Peningkatan Kemampuan Membaca Permulaan Suku Kata Siswa Tunagrahita Sedang Menggunakan Aplikasi Android “Mari Membaca” Di SDLB ABDC PGRI 2 Jajag

Authors

  • Firda Hanandy PLB FKIP Universitas PGRI Argopuro Jember
  • partiwi ngayunigtyas adi PLB FKIP Universitas PGRI Argopuro Jember

DOI:

https://doi.org/10.31537/speed.v6i1.858

Keywords:

media aplikasi android, membaca permulaan, siswa tunagrahita

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan tentang peningkatan kemampuan membaca permulaan suku kata siswa tunagrahita sedang menggunakan a likasi android “Mari Membaca” di SDLB ABCD PGRI 2 JAJAG. Dalam penelitian ini menggunakan Single Subject Research (SSR) desain A-B. Subyek dari penelitian ini yaitu siswa tunagrahita sedang dengan inisial MR. Pengumpulan data dari penelitian ini yaitu praktek. Penelitian dilakukan sebanyak 8 sesi. Hasil persentase dari fase baseline (A) yaitu 57%, 53%, 64% dan 64%. Dan mengalami peningkatan pada fase intervensi (B) yaitu: 67%, 64%, 82% dan 89%. Maka dapat diketahui bahwa ada peningkatan dari media aplikasi android “Mari Membaca” terhadap kemampuan membaca suku kata permulaan pada siswa tunagrahita sedang kelas IV di SDLB ABCD PGRI 2 JAJAG.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2023-02-23

How to Cite

Hanandy, F., & adi, partiwi ngayunigtyas. (2023). Peningkatan Kemampuan Membaca Permulaan Suku Kata Siswa Tunagrahita Sedang Menggunakan Aplikasi Android “Mari Membaca” Di SDLB ABDC PGRI 2 Jajag. SPEED Journal : Journal of Special Education, 6(1), 11–15. https://doi.org/10.31537/speed.v6i1.858