Kesiapan Sekolah Luar Biasa dalam Memfasilitasi Post-School Transition Bagi Anak Berkebutuhan Khusus
DOI:
https://doi.org/10.31537/speed.v5i2.638Keywords:
transisi masa sekolah, peserta didik berkebutuhan khusus, kemitraanAbstract
Pelaksanaan Program Transisi Pasca Sekolah bagi peserta Didik Berkebutuhan Khusus pada sekolah Khusus di Indonesia masih dalam tahap pengembangan. Kurikulum vokasional yang idealnya diberikan bagi peserta didik kebanyakan belum memuat perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi yang melibatkan kemitraan dalam mempersiapkan lulusan menghadapi kehidupan pasca sekolah. Tujuan dari Penelitian ini adalah untuk mengetahui kesiapan SLB dalam rangka mempersiapkan siswa berkebutuhan khusus memasuki dunia kerja pasca sekolah. Penelitian ini merupakan penelitian survey tentang perspektif guru SLB N Boyolali terhadap program transisi pasca sekolah dan jalinan kemitraan SLB dengan Lembaga berbasis pelatihan dan kursus keterampilan. Penelitian ini menggunakan instrument pengukuran dengan skala Likert untuk mengungkap perspektif guru terkait perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi program post-school transition yang ditargetkan oleh sekolah, dalam mempersiapkan peserta didik berkebutuhan khusus pada kehidupan pasca sekolah menghadapi dunia kerja. Sebanyak 30 guru SLB N Boyolali sebagai responden. Berdasarkan hasil penelitian, sebagian besar guru memiliki persepsi bahwa baik dari perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi Program masa transisi Paska sekolah yang ditargetkan oleh Sekolah belum siap dilaksanakan. Belum ada jalinan kerjasama kemitraan dengan Lembaga berbasis pelatihan dan kursus keterampilan dan lebih jauh belum terdapat kemitraan yang menampung tenaga kerja dan jasa lulusan Sekolah Luar Biasa, penempatan siswa, pembiayaan program, pengajaran dan pengukuran indikator keberhasilan program
Downloads
References
Aldosiry Norah, Alharbi Abeer A, Alrusiyes Reem (2021) Praktices to prepare students with disabilities for the transition educational settings. Chlidren and Youth Service Review. https://doi.org/10.1016/j.childyouth.2020.105657
Bambara, L.M, Wilson, B.A, McKenzie, M. (2007). Transition and Quality of life. Handbook of Developmentaldisabilities. (pp.371-389). New York: Guldford
Frnacis, Grace L., Gross, Judith M.S., Magiera Joan Schmalzried, Monroe-Gulick Amalia dan Reed Sascha, 2018). International Review of Research in Developmental Disabilities. Vol 54 ISSN 2211-6095. https://doi.org/10.1016/bs.irrdd.2018.07.004
Papay, C.K & Bambara, L.M. (2014). Best practices in transition to adult life for youth with intellectual disabilities. Career Development and Transition for Exceptional Individuals, 37 (pp. 136-148)
Park Jiyoon, Bouck Emily (2018). In-School Service Predictors of employment for individuals with Intellectual disability. Research and Developmental Diasbilities 77 (pp. 68-75).
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung : Alfabeta, CV.
Test, D. W., Fowler, C. H., Richter, S. M., Mazzotti, V., White, J., Walker, A. R., Kohler, P., &Kortering, L. ( 2009). Evidence-based practices in secondary transition.CareerDevelopment for Exceptional Individuals, 32, 155-128. doi: 10.1177/088572880933685
Wehman, P. (2006). Life beyond the classroom: Transition strategies for young people with disabilities (4th ed.). Paul H Brookes Publishing
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 SPEED Journal : Journal of Special Education

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.