdampak tidak signifikan Penguasaan Materi Tema 1 Terhadap Karakter Siswa Kelas VI Tunagrahita Melalui Pembelajaran Blended Learning Pada Masa Pandemi Covid-19 Di SLB Bhakti Pertiwi Kalibaru Kabupaten Banyuwangi
Downloads
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 SPEED Journal : Journal of Special Education

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.