Peningkatan Minat Belajar Mahasiswa Berkebutuhan Khusus Melalui Pembelajaran Daring di Universitas PGRI Argopuro Jember
DOI:
https://doi.org/10.31537/speed.v5i2.637Keywords:
Minat Belajar, Pembelajaran daringAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui minat belajar mahasiswa berkebutuhan khusus dalam proses pembelajaran di kampus UNIPAR Jember saat masa pandemi yang mana proses pembelajaran dilakukan secara daring. Dalam penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif dengan menggunakan teknik pengumpulan data berupa wawancana. Penulis menggunakan teknik wawancara dengan 8 mahasiswa berkebutuhan khusus baik mahasiswa tuna netra dan mahasiswa tuna rungu wicara. Berdasarkan dari hasil wawancara terhadap ke 8 mahasiswa tersebut, ditemukan bahwa selama proses pembelajaran daring berlangsung, mahasiswa berkebutuhan khusus di kampus UNIPAR Jember, menunjukkan minat belajar yang lebih meningkat dari pada pembelajaran tatap muka. Hal ini disebabkan oleh banyaknya mahasiswa berkebutuhan khusus yang lebih banyak terbantu oleh orang-orang disekitar, baik teman dan keluarga. Mahasiswa berkebutuhan khusus, bisa mengulang-ngulang kembali matakuliah yang telah disampaikan karena selama proses pembelajaran daring bisa dilakukan perekaman, sehingga akan lebih mudah dipelajari kembali. Dampak negatifnya yaitu mahasiswa berkebutuhan khusus lebih memiliki ketergantungan akan bantuan teman atau keluarga saat membimbing proses pembelajaran, sehingga bisa mengurangi kemandirian dalam proses pembelajaran sehari-hari
Downloads
References
Jamil, S.H., & Aprillisandra, I. D. (2020). Pengaruh Pembelajaran Daring Terhadap Minat Belajar Mahasiswa Pada Pandemic Covid-19. Behavioral Accounting Jurnal, 3(1), 37-46.
Slameto. (2010). Belajar dan Faktor- Faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta
Suhana, Cucu. (2014). Konsep Strategi Pembelajaran (Edisi Revisi). Bandung: Refika Aditama.
Sugiyono. (2010). Metode penelitian pendidikan. Pendekatan Kuantitatif. Bandung: ALFABETA.
Yunitasari, R., & Hanifah, U. (2020). Pengaruh Pembelajaran Daring terhadap Minat Belajar Siswa Pada Masa COVID-19. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 2 nomor 3, 232-243.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 SPEED Journal : Journal of Special Education
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.