Meningkatkan Keterampilan Merawat Diri Pada Anak Tunagrahita Kelas III Melalui Kegiatan Makan Dengan Sendok di SLB C TPA Jember
DOI:
https://doi.org/10.31537/speed.v5i2.633Keywords:
Merawat Diri, Anak Tunagrahita, Makan SendiriAbstract
Anak tunagrahita adalah anak yang memiliki kecerdasan di bawah rata- rata anak-anak pada umumnya. Dampak dari kurangnya kecerdasan ini adalah anak tunagrahita tidak dapat berfikir secara abstraksi, sehingga kemampuan anak tunagrahita dalam kemampuan akademik dibawah anak-anak seusianya. Dalam penelitian ini, anak tunagrahita dilatih untuk mengoptimalkan kemampuan activity of daily living dalam makan sendiri. Metode penelitian yang digunakan untuk mengoptimalkan kemampuan tersebut adalah Penelitian Tindakan Kelas. Desain penelitian yang digunakan adalah desain penelitian S. Emmbut Kemmis dan Targart, teknik yang dilakukan dalam pengumpulan data adalah : (1) Metode tes, (2) Observasi, dan (3) Dokumentasi. Untuk analisis data penelitian menggunakan tehnik analisis kualitatif deskriptif. Dari hasil analisis penelitian diperoleh hasil bahwa terjadi peningkatan hasil kemampuan makan sendiri anak tunagrahita kelas III di SLB C TPA Jember
Downloads
References
Arsyad, A. (2011). Media Pembelajaran. Jakarta: Rajawali Pers.
David Werner, dkk. (2002). Anak – anak Desa Yang Menyandang Cacat. Malang : Yayasan Bhakti Luhur.
Hadi, S. (1993). Metodologi Research (jilid II). Yogyakarta : Fakultas psikologi UGM
Hobri. (2006). Penelitian Tindakan Kelas. Dinas Pendidikan Kabupaten Jember Kamus Besar Bahasa Indonesia. (edisi ketiga). 2001. Jakarta : Balai Pustaka
Maleong, C. Lexy. (2002). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Ali, Muhammad. (2000). Guru Dalam Proses Belajar Mengajar. Bandung: Sinar Baru.
Soemantri, S. (1996). Psikologi Anak Luar Biasa. Jakarta : Depdikbud
Wahyudi, Ari. (2005). Pengantar Metode Penelitian. Surabaya: Unesa University Press.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 SPEED Journal : Journal of Special Education

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.