Penerapan Model Pembelajaran Picture And Picture Dalam Meningkatan Keterampilan Menulis Teks Eksposisi Pada Siswa Berkesulitan Belajar Bahasa Ekspresif di SMKN 4 Jember

Authors

  • Lilis Sulistyaningrum SMK Negeri 4 Jember

DOI:

https://doi.org/10.31537/speed.v6i1.862

Keywords:

Pembelajaran picture and picture, ketrampilan menulis, siswa kesulitan belajar

Abstract

Keterampilan bahasa reseptif berkaitan dengan kemampuan seseorang untuk memahami kata, kalimat, dan ujaran nak-anak dengan gangguan bahasa reseptif dapat mengalami kesulitan memahami apa yang dikatakan orang lain, melalui model pembelajaran picture and picture. Akan meningkatkan kemampuan, keterampilan, dan keahlian seseorang untuk mengkomunikasikan gagasannya sehingga dapat diterima oleh pembaca yang heterogen baik secara intelektual maupun social. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas yang dilakukan dalam dua siklus dengan setiap siklusnya terdiri dari tiga pertemuan. Pendekatan yang digunakan  yaitu pendekatan kualitatif yang ditunjang dengan pendekatan kuantitatif. Subjek terdiri dari 34siswa SMKN 4 jember. Hasil dalam penelitian diperoleh bahwa siswa lebih aktif dan koperatif dalam pembelajaran menulis dalam mata pelajaran bahasa Indonesia. Berdasarkan hasil setiap siklus menunjukkan peningkatan rata-rata tes. Pada siklus 1 diperoleh rata-rata tes sebesar 61,76 % dan sebesar 88.24% di siklus 2. Kesimpulan yang didapatkan bahwa pembelajaran picture and picture dapat meningkatkan ketrampilan  menulis teks eksposisi pada siswa berkesulitan belajar bahasa ekspresif menulis teks eksposisi pada siswa SMKN 4 Jember

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2022-07-27

How to Cite

Sulistyaningrum, L. . (2022). Penerapan Model Pembelajaran Picture And Picture Dalam Meningkatan Keterampilan Menulis Teks Eksposisi Pada Siswa Berkesulitan Belajar Bahasa Ekspresif di SMKN 4 Jember. SPEED Journal : Journal of Special Education, 6(1), 31–40. https://doi.org/10.31537/speed.v6i1.862