Pengaruh Kombinasi Media Papan Flanel Dan Kartu Huruf Terhadap Kemampuan Mengenal Vokal Pada Siswa Tunagrahita Sedang Kelas IV Di SDLB Bhakti Luhur Jember
DOI:
https://doi.org/10.31537/speed.v6i1.860Keywords:
Papan Flanel, Kartu Huruf,, Huruf Vokal, Tunagrahita SedangAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kombinasi media papan flanel dan kartu huruf terhadap terhadap kemampuan mengenal huruf vokal pada siswa R tunagrahita sedang kelas IV SDLB Bhakti Luhur Jember. Bentuk penelitian ini menggunakan metode Single Subjek Reasearch (SSR) yaitu dengan desain A-B. Subjek penelitian adalah anak tungarhita sedang yang berinisial R. Proses kegiatan penelitian menggunakan dua pendekatan yaitu pendekatan baseline dan intervensi yang terdiri dari 5 sesi baseline (A) dan 5 sesi intervensi (B). Hasil persentase dari fase baseline (A) yaitu 31%, 34%, 41%, 58%, dan 59%, hasil yang diperoleh dilanjutkan analisis dalam kondisi dan antara kondisi. Dapat diketahui bahwa mean level pada fase intervensi (B) lebih tinggi yaitu yaitu 52,6. Namun mean level pada fase baseline (A) yaitu 32,6. Selisih level dari kedua fase yaitu baseline dan mencapai 31-52 = (+21) yaitu meningkat dan persentase overlap 20%. Maka dapat diketahui bahwa ada pengaruh dari kombinasi media papan flanel dan kartu huruf terhadap kemampuan mengenal huruf vokal oleh sswa R SDLB Bhakti Luhur Jambe
Downloads
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 SPEED Journal : Journal of Special Education

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.