Penerapan Model Pembelajaran Picture And Picture Dalam Meningkatan Keterampilan Menulis Teks Eksposisi Pada Siswa Berkesulitan Belajar Bahasa Ekspresif di SMKN 4 Jember
DOI:
https://doi.org/10.31537/speed.v6i1.862Keywords:
Pembelajaran picture and picture, ketrampilan menulis, siswa kesulitan belajarAbstract
Keterampilan bahasa reseptif berkaitan dengan kemampuan seseorang untuk memahami kata, kalimat, dan ujaran nak-anak dengan gangguan bahasa reseptif dapat mengalami kesulitan memahami apa yang dikatakan orang lain, melalui model pembelajaran picture and picture. Akan meningkatkan kemampuan, keterampilan, dan keahlian seseorang untuk mengkomunikasikan gagasannya sehingga dapat diterima oleh pembaca yang heterogen baik secara intelektual maupun social. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas yang dilakukan dalam dua siklus dengan setiap siklusnya terdiri dari tiga pertemuan. Pendekatan yang digunakan yaitu pendekatan kualitatif yang ditunjang dengan pendekatan kuantitatif. Subjek terdiri dari 34siswa SMKN 4 jember. Hasil dalam penelitian diperoleh bahwa siswa lebih aktif dan koperatif dalam pembelajaran menulis dalam mata pelajaran bahasa Indonesia. Berdasarkan hasil setiap siklus menunjukkan peningkatan rata-rata tes. Pada siklus 1 diperoleh rata-rata tes sebesar 61,76 % dan sebesar 88.24% di siklus 2. Kesimpulan yang didapatkan bahwa pembelajaran picture and picture dapat meningkatkan ketrampilan menulis teks eksposisi pada siswa berkesulitan belajar bahasa ekspresif menulis teks eksposisi pada siswa SMKN 4 Jember
Downloads
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 SPEED Journal : Journal of Special Education

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.